Cegah Overtourism, Prancis Terapkan Sistem Reservasi untuk Wisatawan

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 25 Juli 2022 - 11:30 WIB

Marseille, Kota Tertua di Prancis (ist)
Marseille, Kota Tertua di Prancis (ist)

INDUSTRY.co.id - Semenjak pandemi melanda, pariwisata dunia sangat terpengaruh. Tetapi sekarang setelah segalanya terlihat sedikit lebih baik, dunia akan kembali ke hari-hari seperti sebelum pandemi, saat ketika pariwisata yang berlebihan adalah masalah yang paling mendesak dan memprihatinkan bagi banyak negara.

Melansir dari laman Times of India, di Eropa, khususnya, telah berurusan dengan pariwisata selama bertahun-tahun terakhir. Saat ini, banyak kota-kota indah di Prancis sedang mengalami kepadatan. Kota-kota Prancis ini telah mengambil sikap yang kuat dan menerapkan sistem reservasi di beberapa lokasi wisata populer di seluruh pedesaan untuk menghentikan kondisinya memburuk.

Ketentuan baru diambil untuk menghindari keramaian dan menyelamatkan atraksi populer dari kerusakan. Sejumlah daerah telah melaporkan kerusakan pada tumbuhan dan kehidupan hewan lokal akibat kepadatan penduduk.

Marseille, kota tertua di Prancis yang didirikan sekitar 600 SM oleh orang-orang Yunani, telah menerapkan kuota turis dan sistem reservasi untuk mengunjungi Calanque de Sugiton yang terkenal. Sebab, destinasi tersebut memiliki daya tarik yang sangat terkenal di kota ini. Hanya 500 orang yang akan diberikan izin untuk mengunjungi tempat tersebut dalam sehari. Biasanya, lebih dari 3000 wisatawan tiba setiap hari di sini.

Kantor pariwisata di kota itu dalam keterangan tertulisnya mengatakan, sejak kesuksesan gemilangnya selama musim panas 2020, Calanques telah menjadi korban kepadatan pada bulan Juli dan Agustus. 

"Ini merusak flora dan fauna yang tetap dilindungi di taman. Untuk melawan fenomena ini, PNN meluncurkan tindakan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk ruang alam: sistem reservasi harian," tulisnya.

Tidak hanya itu, Kantor Pariwisata Metropolitan juga akan memiliki sistem Outside the Walls, di mana 50 pekerja musiman terlatih akan dikerahkan di tempat-tempat wisata tersibuk di Marseille, seperti Calanques untuk mengelola arus orang.

Demikian pula, Region Sud (yang mencakup Provence-Alpes-Côte d'Azur), telah mengambil bantuan teknologi modern untuk mengendalikan overtourism. Mereka telah bermitra dengan aplikasi untuk mengelola lalu lintas selama puncak musim turis.

Selanjutnya, sebuah pulau indah lainnya di Prancis, Corsica juga telah membatasi jumlah wisatawan dan mengadopsi metode kuota harian untuk melindungi lingkungan di wilayah tersebut. Untuk mengunjungi Kepulauan Lavezzi, Lembah Restonica, dan Bavella Needles di Corsica, pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Halus Lembut Band

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:20 WIB

Halus Lembut Band Meriahkan FMR 2022, Sebelum Rilis Single ke 2

Halus Lembut, Band asal Jakarta yang merilis single pertama bertajuk "Kapal Miring" pada tahun 2018 lalu. Kini Halus Lembut kembali setelah lama vakum dengan mempersiapkan single kedua mereka…

Sejumlah Tips Jaga Kulit Wajah Terlihat Sehat dan Awet Muda

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:08 WIB

Sejumlah Tips Jaga Kulit Wajah Terlihat Sehat dan Awet Muda

Memberikan apresiasi terhadap diri sendiri menjadi hal yang penting untuk kita lakukan. Hal ini dikarenakan ketika kita memberikan apresiasi pada diri, kita akan menjadi lebih bersemangat serta…

Ketum IMI Tinjau Mobil Modifikasi Blackstone Live Modz 2022 Milik Atta Halilintar

Jumat, 12 Agustus 2022 - 12:00 WIB

Ketum IMI Tinjau Mobil Modifikasi Blackstone Live Modz 2022 Milik Atta Halilintar

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo meninjau kesiapan Atta Halilintar bersama #TeamAshiap mengikuti Blackstone Live Modz 2022 'Perang Bintang' OLX…

Penanganan Paus Sperma Sepanjang 16,5m Banyuwangi 3

Jumat, 12 Agustus 2022 - 11:36 WIB

Cerita Penanganan Paus Sperma Sepanjang 16,5 Meter yang Terdampar di Banyuwangi, KKP Beberkan Kronologisnya!

Jakarta– Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) Denpasar, salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Pengelolaan…

Kolaborasi WIR Group dan Batik Semar Hadirkan Warisan Budaya Indonesia di Metaverse

Jumat, 12 Agustus 2022 - 10:40 WIB

Kolaborasi WIR Group dan Batik Semar Hadirkan Warisan Budaya Indonesia di Metaverse

PT WIR ASIA Tbk (WIR Group), perusahaan teknologi berbasis Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR) dan Artificial Intelligence (AI) terkemuka di Asia Tenggara yang telah mendapatkan…