Menko Airlangga dan Menperin Agus Apresiasi Pertumbuhan Pesat KEK Kendal

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 23 Juli 2022 - 18:08 WIB

Menko Airlangga dan Menperin Agus Tinjau KEK Kendal
Menko Airlangga dan Menperin Agus Tinjau KEK Kendal

INDUSTRY.co.id - Kendal – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang secara khusus mengunjungi Kawasan Industri Kendal (KIK) yang terletak di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (23/7/2022.

Adapun tujuan kunjungan tersebut adalah guna meninjau progres pertumbuhan Kawasan pasca pandemi dan pasca penambahan status menjadi Kawasan Ekonomi Khusus Kendal (KEK Kendal).


Menko Airlangga tiba di Kawasan Industri Kendal 

KIK sendiri secara resmi menjadi Kawasan Ekonomi Khusus pada tahun 2019 lalu. Dengan status baru tersebut, KEK Kendal diberikan fasilitas khusus oleh pemerintah yang dapat memberikan banyak keuntungan bagi para investor. Diantaranya dalam hal fiskal seperti pengurangan PPH Badan, PPN, PDRI, dan bebas Bea Masuk, serta manfaat non fiscal lainnya.

Setelah menjadi KEK, jumlah pelaku usaha di KIK meningkat cukup pesat “Kami berdiri sejak tahun 2016, dan resmi menjadi KEK di 2019. Pasca menjadi Kawasan Ekonomi Khusus ini, jumlah Pelaku Usaha yang bergabung di Kawasan kami meningkat sebanyak 55% dibandingkan sebelum menerima status KEK. Saat ini jumlahnya mencapai 76 perusahaan dari Sembilan negara baik Asia dan Eropa” ungkap Didik Purbadi selaku Eksekutif Direktur Kawasan Industri Kendal, Sabtu (23/7/2022).

Adapun Didik juga menyebutkan bahwa dari 76 perusahaan tersebut, sebagian besar berorientasi ekspor. Tentunya hal tersebut memberikan dampak pada pertumbuhan angka ekspor.

Pada tahun 2021 tercatat nilai ekspor dari pelaku usaha di KEK Kendal totalnya mencapai USD 23,9 juta dan diperkirakan pada tahun ini jumlahnya akan meningkat 111,2% atau sebesar USD 50,5 juta. Didik juga mengungkapkan hal ini tidak lepas dari campur tangan dan support pemerintah di seluruh jajaran.

Di sisi lain, pertumbuhan pesat juga terlihat pada jumlah penyerapan tenaga kerja. Sebagai KEK, KIK ditargetkan untuk dapat memperluas lapangan pekerjaan di Kendal, Jawa Tengah.

Realisasinya bahkan mencapai 514% pasca berubah menjadi KEK Kendal. Pada kuarter pertama tahun ini, sudah ada 17.650 tenaga kerja yang terserap oleh pelaku usaha di KEK Kendal.

Kunjungan Menko Airlangga dan Menperin Agus di Kawasan Industri Kendal 

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto turut mengapresiasi pencapaian KEK Kendal yang mana pada tahun ini total investasi yang terserap mencapai 28,3 triliun rupiah.

“Saya rasa ini merupakan capaian yang sangat baik, yang mana dengan nilai investasi sebesar ini, keberadaan KEK Kendal tentunya telah turut penyumbang pertumbuhan ekonomi, tidak hanya daerah namun juga nasional.” Kata Menko Airlangga.

Adapun Agus Gumiwang selaku MenteriPerindustrian dalam kunjungannya menyampaikan harapan bahwa keberadaan KEK Kendal dapat memberikan semacam multiple effect bagi pertumbuhan Jawa Tengah dan sekitarnya.

“Kami berharap pertumbuhan KEK Kendal ini dapat memberikan banyak dampak positif, tidak hanya pertumbuhan nilai investasi dan tenaga kerja, namun juga dalam hal pertumbuhan industri, pertumbuhan fasilitas penunjang seperti pembangunan residensial, dan pertumbuhan infrastrukur di Jawa Tengah dan sekitarnya.” kata Menperin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…