Multipolar Technology Pasarkan Solusi Pemaksimal Kinerja Aplikasi IBM Turbonomic

Oleh : Kormen Barus | Selasa, 28 Juni 2022 - 19:51 WIB

Multipolar Technology Pasarkan Solusi Pemaksimal Kinerja Aplikasi IBM Turbonomic
Multipolar Technology Pasarkan Solusi Pemaksimal Kinerja Aplikasi IBM Turbonomic

INDUSTRY.co.id, Jakarta– Di era digital seperti sekarang ini, perusahaan dituntut untuk beroperasi serba cepat dan serba praktis dengan memanfaatkan berbagai aplikasi bisnis yang mampu mendorong kinerja dan layanan bagi pelanggannya. Namun, di sisi lain, pemanfaatan aplikasi ini juga harus ditunjang pengelolaan yang baik agar dapat memberi manfaat dan kinerja yang optimal dalam mendukung operasional bisnis.

Tim teknologi informasi (TI) perusahaan harus mampu memastikan aplikasi-aplikasi yang dijalankan mendapatkan resources yang dibutuhkan, mengidentifikasi kapan dan berapa banyak resources yang harus digunakan, serta melakukan perencanaan yang akurat dalam melakukan perubahan kapasitas.

(Dari kiri ke kanan) Jip Ivan Sutanto, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk, sedang berbincang dengan Hansen Panjaitan, Senior Software Engineer PT Multipolar Technology Tbk, di sela-sela seminar bertema “Automating IT Operations to Assure Application Performance and Optimization” di The Langham Hotel, Jakarta, Selasa (28/6).

Lebih dari itu, tim TI perusahaan juga harus mampu melakukan simulasi perubahan kapasitas yang aman sebelum menerapkan perubahan. Dan, yang tidak kalah penting, sanggup menanggapi dengan cepat isu kinerja yang timbul dengan mengidentifikasi sumber masalah dan menanganinya dengan tepat.

Tugas-tugas seperti itu tentu sulit dilakukan tanpa dukungan solusi yang tepat. PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan otomasi TI perusahaan di berbagai sektor, merekomendasikan solusi IBM Turbonomic untuk membantu pengelolaan resources yang dibutuhkan agar aplikasi dapat mempertahankan kinerjanya secara optimal.

Jip Ivan Sutanto, Director Enterprise Application Services Business Multipolar Technology, mengatakan, sebagai solusi Application Resources Management (ARM), Turbonomic mampu secara otomatis mengelola dan menjamin resources yang dibutuhkan berbagai aplikasi perusahaan untuk dapat terus bekerja optimal.

“Turbonomic dapat memastikan kesesuaian resources yang dibutuhkan aplikasi secara otomatis, baik aplikasi yang berjalan di on-premise maupun public cloud,” jelasnya dalam seminar bertema “Automating IT Operations to Assure Application Performance and Optimization” di The Langham Hotel, Jakarta, Selasa (28/6).

Solusi ini juga mampu memonitor kinerja pada setiap lapisan aplikasi perusahaan serta mampu menunjukkan bottleneck pada resources dan memberikan rekomendasi sederhana sehingga memudahkan tim TI perusahaan dalam menganalisis sebelum melakukan penanganan.

Selain itu, Turbonomic juga sanggup mengelola resources, mulai dari virtual CPU, virtual memory, pods, containers, hingga database, yang bisa dikolaborasikan dengan platform Application Performance Management lain seperti IBM Instana, Dynatrace, dan AppDynamics.

“Kemampuan itu memudahkan tim TI untuk memonitor dan mengelola kesesuaian resources terhadap persyaratan  aplikasi secara aman tanpa mengorbankan kinerja aplikasi. Dengan begitu, operasional bisnis dan layanan dapat berjalan dengan baik sehingga pengalaman pelanggan menjadi meningkat,” jelas Jip.

Berdasarkan laporan hasil penelitian Forrester yang dirilis pada Januari lalu, Turbonomic memiliki dampak keuangan perusahaan tiga tahun berikutnya berupa pengurangan belanja infrastruktur sebesar 75%, pengurangan pengeluaran public cloud sebesar 33%, dan persentase karyawan yang mendapat manfaat dari peningkatan kinerja aplikasi sebanyak 80%.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:42 WIB

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan OCBC 2024

PT Bank OCBC NISP Tbk (OCBC) menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2024 di OCBC Tower, Jakarta. Dalam rapat tersebut, Bank memperoleh persetujuan atas seluruh mata acara…

Petugas Bank Mandiri mengecek keuangan yang akan ditukarkan ke masyarakat

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:39 WIB

Antisipasi Kebutuhan Nasabah pada Ramadhan & Idul Fitri, Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Secara Net sebesar Rp 31,3 Triliun

Bank Mandiri menyiapkan net kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,3 triliun untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai di masyarakat selama 30 hari ke depan, yaitu pada 18 Maret –…

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Selasa, 19 Maret 2024 - 09:27 WIB

Gelar Safari Ramadan, Jamkrindo Lakukan Kegiatan Sosial di Tarakan

Dalam rangka Ramadan, sekaligus sebagai rangkaian peringatan HUT ke-54 pada tanggal 1 Juli 2024 mendatang, PT Jamkrindo melakukan kegiatan Safari Ramadan di beberapa daerah. Dalam kegiatan Safari…

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Danamon dan Central Park Mall Berkolaborasi Perkuat Ekosistem Finansial

Sebagai bagian dari komitmen untuk mengembangkan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menjadi grup keuangan terkemuka, dengan profitabilitas yang berkelanjutan, Danamon terus melakukan berbagai…

Dialog Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) yang mengangkat tema 'Biaya Kuliah Tinggi, Pinjaman Pendidikan Jadi Solusi?', Senin (18/3).

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:15 WIB

Wow! Kabar Baik bagi Mahasiswa yang tidak mendapatkan KIP, Pemerintah Bakal Siapkan Pinjaman Lunak Tanpa Bunga

Jakarta, FMB9 - Pemerintah tengah mengkaji pinjaman sangat lunak untuk mahasiswa sebagai solusi pendanaan pendidikan di perguruan tinggi. Masih belum terjangkaunya biaya pendidikan tinggi bagi…