Ahli: Ini 5 Makanan yang Bantu Atasi Insomnia

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 28 Juni 2022 - 12:15 WIB

Ilustrasi Insomnia
Ilustrasi Insomnia

INDUSTRY.co.id - Kurang tidur tidak hanya membuat seseorang merasa lelah, malas, tidak produktif, tertekan, mudah tersinggung, bahkan berisiko pada kesehatan fisik dalam jangka panjang.

Inilah sebabnya mengapa para ahli kesehatan menekankan perlunya tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam sehari.

Banyak orang berjuang untuk tidur nyenyak, karena berbagai alasan seperti stres, kecemasan, dan kesepian, sehingga membuat insomnia di mana ini merupakan salah satu bahaya terbesar dari gaya hidup perkotaan. 

"Insomnia juga dapat menyebabkan kontrol tekanan darah yang buruk. Insomnia yang berkepanjangan dapat menyebabkan depresi, dan kecemasan dan bahkan dapat memicu semacam gangguan hiperaktif defisit perhatian," kata Dr Ravi Shekhar Jha, Direktur dan Kepala Unit Pulmonologi di Rumah Sakit Fortis Escorts, Faridabad.

Dilansir dari laman Indian Express, Ahli menambahkan bahwa untuk membantu diri sendiri tidur lebih baik, seseorang harus menjaga pola jam tidur dengan pergi tidur pada waktu tertentu, menghindari waktu bermain gadget atau menonton televisi dua jam sebelum tidur, meminimalkan di siang hari, dan juga mengonsumsi lebih sedikit kafein.

Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa makanan yang juga bisa membantu menginduksi tidur?

Menurut ahli gizi Lovneet Batra dalam Instagrammya mengatakan, apakah kamu kesulitan tidur? Satu dari tiga orang memiliki masalah dengan tidur dan itu lebih buruk bagi wanita.

"Jadi, inilah lima makanan teratas untuk mengalahkan insomnia dan membuat Anda tertidur.  Makanlah, ini merupakan salah satu cara kamu untuk tidur lebih nyenyak dengan makanan super yang kaya nutrisi ini," jelasnya.

Berikut ini lima bahan makanan yang dapat membantu seseorang dapat tidur nyenyak :

- Aswagandha

Ini merupakan ramuan yang digunakan dalam pengobatan tradisional ini diyamini membawa sejumlah manfaat termasuk untuk meredakan stres.

Jika kamu kesulitan tidur, kamu dapat meminumnya 30 menit sebelum tidur agar tidur  lebih nyenyak dan nyaman.

- Teh chamomile

"Teh chamomile memilik kandungan apigenin, antioksidan yang mengikat reseptor di otak yang menyebabkan kantuk," jelasnya.

- Almond

Almond kaya akan dengan serat dan lemak baik yang membantu mencegah penyakit kronis. Almond juga merupakan sumber magnesium yang baik, yang dibutuhkan untuk mengatur melatonin yang meningkatkan tidur serta magnesium yang  juga dapat melemaskan otot-otot kamu.

- Biji labu

Juga dikenal sebagai pepitas, mereka mengandung triptofan serta seng, yang keduanya membantu otak mengubah triptofan menjadi serotonin yang merupakan prekursor melatonin.

- Susu pala 

Minum segelas penuh susu dengan sedikit pala dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Susu mengandung tryptophan, asam amino esensial yang membantu meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam tubuh, yang keduanya dapat membantu menginduksi tidur.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih penghargaan dari organisasi independen internasional atas upaya perseroan dalam penerapan ekonomi hijau untuk memerangi perubahan iklim.

Senin, 15 Agustus 2022 - 19:07 WIB

Keren! BTN Raih Apresiasi dari Carbon Disclosure Project

Jakarta-PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. meraih apresiasi dari Carbon Disclosure Project (CDP) atas partisipasi, inisiatif, dan konsistensi perseroan dalam menerapkan berbagai strategi…

Beras (Foto/Rizki Meirino)

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:54 WIB

Strategi Sukses Swasembada Beras Perlu Diadopsi untuk Komoditas Pangan Lain

Jakarta- Indonesia menerima penghargaan dari Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) karena telah memiliki sistem ketahanan pangan yang baik dan berhasil swasembada beras pada periode…

SUCOFINDO Dukung Kemenperin Optimalkan Penyerapan Garam Lokal Tahun 2022

Senin, 15 Agustus 2022 - 18:32 WIB

Sucofindo Dukung Kemenperin Optimalkan Penyerapan Garam Lokal Tahun 2022

Jakarta- PT Sucofindo mendukung Kementerian Perindustrian dalam optimalisasi penyerapan garam lokal, yaitu melalui verifikasi neraca komoditas garam.

Minyak makan merah

Senin, 15 Agustus 2022 - 17:52 WIB

MenKopUKM Sebut Minyak Makan Merah Bakal Diserap Pasar Tahun 2023

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki memastikan produk minyak makan merah akan diserap oleh pasar setelah proyek uji coba atau piloting project pengembangannya ditargetkan rampung…

 Kawasan Kelayan Barat

Senin, 15 Agustus 2022 - 17:40 WIB

Penataan Ulang Kawasan Kumuh Kelayan Barat di Banjarmasin Habiskan APBN Sebesar Rp44 Miliar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan penataan kawasan kumuh Kelayan Barat di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Kegiatan peningkatan kualitas permukiman…