Ahli: Ini 5 Makanan yang Bantu Atasi Insomnia

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 28 Juni 2022 - 12:15 WIB

Ilustrasi Insomnia
Ilustrasi Insomnia

INDUSTRY.co.id - Kurang tidur tidak hanya membuat seseorang merasa lelah, malas, tidak produktif, tertekan, mudah tersinggung, bahkan berisiko pada kesehatan fisik dalam jangka panjang.

Inilah sebabnya mengapa para ahli kesehatan menekankan perlunya tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam sehari.

Banyak orang berjuang untuk tidur nyenyak, karena berbagai alasan seperti stres, kecemasan, dan kesepian, sehingga membuat insomnia di mana ini merupakan salah satu bahaya terbesar dari gaya hidup perkotaan. 

"Insomnia juga dapat menyebabkan kontrol tekanan darah yang buruk. Insomnia yang berkepanjangan dapat menyebabkan depresi, dan kecemasan dan bahkan dapat memicu semacam gangguan hiperaktif defisit perhatian," kata Dr Ravi Shekhar Jha, Direktur dan Kepala Unit Pulmonologi di Rumah Sakit Fortis Escorts, Faridabad.

Dilansir dari laman Indian Express, Ahli menambahkan bahwa untuk membantu diri sendiri tidur lebih baik, seseorang harus menjaga pola jam tidur dengan pergi tidur pada waktu tertentu, menghindari waktu bermain gadget atau menonton televisi dua jam sebelum tidur, meminimalkan di siang hari, dan juga mengonsumsi lebih sedikit kafein.

Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa makanan yang juga bisa membantu menginduksi tidur?

Menurut ahli gizi Lovneet Batra dalam Instagrammya mengatakan, apakah kamu kesulitan tidur? Satu dari tiga orang memiliki masalah dengan tidur dan itu lebih buruk bagi wanita.

"Jadi, inilah lima makanan teratas untuk mengalahkan insomnia dan membuat Anda tertidur.  Makanlah, ini merupakan salah satu cara kamu untuk tidur lebih nyenyak dengan makanan super yang kaya nutrisi ini," jelasnya.

Berikut ini lima bahan makanan yang dapat membantu seseorang dapat tidur nyenyak :

- Aswagandha

Ini merupakan ramuan yang digunakan dalam pengobatan tradisional ini diyamini membawa sejumlah manfaat termasuk untuk meredakan stres.

Jika kamu kesulitan tidur, kamu dapat meminumnya 30 menit sebelum tidur agar tidur  lebih nyenyak dan nyaman.

- Teh chamomile

"Teh chamomile memilik kandungan apigenin, antioksidan yang mengikat reseptor di otak yang menyebabkan kantuk," jelasnya.

- Almond

Almond kaya akan dengan serat dan lemak baik yang membantu mencegah penyakit kronis. Almond juga merupakan sumber magnesium yang baik, yang dibutuhkan untuk mengatur melatonin yang meningkatkan tidur serta magnesium yang  juga dapat melemaskan otot-otot kamu.

- Biji labu

Juga dikenal sebagai pepitas, mereka mengandung triptofan serta seng, yang keduanya membantu otak mengubah triptofan menjadi serotonin yang merupakan prekursor melatonin.

- Susu pala 

Minum segelas penuh susu dengan sedikit pala dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Susu mengandung tryptophan, asam amino esensial yang membantu meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam tubuh, yang keduanya dapat membantu menginduksi tidur.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SEVP Digital Banking BSI Saut Parulian Saragih berbincang dan belanja bersama dengan anak-anak yatim didampingi perwakilan LAZ.

Sabtu, 27 Juli 2024 - 11:18 WIB

BSI Ajak 140 Anak Yatim Belanja, Ajarkan Literasi Transaksi Syariah

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) berkolaborasi dengan 7 (tujuh) Lembaga Amil Zakat (LAZ) menyelenggarakan acara Lebaran Anak Yatim untuk berbagi kebahagiaan berupa belanja bersama di Department…

Lokasi Bendungan Jlantah dan Jragung

Sabtu, 27 Juli 2024 - 10:32 WIB

Waskita Karya Ungkap Progres Bendungan Jlantah dan Jragung

Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad hanugroho didampingi Direktur Operasi II Waskita Karya Dhetik Ariyanto mengunjungi lokasi pembangunan Bendungan Jlantah dan Jragung di…

YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:44 WIB

Kemenag RI Menyerahkan SK Izin Operasional Sebagai Lembaga Amil Zakat Skala Nasional Kepada YBM BRILiaN

Yayasan Baitul Maal BRILiaN atau YBM BRILiaN telah memperoleh kembali izin operasional sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ) Skala Nasional berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia…

Direktur Utama Kideco, M. Kurnia Ariawan, bersama Direktur Eksekutif IBCWE, Clara Wita Krisanti, setelah menandatangani kerja sama antara Kideco dan IBCWE

Sabtu, 27 Juli 2024 - 09:10 WIB

Dirut Kideco: Perusahaan Tambang Harus Berikan Kesempatan yang Sama Terhadap Perempuan

Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung (Kideco), Mohammad Kurnia Ariawan mengatakan, pekerjaan tambang, tidak lagi menjadi pekerjaan yang harus didominasi oleh laki-laki. Menurutnya, kini perusahaan…

Launching Mandiri Lippo Malls Card

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:18 WIB

Penuhi Kebutuhan Lifestyle, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri Lippo Malls Card dan Solusi Valuta Asing

Bank Mandiri bersama Lippo Malls, anak perusahaan Lippo Group memperkuat kolaborasi dengan meluncurkan kartu kredit co-branding Mandiri Lippo Malls Card. Lewat inovasi ini, diharapkan dapat…