Ahli: Ini 5 Makanan yang Bantu Atasi Insomnia

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 28 Juni 2022 - 12:15 WIB

Ilustrasi Insomnia
Ilustrasi Insomnia

INDUSTRY.co.id - Kurang tidur tidak hanya membuat seseorang merasa lelah, malas, tidak produktif, tertekan, mudah tersinggung, bahkan berisiko pada kesehatan fisik dalam jangka panjang.

Inilah sebabnya mengapa para ahli kesehatan menekankan perlunya tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam sehari.

Banyak orang berjuang untuk tidur nyenyak, karena berbagai alasan seperti stres, kecemasan, dan kesepian, sehingga membuat insomnia di mana ini merupakan salah satu bahaya terbesar dari gaya hidup perkotaan. 

"Insomnia juga dapat menyebabkan kontrol tekanan darah yang buruk. Insomnia yang berkepanjangan dapat menyebabkan depresi, dan kecemasan dan bahkan dapat memicu semacam gangguan hiperaktif defisit perhatian," kata Dr Ravi Shekhar Jha, Direktur dan Kepala Unit Pulmonologi di Rumah Sakit Fortis Escorts, Faridabad.

Dilansir dari laman Indian Express, Ahli menambahkan bahwa untuk membantu diri sendiri tidur lebih baik, seseorang harus menjaga pola jam tidur dengan pergi tidur pada waktu tertentu, menghindari waktu bermain gadget atau menonton televisi dua jam sebelum tidur, meminimalkan di siang hari, dan juga mengonsumsi lebih sedikit kafein.

Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa makanan yang juga bisa membantu menginduksi tidur?

Menurut ahli gizi Lovneet Batra dalam Instagrammya mengatakan, apakah kamu kesulitan tidur? Satu dari tiga orang memiliki masalah dengan tidur dan itu lebih buruk bagi wanita.

"Jadi, inilah lima makanan teratas untuk mengalahkan insomnia dan membuat Anda tertidur.  Makanlah, ini merupakan salah satu cara kamu untuk tidur lebih nyenyak dengan makanan super yang kaya nutrisi ini," jelasnya.

Berikut ini lima bahan makanan yang dapat membantu seseorang dapat tidur nyenyak :

- Aswagandha

Ini merupakan ramuan yang digunakan dalam pengobatan tradisional ini diyamini membawa sejumlah manfaat termasuk untuk meredakan stres.

Jika kamu kesulitan tidur, kamu dapat meminumnya 30 menit sebelum tidur agar tidur  lebih nyenyak dan nyaman.

- Teh chamomile

"Teh chamomile memilik kandungan apigenin, antioksidan yang mengikat reseptor di otak yang menyebabkan kantuk," jelasnya.

- Almond

Almond kaya akan dengan serat dan lemak baik yang membantu mencegah penyakit kronis. Almond juga merupakan sumber magnesium yang baik, yang dibutuhkan untuk mengatur melatonin yang meningkatkan tidur serta magnesium yang  juga dapat melemaskan otot-otot kamu.

- Biji labu

Juga dikenal sebagai pepitas, mereka mengandung triptofan serta seng, yang keduanya membantu otak mengubah triptofan menjadi serotonin yang merupakan prekursor melatonin.

- Susu pala 

Minum segelas penuh susu dengan sedikit pala dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Susu mengandung tryptophan, asam amino esensial yang membantu meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam tubuh, yang keduanya dapat membantu menginduksi tidur.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid (ketiga dari kiri), Wakil Ketua Umum Agung Sudjatmiko (paling kiri), Plt Sekjen Dekopin Moh. Sukri (kedua dari kiri) mendampingi Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi Ahmad Zabadi (keempat dari kiri) dan Deputi IV Kementerian Koordinator Perekonomian RI Rudy Salahuddin (kedua dari kanan) saat membuka secara resmi Rapimnas Dekopin tahun 2022 di Jakarta, Jumat (25/11/2022). Foto: Dokumen PIP Dekopin. 

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:51 WIB

Kementerian Koperasi Minta Nurdin Halid Kawal Agenda-Agenda Strategis Gerakan Koperasi

Jakarta – Pemerintah meminta Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Nurdin Halid untuk mengawal agenda-agenda strategis Gerakan Koperasi Indonesia, khususnya RUU Perkoperasian dan RUU Pengembangan…

Ketua PWI Pusat Atal S Depari dan Ketua HPN 2023, H Mirza Zulhadi

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:20 WIB

Ketua PWI Pusat Hadiri Rapat Jelang HPN di Medan

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 mendatang, Kota Medan, Sumatera Utara telah ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggara oleh Panitia Pusat HPN 2023. Ketua HPN 2023, H Mirza Zulhadi…

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:02 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Tinjau Latihan Puncak Ancab YTP 611/Awl

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman mengungkapkan rasa bangganya saat memberikan pengarahan usai meninjau langsung latihan puncak Antar Kecabangan Batalyon…

Satgas Yonif Mekanis 203 AK Jalin Keceriaan Beersama Anak Anak

Selasa, 06 Desember 2022 - 05:00 WIB

Satgas Yonif Mekanis 203 AK Jalin Keceriaan Beersama Anak Anak

Keceriaan dan senyum anak-anak Pegunungan Tengah terpancar bersama personel Satgas Yonif Mekanis 203/AK dalam kegiatan lomba mewarnai di Desa Lowanom, Distrik Malagayneri, Kabupaten Lanny Jaya,…

Prajurit Korem 174 ATW Terima Penyuluhan Hukum

Selasa, 06 Desember 2022 - 04:30 WIB

Prajurit Korem 174 ATW Terima Penyuluhan Hukum

Personel Korem 174/ATWyang dipimpin oleh Kasrem 174/ATW Kolonel Inf Frits Wilem Rizard Pelamonia menerima penyuluhan hukum dari Tim Penyuluh Hukum Kumdam XVII/Cenderawasih TA. 2022 oleh Kakumdam…