Ahli: Ini 5 Makanan yang Bantu Atasi Insomnia

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 28 Juni 2022 - 12:15 WIB

Ilustrasi Insomnia
Ilustrasi Insomnia

INDUSTRY.co.id - Kurang tidur tidak hanya membuat seseorang merasa lelah, malas, tidak produktif, tertekan, mudah tersinggung, bahkan berisiko pada kesehatan fisik dalam jangka panjang.

Inilah sebabnya mengapa para ahli kesehatan menekankan perlunya tidur setidaknya tujuh hingga delapan jam sehari.

Banyak orang berjuang untuk tidur nyenyak, karena berbagai alasan seperti stres, kecemasan, dan kesepian, sehingga membuat insomnia di mana ini merupakan salah satu bahaya terbesar dari gaya hidup perkotaan. 

"Insomnia juga dapat menyebabkan kontrol tekanan darah yang buruk. Insomnia yang berkepanjangan dapat menyebabkan depresi, dan kecemasan dan bahkan dapat memicu semacam gangguan hiperaktif defisit perhatian," kata Dr Ravi Shekhar Jha, Direktur dan Kepala Unit Pulmonologi di Rumah Sakit Fortis Escorts, Faridabad.

Dilansir dari laman Indian Express, Ahli menambahkan bahwa untuk membantu diri sendiri tidur lebih baik, seseorang harus menjaga pola jam tidur dengan pergi tidur pada waktu tertentu, menghindari waktu bermain gadget atau menonton televisi dua jam sebelum tidur, meminimalkan di siang hari, dan juga mengonsumsi lebih sedikit kafein.

Tapi tahukah kamu bahwa ada beberapa makanan yang juga bisa membantu menginduksi tidur?

Menurut ahli gizi Lovneet Batra dalam Instagrammya mengatakan, apakah kamu kesulitan tidur? Satu dari tiga orang memiliki masalah dengan tidur dan itu lebih buruk bagi wanita.

"Jadi, inilah lima makanan teratas untuk mengalahkan insomnia dan membuat Anda tertidur.  Makanlah, ini merupakan salah satu cara kamu untuk tidur lebih nyenyak dengan makanan super yang kaya nutrisi ini," jelasnya.

Berikut ini lima bahan makanan yang dapat membantu seseorang dapat tidur nyenyak :

- Aswagandha

Ini merupakan ramuan yang digunakan dalam pengobatan tradisional ini diyamini membawa sejumlah manfaat termasuk untuk meredakan stres.

Jika kamu kesulitan tidur, kamu dapat meminumnya 30 menit sebelum tidur agar tidur  lebih nyenyak dan nyaman.

- Teh chamomile

"Teh chamomile memilik kandungan apigenin, antioksidan yang mengikat reseptor di otak yang menyebabkan kantuk," jelasnya.

- Almond

Almond kaya akan dengan serat dan lemak baik yang membantu mencegah penyakit kronis. Almond juga merupakan sumber magnesium yang baik, yang dibutuhkan untuk mengatur melatonin yang meningkatkan tidur serta magnesium yang  juga dapat melemaskan otot-otot kamu.

- Biji labu

Juga dikenal sebagai pepitas, mereka mengandung triptofan serta seng, yang keduanya membantu otak mengubah triptofan menjadi serotonin yang merupakan prekursor melatonin.

- Susu pala 

Minum segelas penuh susu dengan sedikit pala dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Susu mengandung tryptophan, asam amino esensial yang membantu meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam tubuh, yang keduanya dapat membantu menginduksi tidur.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prof Satyanegara diangkat sebagai MWA dan dihadiri SD Darmono pendiri Jababeka di President University

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:47 WIB

Fakultas Kedokteran, President University, Angkat Prof. Satyanegara sebagai Ketua Wali Amanat

President University secara resmi mengangkat Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp.BS (K) sebagai Chairman of the Board of Trustees atau Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran. Prosesi pengangkatan dilakukan…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:25 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan 10 Ruas Inpres Jalan Daerah di Kalimantan Timur Senilai Rp561 Miliar.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan perbaikan 10 ruas jalan dan 1 jembatan di Kalimantan Timur yang dilaksanakan…

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Jumat, 01 Maret 2024 - 19:18 WIB

Presiden Jokowi Lakukan Topping-Off Hunian ASN-Hankam di IKN

Menter Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan Topping Off Hunian ASN dan Hankam di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan…

Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Jumat, 01 Maret 2024 - 18:09 WIB

Cegah miskonsepsi, Novo Nordisk Indonesia Dorong Diskusi Mengenai Obesitas dan Pemahaman Ilmiahnya pada Hari Obesitas Sedunia

Obesitas dan obesitas sentral merupakan salah satu masalah kesehatan yang mengkhawatirkan di Indonesia. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskedas) 2018, prevalensi obesitas di kalangan…

Presiden Jokowi (ist)

Jumat, 01 Maret 2024 - 17:30 WIB

Dahsyat! IKN Magnet Baru Investasi, Jokowi: Yang Antre Banyak...

Ibu Kota Negara (IKN) tengah menjadi incaran para investor. Bak gadis cantik, investor rela antre untuk menanamkan modalnya di IKN. “Yang antre ini banyak, hanya mengatur di mana lahan yang…