Pendiri METI Desak Tunda Munas

Oleh : Wiyanto | Kamis, 16 Juni 2022 - 09:19 WIB

Dialog pendiri METI
Dialog pendiri METI

INDUSTRY.co.id-Jakarta- Para pelaku usaha energi terbarukan (EBT) yang tergabung dalam Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia(METI) sepakat mendesak Musyawarah Nasional (Munas) yang rencana nya akan diselenggarakan 22 Juni mendatang,agar ditunda.

Para pendiri organisasi yang kemarin hadir dalam pertemuan bersama sejumlah pengurus METI di Jakarta, juga mendesak agar penyelenggaraaan Munas mendatang diselenggarakan secara kredibel.

Penyebab penundaan kata mereka adanya indikasi kuat proses yang dilakukan tidak mengikut Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) METI yang sah.

“Di sisi lain, pendiri dan pakar meminta pelaksanaan Musyawarah Nasional METI harus dilaksanakan kredibel, mengingat makin pentingnya urusan energi terbarukan yaitu transisi energi.Kemudian ada semacam conflict of interest yang dilakukan antara Ketua OC (organizing committee) dan Calon Formatur Kandidat Ketua,” demikian disampaikan oleh para pendiri dan para pakar METI yang hadir dalam pertemuan “Dialog Mengembalikan Marwah METI” yang diselenggarakan pada: Hari: Selasa 14 Juni 2022 Jam: 15:00 – 17:00 Bertempat: Hotel Ambara, Cendrawasih Room, Ground Floor. Jalan Iskandarsyah Raya, No.1, Melawai Kebayoran Baru, Jakarta.

Sarannya pendiri dan pakar, kalau mundur jangan lebih dari 1 bulan. Harapan dari para pendiri adalah komunitas atau masyarakat energi terbarukan ini tetap solid, tetap guyub, jangan sampai bermusuhan.

“Saya sebagai yang paling senior dari segi usia dan kepengurusan di METI, saya gembira bahwa kawan-kawan semua ingin METI ini terbaik forever dan saran-saran kalian itu semua, sangat membantu semua kita memikirkan what next. Jadi kami yang senior-senior ini hanya hapal par Mentos, detail teknis, prosedur tentu yang muda-muda tentu lebih tahu. Jadi saya ingin benar, kawan-kawan yang lebih junior untuk berjuang terus. Mudah-mudahan Allah Maha Kuasa bersama kita,” kata Sjoufyan Awal,sebagai salah satu tokoh pendiri METI yang hadir sebagai pembicara dalam dialog tersebut.

Hasil dialog itu juga memutuskan seluruh kepengurusan METI, baik Ketua Umum hingga Dewan Pakar dan Dewan Pembina tidak ada lagi hingga hasil Munas ke-8 menetapkan kepengurusan METI periode 2021-2023.

Dialog ini dihadiri juga oleh tokoh-tokoh METI diantaranya Herman Darnel Ibrahim, Ario Senoaji, E Bawa Sentosa,Arya Rezandi, Elvi Nasution, Fauzi Imron. Mereka hadir secara fisik di dalam pertemuan tersebut. Sedangkan yang hadir secara online by zoom diantaranya Abadi Poernomo,Michael Sumarjanto,Sri Endah Agustina.

Untuk menghindari METI dari perpecahan, Para Pendiri METI mengambil inisiatif demi untuk:

Mengambil Alih Kepengurusan METI untuk sementara; Segera Membentuk Kepanitian Munas VIII METI yang baru;

Ketua OC yang juga ikut mencalonkan diri menjadi FORMATUR akan berpotensi “conflict of interest”, oleh karena itu yang bersangkutan harus memilih salah satu, mundur dari pencalonan atau mundur sebagai OC Munas VIII;

Merombak Panitia SC yang sedang menjalani proses auditing agar dibebaskan sementara dari kepanitiaan MUNAS dan segera dibentuk Panitia yang sesuai dengan AD ART METI;

Mengundurkan jadwal Pelaksanaan Munas VIII METI selambat- lambatnya 1 (satu) bulan untuk mengubah semua Tata Cara Pelaksanaan Munas VIII yang telah dibuat oleh Panitia Munas saat ini, agar sesuai dengan AD/ART METI 2018 dan cukup waktu untuk sosialisasi kepada Anggota.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno

Sabtu, 26 November 2022 - 16:10 WIB

Tak Hanya Cocok jadi Wisata Wellness Tourism, Menteri Sandi: KEK Morotai Miliki Peluang Bisnis Digitalisasi yang Besar

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menilai pulau Morotai, Maluku Utara sangat cocok dikembangkan menjadi destinasi wisata wellness tourism.

Menparekraf Sandiaga Uno bersama Direktur Utama PT Jababeka Morotai, Basuri Tjahaja Purnama saat meninjau KEK Morotai

Sabtu, 26 November 2022 - 16:00 WIB

Resmikan Falila Square, Menparekraf Sandiaga Uno Takjub Keindahan Pariwisata KEK Morotai

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno secara langsung menghadiri Peletakan Batu Pertama atau Groundbreaking Falila Square di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai.

Kawasan Benteng Van den Bosch

Sabtu, 26 November 2022 - 15:48 WIB

Siap Diresmikan, Kementerian PUPR Tuntaskan Rehabilitasi Benteng Pendem Kabupaten Ngawi

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pekerjaan rehabilitasi bangunan di Kawasan Pusaka Benteng Van den Bosch atau biasa disebut Benteng Pendem di Kabupaten…

SVP Corporate Communication and Investor Relation Telkom Ahmad Reza (kanan depan) menerima penghargaan pada malam puncak penganugerahan AMH 2022.

Sabtu, 26 November 2022 - 15:42 WIB

Telkom Terima Dua Penghargaan Bergengsi Pada Ajang Anugerah Media Humas 2022

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil meraih dua penghargaan pada bidang komunikasi di ajang Anugerah Media Humas 2022.

Ilustrasi olahraga

Sabtu, 26 November 2022 - 15:22 WIB

Cegah Nyeri Sendi Sebelum Bertambah Parah dengan Nutrisi Khusus Sendi

Seiring bertambahnya usia, kekuatan tulang dan sendi juga ikut berkurang. Dalam dunia medis, kondisi ini juga dikenal dengan istilah osteoarthritis. Kondisi ini biasanya akan menyebabkan nyeri…