Arab Saudi Cabut Aturan Penggunaan Masker, Kecuali di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 14 Juni 2022 - 18:15 WIB

Masjidil Haram, Masjid di Mekkah, Arab Saudi (Ist)
Masjidil Haram, Masjid di Mekkah, Arab Saudi (Ist)

INDUSTRY.co.id - Pada Senin (13/6/2022), Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan pencabutan sebagaian besar pembatasan Covid-19. Salah satunya aturan penggunaan masker dan menunjukkan status kesehatan pada aplikasi Tawakkalna. 

Melansir dari laman timeoutabudhabi penggunaan masker tidak lagi harus dipakai di area tertutup atau di luar di Arab Saudi, tetapi ada beberapa pengecualian. Tetapi, masker masih harus dikenakan di Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, atau tempat-tempat di mana aturan dikeluarkan oleh Otoritas Kesehatan Masyarakat Weaya, menurut Saudi Press Agency.

Kementerian menyatakan bahwa vaksinasi dan verifikasi kesehatan tidak diperlukan pada aplikasi Tawakkalna untuk memasuki fasilitas, kegiatan, dan acara serta untuk naik pesawat dan kendaraan angkutan umum kecuali yang sifatnya memerlukan vaksinasi atau melanjutkan verifikasi status kesehatan sesuai dengan persyaratan kesehatan umum yang ditetapkan oleh Weqaya. 

Verifikasi status kesehatan Tawakkalna juga dapat dilakukan untuk masuknya fasilitas, kegiatan, kesempatan, acara dan sarana angkutan umum yang ingin menerapkan tingkat perlindungan yang lebih tinggi dengan melanjutkan persyaratan imunisasi.  

Perubahan juga telah dilakukan pada persyaratan booster vaksinasi Covid-19. Masa waktu maksimum baru antara vaksin Covid-19 kedua dan suntikan booster telah diperpanjang hingga delapan bulan bagi mereka yang ingin bepergian ke luar Arab Saudi. Tunjangan itu sebelumnya ditetapkan tiga bulan. 

Aturan Covid-19 di Arab Saudi yang baru tidak berlaku untuk kelompok usia tertentu yang statusnya ditentukan oleh Kementerian Kesehatan pada aplikasi Tawakkalna.

Kementerian Dalam Negeri memutuskan untuk mencabut langkah-langkah pencegahan terkait dengan memerangi pandemi virus Corona karena program vaksinasi Arab Saudi yang tinggi. Kementerian masih mendorong warganya untuk divaksinasi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…