Komisi XI: Tambahan Pagu Anggaran Rp400 Miliar Bappenas Harus Perkuat Fungsi 'Clearing House'

Oleh : Hariyanto | Selasa, 14 Juni 2022 - 10:01 WIB

Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin
Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) mengusulkan tambahan pagu anggaran senilai Rp400 miliar dalam Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian PPN/Bappenas tahun 2023.

Menyikapi hal ini, Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin mengimbau agar anggaran tersebut dipergunakan untuk memperkuat fungsi Bappenas.
 
“Tambahan pagu ini harus dipastikan untuk meningkatkan peran Bappenas sebagai clearing house. Khususnya untuk memastikan perencanaan dan keselarasan kegiatan antar Kementerian/Lembaga (K/L) dan pemerintah daerah. Serta, dalam menjalankan sejumlah agenda prioritas nasional. Dimana, hal tersebut sangat penting untuk pencapaian tujuan pembangunan nasional sesuai Visi Misi Presiden dalam RPJMN 2020-2024,“ ujar Puteri di Jakarta, Senin (13/6/2022).
 
Lebih lanjut, Puteri juga mendorong Bappenas untuk menyosialisasikan hasil kajian yang telah dihasilkan selama ini. “Saya melihat banyak kegiatan di Bappenas yang berupa kajian. Namun, kami belum lihat seperti apa hasilnya maupun manfaat yang dirasakan masyarakat atas kajian-kajian sebelumnya. Sehingga, jelas dasarnya apabila harus dilanjutkan kembali tahun depan,” ungkapnya.
 
Di sisi lain, ia juga mengingatkan Bappenas untuk terus menciptakan belanja yang berkualitas dan bermanfaat. “Tak hanya belanja internal, tetapi Bappenas juga perlu mengawal kualitas belanja K/L. Tujuannya untuk memastikan apakah sejalan dengan prioritas nasional dan memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat. Selain itu, ritme belanja juga perlu diperhatikan agar tidak menumpuk ketika penghujung tahun,” tutupnya.
 
Sebagai informasi, Bappenas mengusulkan pagu indikatif pada RKA tahun 2023 sebesar Rp1,492 triliun. Dengan usulan penambahan pagu senilai Rp400 miliar ini, maka RKA Bappenas tahun 2023 menjadi Rp1,89 triliun.

Usulan tambahan tersebut antara lain untuk kegiatan penyusunan peta jalan transformasi ekonomi sebesar Rp20 miliar, ekonomi hijau dengan pembangunan rendah karbon sebesar Rp30 miliar, perumusan rencana teknokratik rancangan awal RPJMN 2025-2029 sebesar Rp40 miliar, serta beberapa kegiatan lainnya.
 
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyatakan usulan penambahan pagu anggaran dalam RKA tahun 2023 juga dipergunakan untuk menjalankan penugasan khusus dari Presiden RI Joko Widodo.

“Peta jalan transformasi ekonomi indonesia ini diminta Presiden untuk dikerjakan oleh Bappenas. Demikian juga, ekonomi hijau dengan pembangunan rendah karbon itu tugas dari Presiden kepada kami. Jadi kami mesti lakukan itu. Sementara, sisanya untuk penguatan seperti sistem evaluasi dan pengendalian. Itu sudah ada. Kami lakukan penguatan,” tegas Suharso dalam Rapat Kerja Komisi XI DPR RI.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…