PKT Ajak Para Seniman, Sastrawan, dan Budayawan Hadirkan Mahakarya Abadikan Budaya Bontang

Oleh : Herry Barus | Jumat, 10 Juni 2022 - 10:11 WIB

Seniman Butet Kartaredjasa
Seniman Butet Kartaredjasa

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Nilai sejarah dan budaya menjadi sebuah kekayaan yang menjadi keistimewaan setiap daerah di negeri ini. Keistimewaan ini menginspirasi PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) untuk berkontribusi dalam pelestarian seni dan budaya Indonesia. PKT mengajak para seniman, sastrawan, dan budayawan Indonesia untuk melangkah bersama dalam membangun keunikan dan mengabadikan keunikan budaya sosial dan kekayaan alam wilayah Bontang, Kalimantan Timur yang menjadi kedudukan PKT sejak tahun 1977 dalam berbagai karya seni.

Direktur Utama PKT, Rahmad Pribadi mengungkapkan “Sebagai sebuah industri, PKT melihat pentingnya memanusiakan industri, karena pada dasarnya, budaya itu melekat dan dibawa oleh setiap insan dimanapun mereka berada, termasuk di Kota Bontang. Pada kesempatan ini, kami mengajak para seniman, sastrawan, serta budayawan Indonesia untuk mengamati setiap sudut Kota Bontang dan menghasilkan mahakarya yang mampu menggambarkan nilai - nilai budaya unik di kota industri ini."

Para seniman, sastrawan, dan budayawan diajak untuk menjelajahi sekaligus mengenal lebih jauh berbagai tempat wisata dan bersejarah di Bontang. Dari kegiatan jelajah ini, para seniman, sastrawan, dan budayawan dapat menggali berbagai ide kreatif yang dapat menjadi potensi besar dalam melahirkan mahakaryanya.

Direktur Pemasaran Keuangan dan Umum PKT, Qomarruzaman menambahkan, “Program kunjungan ke berbagai tempat wisata ini tidak hanya sekedar memberikan inspirasi kepada seniman, sastrawan, dan budayawan tetapi juga membantu pertumbuhan tingkat pariwisata di wilayah Bontang. Kami mengajak peran serta masyarakat lokal untuk mengelola kekayaan alam ndan budaya yang dimiliki untuk menjadi daya tarik wisata, sehingga berdampak pula pada ekonomi masyarakat.”

Sementara itu, Butet Kartaredjasa, seniman legendaris Indonesia yang turut serta mengunjungi Bontang bersama PKT mengatakan “Kami sangat mengapresiasi inisiatif PKT dalam mendatangkan seniman, sastrawan, dan budayawan ini. Selama ini, wilayah industri terkesan rakus dan erat dengan eksploitasi. Namun, kami melihat dengan industri yang semakin mendekatkan diri dengan kebudayaan seperti ini, maka dimensi kemanusiaan akan semakin terlihat."

Keberagaman tempat wisata di wilayah Bontang menjadi daya tarik utama yang dapat memberikan inspirasi dengan melihat berbagai aspek yang dihadirkan dari tempat wisata tersebut. Satu diantaranya adalah Tour Guntung Sport Eco Tourism yang merupakan sebuah kawasan wisata yang mengusung konsep sustainable community berbasis wisata budaya, guna mengembangkan potensi Kelurahan Guntung, Kecamatan Bontang Utara. Wilayah Guntung sendiri sangat dikenal dengan budaya Kutai yang penuh nilai sejarah.

Kawasan Tour Guntung Sport Eco Tourism juga membantu masyarakat lokal untuk semakin dapat memberdayakan kemampuan mereka dalam mengelola kawasan wisata yang mumpuni dan menyenangkan bagi para pengunjungnya.

“Program ini diharapkan menjadi peninggal jejak kelestarian kebudayaan yang indah dari Kota Bontang. Ke depan, peluang yang diciptakan oleh PKT dapat memberi ruang gerak seluas mungkin bagi para seniman, sastrawan, dan budayawan untuk melahirkan hasil karya yang mengandung makna mendalam tentang nilai kebudayaan Indonesia.” ujar Rahmad.

Hasil karya terbaik dari kunjungan para seniman, sastrawan dan budayawan bersama PKT di Bontang nantinya akan dipamerkan dalam 5 bulan ke depan juga sekaligus menyambut perayaan hari lahirnya PKT yang ke 45 tahun.

Karya seniman, sastrawan dan budayawan ini akan dikuratori oleh Butet Kartaredjasa, Joko Pinurbo dan Agus Noor. Hasil karya ini juga akan dapat dinikmati oleh masyarakat luas karena akan dihadirkan dalam pameran di Jakarta.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).