Bun, Harap Simak Ya! Ini Hal yang Harus Diperhatikan Menuju Perencanaan Kehamilan yang Sehat dan Nyaman

Oleh : Kormen Barus | Sabtu, 21 Mei 2022 - 07:54 WIB

Ilustrasi Kehamilan (ist)
Ilustrasi Kehamilan (ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta- Tentang Anak, ekosistem parenting dan tumbuh kembang anak terlengkap dan terpercaya di Indonesia, menggelar webinar mingguannya kembali sebagai wadah berbagi dan edukasi bagi jutaan orang tua dan anak Indonesia.

Kali ini, webinar Tentang Anak hadir untuk mengedukasi calon orang tua yang sedang merencanakan hadirnya buah hati atau kehamilan. Tentang Anak mengundang dr. Yassin Yanuar MIB, SpOG-KFER, M.Sc sebagai narasumber untuk mengupas tuntas topik ini. Webinar ini digelar pada 19 Mei 2022 dan telah diikuti secara virtual oleh lebih dari 700 partisipan yang tersebar di seluruh Indonesia.

dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A, dokter spesialis anak yang juga founder dari Tentang Anak Official mengatakan, “Kehamilan merupakan anugerah dari Tuhan yang harus kita siapkan dengan matang.

Bahkan kesehatan fisik dan mental ibu harus dipersiapkan sebelum kehamilan untuk menekan angka kematian ibu serta stunting di Indonesia yang relatif masih tinggi. Melalui berbagai rangkaian edukasi webinar, whatsapp support group, in-house expert Tentang Anak (dokter spesialis obsgyn, dokter spesialis anak, bidan, psikolog anak dan keluarga, hingga perencanaan finansial keluarga), dan berbagai fitur terbaik di aplikasi Tentang Anak, kami berharap dapat mendampingi perjalanan Ayah Bunda sejak dari merencanakan kehamilan, hingga perjalanan kehamilan dan mengasuh si kecil sehingga orang tua dapat percaya diri dan tenang dalam melewati berbagai fase parenting karena terus didampingi oleh Tentang Anak di setiap waktu.”

Selama sesi webinar Tentang Anak, narasumber memaparkan beberapa latar belakang dan poin penting yang harus diperhatikan dalam mempersiapkan kehamilan guna menjaga kesehatan dan kenyamanan pada proses kehamilan hingga persalinan nantinya, diantaranya seperti:

Angka Kematian Ibu (AKI) merupakan salah satu indikator keberhasilan upaya kesehatan ibu. Sebagian besar kematian ibu selama proses kehamilan, persalinan dan nifas dapat dicegah.

Penyebab langsung : pendarahan, preeklampsia, dan infeksi Penyebab tidak langsung :

Terlalu muda (usia kurang dari 20 tahun), terlalu tua (usia lebih dari 35 tahun), terlalu sering (jarak antar kelahiran kurang dari 2 tahun), terlalu banyak (jumlah anak kurang dari 3 tahun lebih dari 2).

Terlambat mengenali bahaya, terlambat ke fasilitas kesehatan, terlambat mendapatkan pelayanan kesehatan

Selain itu, adapun faktor kesehatan yang masih banyak terjadi pada perempuan, yang juga dapat menjadi resiko selama kehamilan dan persalinan berlangsung seperti Kurang Energi Kronik (KEK), anemia, HIV, dan lain-lain.

Gaya hidup sehari-hari tanpa disadari juga memiliki peran penting terhadap kesiapan fisik seseorang menuju kehamilan. Gaya hidup yang dapat menjadi penghambat kesuburan baik dari sisi perempuan maupun laki-laki diantaranya seperti merokok (merusak oosit pada perempuan) dan konsumsi alkohol (penurunan kualitas sperma). Sedangkan olahraga terlalu berat (lebih dari 5 jam perminggu) juga terbukti dapat menurunkan kesuburan.

Riwayat dan resiko penyakit pada calon ibu, juga bisa didapatkan dari riwayat penyakit diri dan keluarga, sebaiknya di cek terlebih dahulu sebelum merencanakan kehamilan agar dapat diperbaiki sejak dini. Riwayat atau resiko penyakit yang dimaksud seperti: diabetes, hipertensi kronis, asma, penyakit tiroid, penyakit jantung, epilepsi, penyakit ginjal kronis, penyakit autoimun, dan lainnya.

“Saat merencanakan kehamilan atau hendak membangun keluarga dengan pasangan, penting bagi setiap individu baik itu dari sisi calon ibu ataupun calon ayah, untuk bisa saling terbuka terkait kondisi kesehatan masing-masing. Alangkah lebih baik lagi jika calon ibu dan calon ayah melakukan berbagai tes atau skrining kesehatan agar dapat mendeteksi lebih dini kesehatan jasmaninya, sehingga dapat mencegah berbagai kemungkinan di kemudian hari. Selain itu, tidak kalah pentingnya juga bagi calon orang tua untuk mendapatkan dukungan sosial dari lingkungan, seperti keluarga, lingkungan kerja, kondisi finansial, dan lainnya. Calon orang tua dapat mengakses berbagai informasi terkait kehamilan, persalinan dan pola asuh anak melalui aplikasi Tentang Anak dan mengikuti berbagai rangkaian edukasinya agar dapat lebih percaya diri dalam menjalani peran sebagai orang tua”, ujar dr. Yassin.

Tentang Anak berkomitmen untuk terus membantu lebih banyak orang tua dan calon orang tua di Indonesia dalam memantau perkembangan anak dengan mudah, cepat, praktis, bersama ahlinya melalui aplikasi yang saat ini dapat di unduh dengan gratis di App Store dan Play Store.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

Rabu, 06 Juli 2022 - 22:13 WIB

Persada Medika Utama, Bakti Energi Abadi dan GC Labs Bekerja Sama Kembangkan Granostic Center

PT Persada Medika Utama, atau lebih dikenal sebagai Granostic Diagnostic Centre, adalah laboratorium klinik yang berlokasi di Surabaya dan telah berdiri sejak tahun 2007. Sejak awal pendiriannya,…

Penanaman pohon di Kaki Gunung Salak salah satunya oleh Antam

Rabu, 06 Juli 2022 - 17:21 WIB

TGHNS Lepas Elang Brontok Bareng Brimob dan PT Antam

Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TGHNS), Bogor 4 Juli 2022, tepatnya di area Kolat Korps Brimob POLRI, Kawasan TN Gunung Halimun Salak, telah dilakukan kegiatan pelepasliaran tiga ekor Elang…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Kementerian Perindustrian Tahun 2021

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:55 WIB

Luar Biasa! Kemenperin Sukses Raih Opini WTP 14 Kali Berturut, Ini Respon Menperin Agus

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-14 kalinya pada Laporan Keuangan tahun 2021 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Opini…

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah dan Direktur Lelang (DJKN) Joko Prihanto

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:34 WIB

Pegadaian dan DJKN Tingkatkan Kerjasama Akurasi Data Bea Lelang

PT Pegadaian bersama Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) melakukan Penandatangan Perpanjangan Perjanjian Kerjasama Penatausahaan dan Pelaporan Bea Lelang Pegadaian.

Peresmian Pasar Banyumas

Rabu, 06 Juli 2022 - 16:28 WIB

Bangkitkan Perekonomian Masyarakat Jawa Tengah, Pasar Banyumas Diresmikan

Ketua DPR RI Puan Maharani didampingi Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti meresmikan Pasar Banyumas di Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah yang telah selesai…