PLN Batam Setop Rencana Ekspor Listrik ke Singapura

Oleh : Hariyanto | Kamis, 19 Mei 2022 - 16:43 WIB

Komisaris Bright PLN Batam, Rizal Calvary
Komisaris Bright PLN Batam, Rizal Calvary

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Pelayanan Listrik Nasional Batam (PLN Batam) menghentikan rencana ekspor listrik ke Singapura. Hal tersebut diutarakan Komisaris PT PLN Batam Rizal Calvary Marimbo di Jakarta, kemarin usai Halal Bihalal di PT PLN, Jakarta Selatan.

“Komisaris dan manajemen PT PLN Batam menghentikan semua bentuk penjajakan pengadaan listrik yang akan diekspor ke Singapura,” ujar Rizal pada Kamis (19/05/2022).

Rizal juga mengatakan saat ini PLN Batam akan berkonsentrasi untuk memenuhi kebutuhan domestik di Pulau Batam. Sebab pasca membaiknya situasi pelonggaran COVID-19, terjadi lonjakan permintaan listrik di wilayah itu.

“Ini diluar dugaan kita, rebound industri di Batam sangat cepat. Ini belum termasuk wisata dan komersil di Batam terus membaik. Kerja-kerja perbaikan iklim investasi sangat cepat,” kata Rizal.

Tenaga Ahli Kementerian Investasi/BKPM ini juga mengatakan akibat pemulihan iklim investasi, industri yang berjalan demikian cepat saat ini Batam mengalami defisit listrik.

Sebab itu, Rizal mengatakan, PLN Batam akan fokus menambah kapasitas daya terpasang di wilayah itu.
"Kita minta maaf kepada masyarakat keandalan listrik pelayanan kami terganggu.  Kami sangat minta maaf. Ini diluar dugaan kami. Sebab sebelum COVID-19 cadangan kami cukup banyak. Saat COVID, malah menurun permintaan listrik. Kami jualan susah waktu itu. Setelah COVID dilonggarkan malah pemulihan sangat cepat. Ke depan akan kami tambah 100 MW lagi. Secepatnya kami minta manajemen kerja keras dan cepat,” ungkap Rizal. 

Arah Pemerintah Rizal juga mengatakan penghentian ekspor listrik ke Singapura mengikuti arah kebijakan pemerintah yang akan menghentikan proyek dan rencana apapun ekspor listrik ke luar negeri.

"Kita menjalankan arahan pemerintah yang akan memfokuskan pengadaan listrik untuk kebutuhan domestik. Kita di PLN Batam sejak sebulan lalu sudah menghentikan rencana ekspor listrik ke Singapura. Selanjutnya, kita serahkan soal ekspor ini ke PLN Group, induk kami,” tutup Rizal.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:57 WIB

Presiden Jokowi Dijadwalkan Tinjau Sejumlah Infrastruktur dan Bagikan Bansos di Nias

Mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Utara, Rabu, 6 Juli 2022, Presiden Joko Widodo bertolak menuju Kota Gunungsitoli. Pesawat ATR-Pelita Air yang membawa Presiden dan rombongan…

Menhan Prabowo Cocok Bersanding dengan Gub Jatim Khofifah di 2024

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:44 WIB

Pengamat: Menhan Prabowo Cocok Bersanding dengan Gub Jatim Khofifah di Pilpres 2024

Pengamat Politik dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto - Jawa Tengah Indaru Setyo Nurprojo mengatakan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memiliki kans yang sangat…

Presiden Jokowi dan Presiden Putin

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:12 WIB

Ukraina Ingatkan RI Jangan Percaya Janji Putin ke Jokowi: Itu Sogokan

Jakarta. Ukraina melalui duta besarnya di Jakarta, Vasyl Hamianin, buka suara soal pertemuan Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow, pada Kamis(30/6).

Dokter Purwati Dianugerahi Rekor MURI Dunia

Rabu, 06 Juli 2022 - 07:00 WIB

Peroleh HKI Terbanyak di Bidang Stem Cell, Dokter Purwati Dianugerahi Rekor MURI Dunia

Dosen Fakultas Vokasi Universitas Airlangga DR.dr. Purwati, Sp.PD, K-PTI, FINASIM dianugerahi Rekor MURI sebagai penerima Hak Kekayaan Intelektual (HKI) terbanyak di bidang stem cell atau disebut…

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo

Rabu, 06 Juli 2022 - 06:30 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Transformasi Budaya Kerja di Lingkungan Kementerian BUMN

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi kesungguhan dan komitmen Kementerian BUMN, dalam mendorong transformasi budaya kerja di lingkungan Kementerian BUMN. Komitmen ini tercermin dari penyelenggaraan…