Pekan Depan Korea Selatan Akan Cabut Aturan Penggunaan Masker di Luar Ruangan

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 30 April 2022 - 11:15 WIB

Pariwisata Korea Selatan (Foto Dok Industry.co.id)
Pariwisata Korea Selatan (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Korea Selatan mengatakan bahwa pihaknya akan mencabut penggunaan masker wajah di luar ruangan mulai pekan depan. Kebijakan ini adalah langkah terbaru Korea Selatan untuk melonggarkan pembatasan Covid-19. 

Melansir dari laman channelnewsasia, Perdana Menteri Kim Boo-kyum mengatakan keputusan itu dibuat karena pemerintah tidak bisa lagi berpaling dari ketidaknyamanan yang dialami oleh warganya ketika situasi virus di negara itu stabil.

"Orang-orang masih diharuskan mengenakan masker di acara-acara dengan 50 peserta atau lebih, seperti di rapat umum, konser dan stadion olahraga," kata Kim.

Korea Selatan melaporkan 50.568 kasus virus corona baru pada hari Jumat (29/4/2022), jauh turun dari puncak lebih dari 620.000 per hari pada pertengahan Maret.

Keputusan menanggalkan masker di luar ruangan diketok selang beberapa hari menjelang pelantikan Presiden Yoon Suk-yeol yang baru pada 10 Mei 2022. Keputusan ini ditentang oleh tim presiden.

"Tim transisi setuju dengan mendorong pencabutan pemakaian masker sebagai bagian dari upaya untuk kembali ke kehidupan normal, tetapi kami telah menekankan beberapa kali bahwa menghapus penggunaan masker di luar ruangan pada saat ini akan terlalu dini," kata juru bicara tim Yoon, Hong Kyung-hee.

Ahn Cheol-soo, kepala tim transisi Yoon, mengatakan awal pekan ini bahwa pemerintah baru akan mempertimbangkan untuk bebas masker di luar ruangan sekitar akhir Mei.

Korea Selatan telah membatalkan sebagian besar tindakan pencegahan terkait pandemi, termasuk jam malam di restoran dan bisnis lainnya.

Menurut data Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea. 87 persen dari 52 juta penduduk Korea Selatan sepenuhnya divaksinasi, dengan 65 persen juga vaksin booster.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Infrastruktur listrik PLN

Senin, 27 Juni 2022 - 12:19 WIB

Dugaan PLN Hambat Industri Pasang PLTS Atap, Ketua Umum AESI: Menteri ESDM Harus Lapor Presiden

Ketua Umum Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Fabby Tumiwa, menyarankan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk melaporkan perihal kesulitan industri mendapatkan izin pemasangan…

Kurban Idul Adha (Dok INDUSTRY.co.id)

Senin, 27 Juni 2022 - 11:40 WIB

Menag Terbitkan Panduan Pelaksanaan Kurban 1443 Hijriah

Jakarta-Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor SE.10 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Hari Raya Iduladha dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1443…

Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia bersama Chairman Foxconn Young Liu

Senin, 27 Juni 2022 - 11:30 WIB

Foxconn Siap 'Guyur' Investasi di Sektor Kendaraan Listrik Hingga IKN

Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) menyatakan kesiapannya menanamkan investasi di Indonesia. Hal tersebut diutarakan Chairman Hon Hai Precision Industry Co. Ltd (Foxconn) Young Liu…

SHAREit

Senin, 27 Juni 2022 - 11:23 WIB

SHAREit Catat Pertumbuhan Bisnis Mencapai 220% di Tahun Fiskal 21/22

Perusahaan teknologi global, SHAREit Group, mengumumkan pertumbuhan bisnis yang signifikan di Tahun Fiskal 2021/2022. Pertumbuhan ini ditunjukkan dari pertumbuhan aplikasi-aplikasi SHAREit Group,…

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Senin, 27 Juni 2022 - 11:10 WIB

Ketum IMI Serahkan Trophy Juara MXGP Samota kepada Tim Gajser

Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo bersama Gubernur NTB Zulkiflimansyah menyerahkan trophy juara kepada pemenang MXGP Indonesia 2022 Tim Gajser dari…