Fungsi dan Manfaat Menggunakan Software Aplikasi kepegawaian Online

Oleh : Hariyanto | Kamis, 28 April 2022 - 17:02 WIB

Aplikasi HRIS Talenta
Aplikasi HRIS Talenta

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu software manajemen absensi dan fungsi nya. Software ini dirancang khusus untuk mengelola data aplikasi kepegawaian perusahaan. Dengan software ini, data absensi atau aplikasi kepegawaian yang biasanya diisi secara manual kini dapat diselesaikan dengan lebih sederhana dan praktis menggunakan software ini.

Software tidak hanya dapat merumuskan peraturan check–in dan check–out kapan saja dan di mana saja tanpa menggunakan mesin absensi. Selain itu menggunakan aplikasi kepegawaian juga dapat meringkas data pegawai. Lalu apa pengertian dan fungsi dari aplikasi kepegawaian? Untuk lebih jelasnya silahkan simak uraian di bawah ini.

Memahami Software Attendance Management
Attendance system management adalah sistem yang digunakan untuk mengelola data kehadiran karyawan perusahaan. Manajemen dapat menggunakan sistem untuk membuat keputusan penting dalam sistem perusahaan.

Aplikasi kepegawaian memainkan peran penting dalam data tentang produktivitas karyawan dan profitabilitas organisasi di tempat kerja. Adanya aplikasi kepegawaian ini membantu untuk melacak kehadiran karyawan, dan hasil akhirnya adalah pertumbuhan dan perkembangan perusahaan di  bidangnya.

Pesatnya pertumbuhan dan perkembangan teknologi memungkinkan ada nya sistem manajemen absensi melalui software. Tujuan dari pembuatan software ini adalah untuk mengelola data absensi dan aplikasi kepegawaian perusahaan dengan lebih mudah. Sehingga dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

Fungsi Software Attendance Management Internal Perusahaan

1. Membangun budaya disiplin
Fungsi pertama dari aplikasi kepegawaian adalah untuk membangun budaya disiplin karyawan. disiplin sangat penting dalam sebuah perusahaan. disiplin akan sangat mempengaruhi kinerja dan produktivitas karyawan.
Sistem manajemen kehadiran akan mengelola beberapa data karyawan untuk membentuk budaya disiplin atau tepat waktu. Data tersebut meliputi waktu kedatangan dan kepulangan, data lembur, jadwal shift dan liburan, jumlah hadirin, dan data izin karyawan yang tidak bekerja. Semua data ini akan terhubung, terintegrasi dan disajikan secara online sehingga manajemen dapat dengan mudah menggunakan data ini untuk memantau produktivitas karyawan dan mengambil keputusan.

2. Layanan mandiri
Manajemen kehadiran memiliki fungsi swalayan, memungkinkan karyawan untuk mengelola secara mandiri melalui aplikasi kepegawaian. Karyawan tidak perlu menghubungi Departemen Sumber Daya Manusia ketika mereka mencetak gaji, mengajukan cuti, memeriksa sisa liburan, atau bahkan mengajukan izin ketika mereka tidak dapat pergi bekerja.
Setelah karyawan mengajukan permohonan cuti melalui aplikasi kepegawaian, departemen sumber daya manusia akan menindaklanjuti aplikasi tersebut tanpa harus bertemu langsung dengan karyawan tersebut.

3. Manajemen gaji
Sistem manajemen kehadiran juga berlaku untuk sistem penggajian karyawan. Perusahaan dapat menghitung upah berdasarkan hari kerja / hari kerja karyawan, beban kerja, dan jabatan yang dijabat.

Menggunakan sistem manajemen kehadiran, Anda dapat dengan mudah menghitung gaji bulanan. Perhitungan tersebut juga menghitung pajak yang harus dipotong dan jumlah hari libur karyawan.

Manfaat Software Attendance Management

1. Sederhana dan cepat
Sebuah teknologi pada dasar nya dirancang untuk memudahkan pengguna, termasuk aplikasi kepegawaian. Pengumpulan data pegawai secara manual membutuhkan waktu yang lama dan berpeluang membuat pekerjaan menjadi  tidak efisien. Melalui aplikasi kepegawaian, proses pendataan akan berjalan lebih cepat.

Keuntungan menggunakan software manajemen absensi adalah dapat dengan mudah dan cepat menyelesaikan proses pendataan kehadiran karyawan. software ini memungkinkan pelacakan real – time kehadiran karyawan perusahaan. software ini bekerja dengan cepat melacak sidik jari atau media aplikasi kepegawaian lain nya. Selain itu, desain software nya sangat sederhana, sehingga mudah digunakan atau ramah pengguna dan mendapatkan manfaat maksimal.

2. Sistem terintegrasi
Salah satu data absensi yang diperoleh digunakan untuk menghitung gaji karyawan pada setiap akhir periode penggajian atau masa kerja setiap bulan. Jika penggunaan data absensi untuk menghitung upah dilakukan secara manual, maka akan sangat memakan waktu, dan kemungkinan besar akan terjadi  kesalahan atau human error. Untuk mengatasi masalah tersebut, pihak manajemen dapat menggunakan software manajemen waktu dan kehadiran.

Software manajemen absensi telah merancang sistem kerja terintegrasi online yang dapat dengan mudah menghubungkan data kehadiran karyawan dengan perhitungan jumlah gaji bulanan. Software ini juga dapat menyederhanakan proses melalui sistem online untuk membantu karyawan memproses aplikasi lembur dan proses persetujuan. Nantinya, sistem tersebut akan terintegrasi dengan proses pembayaran gaji karyawan secara langsung.

Selain membantu karyawan dalam memproses aplikasi dan persetujuan lembur, sistem manajemen kehadiran juga dapat menyederhanakan pengajuan, perhitungan, dan persetujuan izin cuti karyawan secara online.

3. Akses kapan saja, di mana saja
Manfaat lain menggunakan sistem manajemen kehadiran untuk manajemen dan karyawan adalah Anda dapat dengan mudah mengakses data dalam software. Pengguna, baik manajer atau karyawan, dapat mengakses data software kapan saja dan dimana saja melalui fungsi yang tersedia.

Karyawan dapat dengan mudah mengunggah data kehadiran langsung dari smartphone mereka melalui sistem pelacakan lokasi GPS. Manajemen juga dapat mengambil data saat dibutuhkan, tanpa harus pergi ke kantor atau menelepon departemen terkait.

Aplikasi Talenta by Mekari, Rekomendasi Aplikasi Kepegawaian Terbaik
Talenta adalah salah satu merk HRIS (human resources information system), yakni software (perangkat lunak) untuk manajemen sumber daya manusia. Aplikasi HRD biasanya bertujuan mengurangi beban kerja administrasi di bidang penggajian, perpajakan karyawan, absensi, dan performance appraisal.

Selain itu, Talenta juga menyediakan fitur mobile friendly yang disebut mobile employee self service yang dapat memudahkan karyawan untuk mengakses Talenta melalui smartphone atau gadget masing-masing. Fitur-fitur yang disediakan Talenta juga dilengkapi dengan detail-detail sehingga memudahkan karyawan dalam melakukan pekerjaan. Misalnya, pada fitur payroll, komponen seperti bonus, tunjangan, pajak, insentif, dan lain-lain ditambahkan. Dengan demikian perhitungan akan menjadi lebih efisien dan efektif.

Kelebihan Talenta by Mekari:
1.       Fitur yang disajikan sangat berlimpah
Keunggulan dari Talenta By Mekari ini salah satunya adalah fitur yang dibawakan sangat banyak dan berlimpah. Mulai dari pinjaman tunai, halaman recruitment, halaman cuti custom, hingga pengumuman karyawan pun disediakan oleh Talenta By Mekari ini, berikut ini detail fiturnya

● Fitur payroll, fitur ini membantu perusahaan menghitung dan bisa membayar payroll karyawan secara otomatis setiap bulannya. Proses payroll lebih efektif dan efisien karena tidak harus dilakukan di kantor.

● Fitur manajemen waktu, maka tim HR perusahaan bisa dengan mudah melakukan otomatisasi proses cuti karyawan dan lemburan yang dilakukan.

● Fitur absensi mobile, maka seluruh karyawan bisa melakukan absensi dengan mudah kapan dan dimana saja. Dan fitur ini juga memudahkan tim HR dalam melakukan pengawasan pada absensi karyawan sewaktu-waktu.

● Fitur database karyawan, dapat membantu HR dalam melakukan pengelolaan data dan informasi terkait karyawan. Mulai dari data personal, informasi tunjangan, hingga fasilitas yang berhak diterima karyawan sesuai kontrak kerjanya.

2.        Kostumisasi yang sangat terperinci
Semua hal yang diatur di dalam Talenta diatur secara sangat terperinci, Di sini bahkan bisa membuat rumus cuti sendiri dan rumus denda sendiri.

3.        Tim Support yang efektif dan responsive
Tidak usah bergelut dengan BOT ketika memberikan keluhan atau komplain, CS dari Talenta akan dengan sigap membantu dalam hitungan menit saja.

Dalam aplikasi Talenta ini juga sering diadakan promo dan diskon yang berakibat pada harga yang bisa lebih murah dari harga normal. Tentu saja hal ini bisa dikatakan angin segar untuk perusahaan yang ingin menggunakan Talenta sebagai sistem payroll mereka namun dengan anggaran yang terbatas.

Apalagi untuk kondisi sekarang ini di mana karyawan lebih sering Work From Home, menggunakan Talenta tentu akan sangat membantu dalam hal pengkondisian karyawan dengan sistem otomatisnya yang akan sangat membantu perusahaan.

Dengan adanya fitur-fitur ini maka tentu saja pengelolaan sumber daya di dalam perusahaan jauh lebih baik dan lebih optimal. Talenta dapat diakses dengan mudah di https://Talenta.co. Tunggu apa lagi? Coba Talenta sekarang juga.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…

Chief Commercial Officer Telin Kharisma (keempat dari kanan) dan Group Chief Executive of Dialog Axiata PLC Supun Weerasinghe (kelima dari kiri) saat penandatanganan kemitraan strategis untuk pengelolaan layanan terminasi suara dan SMS internasional antara Telin dan Dialog Axiata

Kamis, 18 April 2024 - 21:03 WIB

Telin dan Dialog Axiata Tandatangani Kemitraan Strategis untuk Kelola Layanan Terminasi Suara dan SMS Internasional

Telin, anak perusahaan Telkom Indonesia yang melayani pelanggan global, dan Dialog Axiata PLC, penyedia konektivitas nomor satu di Sri Lanka, telah menandatangani Perjanjian Layanan Induk (Master…

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…