Simak! Ini Tiga Bagian Penting Perencanaan Keuangan Bagi UMKM

Oleh : Hariyanto | Jumat, 22 April 2022 - 11:31 WIB

Webinar Allianz Syariah
Webinar Allianz Syariah

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life Indonesia) melalui Unit Usaha Syariah, Allianz Syariah, berbagi kebaikan dengan nasabah dan masyarakat Indonesia dalam membagikan ilmu yang bermanfaat lewat webinar bertajuk “Bongkar Rahasia Jadi Ibu dan Pengusaha Sukses” bekerja sama dengan theAsianparent yang bertujuan untuk mendukung para ibu untuk menjalankan kegiatan wirausaha.

Lolita Setyawati, CFP, Certified Financial Planner Daya Uang dalam paparannya di sesi webinar menjelaskan bahwa dalam perencanaan keuangan terdapat tiga bagian penting yaitu pondasi (cash flow), tiang penyangga (amal/ investasi/ dana darurat) dan atap (proteksi).

“Para mompreneur sebagai pegiat UMKM dapat menggunakan proporsi alokasi sebagai berikut; 50-60 persen untuk biaya rutin, maksimal 30 persen untuk cicilan utang, 10 persen untuk tabungan, dan 10 persen untuk kebutuhan pribadi,” ujar Lolita Setyawati yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (22/4/2022).

Lolita melanjutkan bahwa pelaku UMKM perlu mengevaluasi kembali apabila biaya pengeluaran lebih besar dari pemasukan untuk melihat sumber dari pengeluaran yang berlebihan serta menambah opsi pemasukan.

Selain memiliki kemampuan pengelolaan uang yang baik, keahlian di bidang digital turut menjadi faktor pendukung keberhasilan usaha. Masyarakat Indonesia perlahan telah beralih ke layanan digital akibat pandemi, sebab, selain lebih mudah, jasa maupun produk yang ditawarkan juga dapat diakses secara online di mana pun dan kapan pun.

Lewat media sosial, mompreneur dapat memasarkan produk kepada pasar yang lebih luas serta membuka peluang bagi konsumen untuk turut memasarkan produk dengan cuma-cuma melalui berbagai fitur promosi di media sosial. Fenomena ini menjadi salah satu bentuk kebaikan yang seringkali tidak disadari memiliki peran besar dalam kesuksesan suatu usaha.

Di luar pelatihan pengembangan usaha serta kemampuan mengelola keuangan, proteksi asuransi merupakan salah satu kebutuhan untuk melindungi para mompreneur atau pelaku UMKM dari risiko yang tidak terduga.

“Dengan bergabung dalam Allianz Syariah, otomatis peserta akan masuk ke dalam komunitas kebaikan dengan prinsip tolong menolong di mana jika ada salah satu peserta yang tertimpa musibah seperti sakit misalnya, maka peserta yang lain akan saling membantu untuk menolong peserta tersebut,” ujar Nina Mudrikah Hariyati, Head of Sharia Governance, Compliance & Business Settlement, Allianz Life Indonesia.

“Dijalankan dengan prinsip tolong menolong, asuransi syariah menerapkan nilai-nilai kebaikan sehingga melalui kampanye #1LangkahBaik kami harap dapat mendukung UMKM di Indonesia untuk terus maju dan berkembang.” tutup Nina.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…