Multi Bintang Indonesia Bukukan Pendapatan Sebesar Rp2.474 Miliar di 2021

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 April 2022 - 19:56 WIB

PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI)
PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Multi Bintang Indonesia Tbk., (MLBI), menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk mengumumkan laporan keuangan perusahaan untuk periode finansial yang berakhir pada 31 Desember 2021. Perusahaan berhasil membukukan peningkatan pendapatan sebesar 25% pada tahun 2021 dibandingkan tahun 2020, dari Rp1.985 miliar menjadi Rp2.474 miliar.

“Pandemi terus menguji kemampuan kami, namun saya yakin bahwa kami telah melaju lebih kuat, lebih gesit, dan dengan visi yang lebih jelas terkait bagaimana kami dapat terus memberikan nilai yang berkelanjutan kepada para pemangku kepentingan. Para karyawan kami telah menunjukkan dedikasi dan ketangguhan yang luar biasa, dan saya sangat bangga dengan apa yang telah kami capai bersama di tahun ini,” kata René Sánchez Valle, Presiden Direktur Multi Bintang Indonesia yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (20/4/2022).

Multi Bintang Indonesia juga mencatatkan pertumbuhan laba kotor yang lebih tinggi dari pendapatan, yaitu sebesar 45%, dari Rp940 miliar menjadi Rp1.362 miliar, walaupun pada 2021 terdapat investasi yang signifikan untuk penjualan dan pemasaran, sementara laba usaha meningkat lebih dari dua kali lipat menjadi Rp891 juta.

Pertumbuhan positif ini didorong oleh strategi komersial yang terfokus tajam yang membuahkan hasil sepanjang tahun, ditambah dengan peningkatan efisiensi biaya, seiring dengan pembukaan kembali sebagian kanal on-premise.

“Perolehan laba sedikit di atas proyeksi kami untuk tahun ini. Dengan pertumbuhan dua digit yang kuat di top line dan pertumbuhan tiga digit di bottom line, kami berada di jalur yang tepat untuk kembali menuju ke kinerja prapandemi, didukung oleh strategi komersial yang kuat, pelaksanaan yang disiplin, dan fokus yang teguh pada keunggulan biaya,” René menekankan.

“Namun hasil-hasil ini, meskipun menggembirakan, masih berada di bawah kinerja Perusahaan pada 2019. Hal ini mencerminkan masih adanya rintangan yang terus berlanjut di lingkungan eksternal, khususnya pariwisata internasional yang masih ditutup. Namun, kami terus memprioritaskan kesejahteraan karyawan dan komunitas di sekitar kami, seiring dengan mulai bangkitnya negara ini dari krisis,” tambahnya.

Bertepatan dengan ulang tahun ke-90 Perusahaan, Multi Bintang Indonesia terus mengembangkan portofolio BINTANG dengan mempertimbangkan berbagai preferensi masyarakat yang bermunculan, melibatkan diri dengan konsumen-konsumen baru, dan memberikan pengalaman rasa yang orisinal.

Perusahaan berhasil meluncurkan inovasi terbarunya, BINTANG Crystal, pada Juli 2021. Dengan profil rasa yang lebih halus dan ringan yang sempurna untuk ‘chill time’ – sebuah konsep yang sangat relevan dengan para konsumen – BINTANG Crystal berhasil mendorong kinerja yang kuat dalam enam bulan pertamanya.

Pada RUPST juga telah disepakati bahwa dividen final untuk tahun buku 2021 akan dibayarkan kepada para pemegang saham Perusahaan sebesar Rp408,45 per saham.

Selain pengumuman laporan keuangan perusahaan, Multi Bintang Indonesia juga mengumumkan penunjukan Uday Shankar Sinha sebagai Komisaris Perusahaan, sebagaimana direkomendasikan oleh Dewan Komisaris untuk menggantikan Kenneth Choo Tay Sian, yang mengundurkan diri dari jabatannya. Uday Shankar Sinha saat ini adalah Managing Director untuk HEINEKEN Asia Pacific Pte Ltd di Singapura.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Sabtu, 20 April 2024 - 05:04 WIB

Menhan Prabowo Subianto Terima Kunjungan Mantan PM Inggris Raya Tony Blair Diskusi Isu Global

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menerima kunjungan Perdana Menteri Inggris Raya (1997-2007) dan Executive Chairman Tony Blair Institute, Mr. Tony Blair, di Kementerian Pertahanan, Jakarta,…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Sabtu, 20 April 2024 - 04:57 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Rapat Koordinasi di Kemenkopolhukam Bahas Situasi Papua

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri Rapat Koordinasi membahas perkembangan situasi di Papua dan Rapat Koordinasi membahas penyelesaian masalah lahan antara Pemda Sumatera Selatan…