Sektor Pariwisata Menurun, Ini Langkah Kadispora Jateng Gaet Wisatawan

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 31 Maret 2022 - 13:30 WIB

Candi Prambanan (Foto Ist)
Candi Prambanan (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Kepala Bidang Pemasaran (Kabid) Pariwisata, Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Setyo Irawan mengatakan selama pandemi kunjungan wisatawan mancanegara dan pergerakan wisatawan nusantara mengalami penuruan selama pandemi Covid-19.

"Pandemi di 2020 wisatawan mancanegara ke Jawa Tengah turun 88 persen, sementara di 2021 turun 97 persen. Namun, ada tiga persen wisman yang datang tapi tidak langsung dari luar negeri. Mereka ekspatriat yang kerja di Indonesia yang berkunjung ke Jawa Tengah," katanya saat press tour Forwaparekraf di Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (30/3/2022).

"Bukan hanya wisman saja, tapi juga wisnus perlu ditingkatkan. Di 2020 sampai 2021 kami hanya andalkan wisnus. Pergrakan wisnus di 2020 turun 60,3 persen, sedangkan di 2021 turun 5,7 persen," tambahnya.

Maka dari itu, Setyo pun berharap dengan dibukanya Visa on Arrival (VoA) untuk 42 negara menjadi peluang yang besar bagi Kabupaten Semarang untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Termasuk wisatawan asal Malaysia dan Singapura yang dinilai Setyo berpotensial mengunjungi Jawa Tengah.

"Ke depan makanya ingin minta bantuan ke Kemenparekraf agar bandara internasional dibuka. Karena di Jawa Tengah hanya beberapa bandara belum dibuka. Maka dari itu, harapannya Bandara Ahmad Yani dibuka karena berdampak sekali pada wisatawan ke Jawa Tengah," tambah Setyo.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan ada 690 destinasi tujuan wisata (DTW) yang bisa dikunjungi wisatawan di Jawa Tengah. "Kita punya destinasi unggulan yang bisa dikunjungi wisatawan seperti Candi Borobudur, Prambanan, Karimunjawa, Dieng dan Museum Sangiran," jelas dia.

Selain itu untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, Pemerintah Semarang pun juga berkolaborasi dengan Kementerian BUMN membuat paket wisata di Jawa Tengah.

"Kami kemarin diundang Kementerian BUMN untuk diidentifikasi tempat wisata di Jawa Tengah yang milik BUMN apa saja. Total ada 32 gedung kepemilikan Kementerian BUMN termasuk inventaris, ada hotel juga milik BUMN di Jateng," jelas Setyo.
 
"Jadi paket wisata ini sudah kesatuan mulai dari pesawat, hotel dan juga tempat wisata akan diintegrasikan yang cukup menarik," tambahnya.
 
Oleh karena itu Setyo berkomitmen untuk selali berbenah agar Jawa Tengah semakin diminati oleh wisatawan nusantara dan mancanegara. "Belajar dari 2020 dengan adanya Covid-19 kami ingin berbenah terkait prokes dan pelayanan selama di DTW sudah disiapkan," tukas Setyo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Prajurit Petarung Birgif 2 Marinir Laksanakan Latihan Tempur

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:45 WIB

Prajurit Petarung Birgif 2 Marinir Laksanakan Latihan Tempur

Dalam rangka menindaklanjuti Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono tentang pembangunan Sumber Daya Manusia unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi…

Prajurit Brigif 1 Mar Laksanakan Latihan Reseksi dan Interseksi

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:30 WIB

Prajurit Brigif 1 Mar Laksanakan Latihan Reseksi dan Interseksi

Dalam rangka latihan TW II Brigif 1 Mar Ta 2022, pada Daerah Latihan III hari kedua prajurit petarung Brigif 1 Mar laksanakan latihan reseksi dan interseksi yang berlokasi di Jampang Tengah,…

Prajurit Korps Marinir Latihan Menembak Malam

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:15 WIB

Prajurit Brigif 1 Mar Laksanakan Latihan Menembak Malam

Dalam rangka latihan TW II Brigif 1 Mar Ta 2022, pada Daerah Latihan II hari kedua prajurit petarung Brigif 1 Mar melaksanakan menembak malam hari yang berlokasi di Jampang Tengah, Sukabumi,…

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono

Sabtu, 25 Juni 2022 - 05:00 WIB

KASAL Laksamana TNI Yudo Margono Pastikan Tak Ada Hari Tanpa Pembangunan Fasilitas Prajurit

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono sangat memperhatikan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan bagi Prajurit Siswa Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan…

Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia

Sabtu, 25 Juni 2022 - 04:00 WIB

Bakamla RI Resmikan Maritime Facility Training Center

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia melakukan pengguntingan pita dan meresmikan VBSS Maritime Facility Training Center di Kantor Pangkalan Armada Batam, Jumat (24/6/2022).