Trik Pemkab Semarang Gaet Wisatawan Jelang Mudik Lebaran

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 30 Maret 2022 - 15:15 WIB

Seminar Kesiapan Sektor Parekraf Dalam Negeri Hadapi Pembukaan Border Wisatawan Mancanegara yang digelar Forwaparekraf di Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (30/3/2022) (Foto: INDUSTRY.co.id)
Seminar Kesiapan Sektor Parekraf Dalam Negeri Hadapi Pembukaan Border Wisatawan Mancanegara yang digelar Forwaparekraf di Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (30/3/2022) (Foto: INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Seiring dengan penurunan kasus infeksi Covid-19 di Indonesia, kini pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk mudik Lebaran 2022.

Tentu hal tersebut disambut baik oleh sejumlah pelaku pariwisata mengingat mudik Lebaran menjadi momen untuk pulang kampung sekaligus berlibur.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Heru Subroto mengatakan Kabupaten Semarang telah mempersiapkan beberapa hal untuk menyambut wisatawan ketika mudik Lebaran. 

"Pasca pandemi kita punya trik untuk menyambut wisatawan ketika mereka mudik ke Kabupaten Semarang. Pertama, pandemi mengubah cara orang berwisata. Wisatawan kini lebih suka dengan ruangan terbuka," katanya dalam acara Kesiapan Sektor Parekraf Dalam Negeri Hadapi Pembukaan Border Wisatawan Mancanegara yang digelar Forwaparekraf di Kampoeng Kopi Banaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (30/3/2022).

"Kita punya potensi wisata ruang terbuka (alam). Sehingga ini menjadi salah satu peluang untuk mendatangkan wisatawan setelah dua tahun tidak diperbolehkan mudik. Oleh karena itu Kabupaten Semarang pun juga menerapkan disiplin protokol kesehatan yang ketat," tambahnya. 

Lebih lanjut, Ia menjelaskan trik yang kedua yaitu dengan memfasilitasi wisata berbasis keluarga. "Mudik yang pasti mereka tidak seoranga pasti sekeluarga. Oleh karena itu kami pun juga menyiapkan destinasi wisata khusus keluarga," tuturnya. 

Trik yang ketiga yaitu menerapkan CHSE (cleanliness, health, safety, dan environment).

"Kami menerapkan prinsip pengelolaan CHSE. Kalau bersih, sehat kan bisa jadi daya tarik mereka untuk berkunjung ke destinasi wisata," tukasnya.
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

GP Ansor geruduk Holywings

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:12 WIB

Ansor Minta Walkot Jakut Tutup Holywings di Kelapa Gading dan Penjaringan

GP Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Jakarta Utara meminta pemkot setempat mengevaluasi perizinan tempat hiburan Holywings di Wilayah Kelapa Gading, dan Penjaringan.

 Kantor Pusat Kementerian PUPR

Minggu, 26 Juni 2022 - 16:04 WIB

Terapkan Green Building, Kantor Pusat Kementerian PUPR Jadi Destinasi Wisata Sebumi Jakarta City Tour

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung upaya pengurangan dampak emisi karbon akibat pencemaran lingkungan yang salah satunya diterapkan pada bangunan gedung kantor…

Menteri Basuki Kunjungi IPAL Krukut

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:58 WIB

Kunjungi IPAL Krukut, Menteri Basuki : Kurangi Pencemaran, Berikan Nilai Tambah untuk Kota

Memanfaatkan waktu libur akhir pekan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan ke Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Krukut, di…

Mahasiswa LPDP

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:53 WIB

BPSDM Kementerian PUPR Dorong Generasi Muda PUPR Daftar Beasiswa LPDP

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berkomitmen mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang merupakan visi Presiden Joko Widodo bersama Wakil Presiden…

Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

Minggu, 26 Juni 2022 - 14:44 WIB

Peringati 2 Dekade Gerakan APU PPT, Pegadaian dan PPATK Gelar Transplantasi Terumbu Karang

PT Pegadaian terus berkomitmen untuk mendukung pencegahan dan pemberantasan pencucian uang serta pendanaan terorisme di Indonesia. Sebagaimana Arahan Presiden RI di acara Peringatan Dua Dekade…