Peringati World TB Day, LKC-DD Jakarta Gelar Pameran TBC di Ponpes Nurul Jalal, Jakarta Utara

Oleh : Hariyanto | Rabu, 30 Maret 2022 - 08:49 WIB

LKC-DD Jakarta Gelar Pameran TBC di Ponpes Nurul Jalal
LKC-DD Jakarta Gelar Pameran TBC di Ponpes Nurul Jalal

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jakarta gelar pameran TB Day di Pondok Pesantren Nurul Jalal, Jalan Warakas Gang 2, Warakas, Jakarta Utara pada hari Senin, 28 Maret 2022.
 
Eka Rowiyan selaku Penanggung Jawab Kegitan Pameran TBC LKC-DD Jakarta mengungkapkan kegiatan ini merupakan one day event dalam memperingati hari TBC sedunia.

"Kegiatan Pameran TBC adalah kegiatan one day event yang dilakukan di sekolah dan pondok pesantren yang berada dikawasan binaan setiap LKC. Dilakukan dengan membuka booth pameran mengenai tuberkulosis, mulai dari perjalanan tuberkulosis, edukasi mengenai penyakit dengan konsep dan pemutaran video edukasi, permainan dan games mengenai tuberkulosis,  terakhir dengan pengisian kuisioner mengenai kegiatan yang telah dilakukan atau dijalani oleh setiap peserta," ujar Eka. 

Sebanyak 100 peserta menjadi sasaran kegiatan pameran tbc yang diadakan oleh LKC-DD Jakarta kali ini.

"Dalam melangsungkan kegiatan ini kita mentargetkan sebanyak 100 orang, dengan sasaran kegiatan seluruh civitas akademika dan pendukung kegiatan yang ada di pesantren," tutur Eka.

Selain itu, Eka mengungkapkan kegiatan ini diharapkan menjadi ajang untuk meyebarluaskan informasi tbc dan memperkuat peran satuan pendidikan untuk menuju hidup bersih dan sehat.

"Tujuan dari rangkaian kegiatan pameran TBC ini diantaranya memperkuat komitmen dan kepemilikan semua pihak untuk berperan dalam upaya program pencegahan dan pengendalian TBC, kemudian juga untuk meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang upaya kewaspadaan terhadap tuberkulosis, selanjutnya menjadi implementasi lintas sektor melalui edukasi dan intervensi di pesantren untuk mendukung dan berpartisipasi untuk promosi dan preventif dari pada penularan TBC," pungkas Eka.

Sementara itu, Buya Wahyu Misbach, MA selaku Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Jalal memberikan tanggapan positif terkait kegiatan pameran tbc yang dilangsungkan hari ini.

"Sangat kreatif acaranya namun mendadak sekali persiapannya, tapi bagus sharing ilmunya anak-anak diajak menonton film juga bermain ular tangga TBC dan itu bisa menjadi kegiatan yang bisa menambah wawasan anak-anak untuk mengetahui informasi tentang penyakit TBC ini," kata Buya Wahyu Misbach.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nagaswara Luncurkan Nagadigit

Sabtu, 25 Juni 2022 - 12:32 WIB

Nagaswara Luncurkan Nagadigit, Sebagai Upaya Mendukung Musisi Memperkenalkan Karyanya Lewat YouTube

Nagaswara sebagai mayor label terus melakukan terobosan, agar bisnis industri musiknya bisa terus bertahan dan bisa bersaing dengan label rekaman lain. Menyadari kalau tahun 2022 adalah tahun…

Ilustrasi usaha pendinginan ikan. (Dasril Roszandi/NurPhoto via Getty Images)

Sabtu, 25 Juni 2022 - 12:12 WIB

Wow Ekspor produk perikanan Indonesia ke Negeri Tirai Bambu Capai USD 890, Menteri Trenggono Genjot Ekspor

Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan terus menggenjot nilai ekspor produk perikanan ke Tiongkok untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional.

Wasono, bersama Si Bali, hewan kurban yang menjadi pilihan Presiden Jokowi untuk dikirim ke warga Umbulsariz Srimartani, Piyungan, Sabtu (17/7/2021). - Harian Jogja

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:52 WIB

Harap Simak! Pemerintah Sedang Siapkan Pengaturan Hewan Kurban di Tengah Wabah PMK

Jakarta-Jelang Iduladha 1443 Hijriah, Kementerian Agama akan melakukan pengaturan terkait hewan kurban di tengah mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di tanah air.

Mantan Puteri Indonesia 2022 Melanie Putria (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:30 WIB

Jangan Tergiur Promo! Ini Tips Pilih Klinik Kecantikan ala Melanie Putria

Perawatan kulit saat ini menjadi tren di kalangan wanita maupun pria. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat salah satu solusinya adalah melakukan perawatan ke klinik kecantikan.

Maulana Ardiansyah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:56 WIB

Maulana Ardiansyah Penyanyi Spesialis Trending Topik di YouTube, Siap Menghibur Pewarta Hiburan

Penyanyi banyak trending topik Maulana Ardiansyah, dan salah satunya single terbarunya, Dermaga Biru kini tengah trending menyatakan kesiapannya untuk hadir pada acara Launching MARS Forwan…