Dikunjungi Bos Jababeka, Rektor IPB: Saya Sangat Bahagia...

Oleh : Hariyanto | Selasa, 15 Februari 2022 - 19:22 WIB

Chairman Jababeka Grup SD Darmono dan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arief Satria
Chairman Jababeka Grup SD Darmono dan Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arief Satria

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arief Satria mengapresiasi langkah PT Jababeka Tbk selaku pengembang kota mandiri terdepan di Indonesia untuk datang berkunjung ke kampus IPB Bogor dalam rangka kerjasama pengembangan sektor perikanan di wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai.

"Saya kedatangan tamu-tamu istimewa, saya sangat bahagia. Sebuah kehormatan bagi IPB kedatangan orang-orang hebat yang punya pengalaman bisnis luar biasa yang mampu mendongkrak ekonomi di berbagai wilayah di Indonesia," ucap Arief Satria menyambut kehadiran Chairman Jababeka Grup SD Darmono di Kampus IPB, Rabu (15/2/2022).

Menurut Arief, Jababeka dan IPB sendiri memiliki banyak kesesuaian, utamanya terkait sektor kelautan.

Dimana menurutnya, Jababeka konsen mengembangkan Marine Tourism, seperti di KEK Morotai dan KEK Tanjung Lesung.

"Saya kira kedepan kolaborasi ini akan bisa diperluas termasuk dengan Presiden University," ujarnya.

Dengan penguatan kolaborasi tersebut, Arief optimistis dapat semakin meningkatkan kualitas bibit-bibit unggul indonesia (SDM-red) yang kemudian akan menjadi trendsetter perubahan bagi Indonesia kedepan.

Foto: Chairman dan Founder Jababeka Group Setyono Djuandi Darmono bersama Direktur Utama Jababeka Morotai Basuri Tjahja Purnama saat menemui Rektor IPB Arif Satria

Sementara terkait KEK Morotai, Arief juga meyakini kawasan ini akan menjadi kawasan andalan ekonomi baru bagi Indonesia kedepan, khususnya disektor perikanan.

"Morotai ini kan salah satu kawasan yang sangat strategi. Pada hari ini saya sudah bicarakan dengan Pak Darmono Jababeka arah kedepannya akan seperti apa agar menjadi sebuah kawasan andalan untuk mendongkrak ekonomi Indonesia di kawasan timur," ujar Arief.

Selain itu, pihaknya juga menyambut baik gagasan kolaborasi pembentukan komunitas di KEK Morotai yang terdiri dari perwakilan pengusaha, akademisi dan pemerintah.

Menurutnya hal ini akan menjadi satu titik temu yang kuat.

"Indonesia tidak bisa hanya bertumpu pada salah satu pihak, kita harus berkolaborasi agar kita bisa merumuskan suatu desain policy yang efektif untuk membuat Indonesia lebih maju lagi," jelasnya.

"Dan saya kira komunitas kecil ini akan sangat efektif untuk menjadi salah satu sumber aspirasi dan optimisme untuk menjadikan bangsa kita kedepan menjadi bangsa yang kuat dan tangguh," tandas Arief.

Sementara itu, Chairman Jababeka Grup SD Darmono menyampaikan bahwa pihaknya dalam mengembangkan KEK Morotai dan KEK Tanjung Lesung harus mendapat dukungan dari para akademisi.

Sejatinya secara keilmuwan, para akademisi ini mampu memperbaiki industri perikanan di Indonesia.

"Kita jababeka dalam mengembangkan kawasan Morotai dan Tanjung Lesung harus mendapatkan dukungan dari univeritas-universitas, seperti IPB yang memang ahli dalam bidang perikanan dan kelautan serta juga memiliki SDM yang besar sekali," ujar Darmono.

"Karena itu kita berkunjung," sambungnya.

Menurut Darmono dari pertemuan ini diharapkan bisa mendapat masukan, utamanya untuk mendorong regulasi agar tercipta policy yang sesuai harapan bersama demi peningkatan perekonomian nasional serta kesejahteraan masyarakat.

"Kita fokus membantu negara dalam menciptakan lapangan kerja dalam mengundang investasi dari dalam maupun luar negeri dan memberikan jaminan kemanana dan kepastian hukum di dalam kawasan-kawasan yang kami bangun," ujarnya.

"Untuk itu kolaborasi itu harus dilakukan bersama para ilmuwan (akademisi), pemerintah dan pegusaha," sambung Darmono.

Terakhir, Darmono berharap, KEK Morotai yang sedang dikembangkannya dapat menjadi semacam pilot project bagi industri perikanan nasional.

"Kita ini negara maritim luar biasa dengan luas laut 5 juta kiometer persegi. Kalau kita mau langsung kelola semua itu kan makan waktu, regulasi juga masih harus disesuaikan. Tapi kalau kita bikin pilot project di morotai dulu itu kan lebih mudah," ujar Darmono.

"Saya selalu katakan untuk memperbaiki industri perikanan, marilah kita mulai di daerah yang tempatnya cocok, dan di dukung oleh masyarakat sehingga perusahaan bisa jalan," pungkasnya.

Adapun Dirut Jababeka Morotai Basuri Tjahja Purnama mengutarakan bahwa sektor perikanan di Morotai memang memiliki potensi yang sangat besar.

Meski demikian, perizinan tangkap ikan khususnya untuk kapal besar masih kerap menghadapi sejumlah kendala.

"Lalu kendala kedua adalah persoalan tax ekspor di Morotai. Kita perlu perbaiki regulasi ekspor kita ke eropa dan AS. Kalau Vietnam kan sudah tidak ada tax," ungkap Basuri.

"Nah kita mesti perjuangkan regulasi ekspor untuk ke eropa dan AS," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…