Dahsyat! Potensi Bauksit Indonesia Nomor Enam Dunia, DPR: Peningkatan Produksi Alumunium Perlu Kerja Sama Antar BUMN

Oleh : Kormen Barus | Senin, 07 Februari 2022 - 09:47 WIB

Ilustrasi Proyek Bijih Bauksit (Photo by BUMN)
Ilustrasi Proyek Bijih Bauksit (Photo by BUMN)

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Anggota Komisi VII DPR RI Abdul Kadir Kading mengatakan agar Indonesia bisa merdeka dari impor alumunium, maka diperlukan peningkatan produksi alumuniun dalam negeri.  Pasalnya, menurut Abdul Kadir, potensi bauksit di Indonesia sangat besar yakni nomor enam se dunia sebenarnya mengartikan bahwa Indonesia mampu memproduksi dan memenuhi kebutuhannya sendiri tanpa harus impor.

"Potensi bauksit kita yang menjadi bahan baku untuk memproduksi alumunium itu sangat besar di Indonesia dan kita sebenarnya bisa memproduksi alumunium tanpa harus impor. Jadi sekarang ini kan produksi Inalum 250 ribu ton sementara kebutuhan seluruh Indonesia sekitar 700 ribu ton per tahun, artinya masih ada kebutuhan sekitar 500 ribu ton," ungkapnya usai meninjau langsung alur produksi alumuniun di PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) (Persero) di Batu Bara, Sumatera Utara, Sabtu (6/2/2022), seperti yang dikutip industry.co.id.

Untuk dapat mewujudkan peningkatan produksi tersebut, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menilai diperlukan kerja sama antar BUMN terkait. Misalnya seperti yang terjadi di PT Inalum (Persero), salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang industri peleburan alumunium tersebut, memerlukan dukungan tambahan energi listrik untuk dapat meningkatkan produksinya.

"Untuk itu, kerja sama antar Badan Usaha Milik Negara sangat diperlukan untuk dapat mendukung peningkatan produksi. Memperbesar produksi ini kuncinya adalah di powernya energi di pembakarannya dan sebagainya dari PLN oleh karena itu kita akan dorong PLN, Inalum, BUMN untuk melakukan percepatan," sebutnya.

Ke depan, Abdul Kadir berharap, Indonesia dapat segera merdeka dari impor alumunium, sehingga Indonesia dapat lebih mandiri dengan memanfaatkan sebaik-baiknya sumber daya dalam negeri. "Bayangkan, ini tahun 1980-an sampai sekarang belum ada upgrade dan sebagainya dan kita menikmati impor terus. Nah kita berharap ke depan agar kita merdeka mandiri jadi tidak perlu impor bahkan kalau perlu kita ekspor," harapnya.

Selain itu, sebagai bentuk komitmen Komisi VII DPR RI dalam mendorong peningkatan produksi alumunium dalam negeri, Abdul Kadir mengatakan bahwa Komisi VII ke depan rencananya akan membentuk tim yang bertugas untuk mengawal percepatan tersebut. "Komisi VII rencananya akan membentuk semacam tim pengawas agar mengawal percepatan ini, memperbesar produksi alumunium," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vina Panduwinata dan suplemen serat khusus diabetes mGanik Nutrition.

Selasa, 16 April 2024 - 20:37 WIB

Aksi Nyata Vina Panduwinata Bantu Pejuang Diabetes

Vina Panduwinata perkenalkan suplemen serat khusus diabetes mGanik Metafiber yang mampu blokir gula dari makanan sehingga efektif mengontrol gula darah penderita diabetes.

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.