Pupuk Indonesia Gandeng MIND ID untuk Penyediaan Potash Sebagai Bahan Baku Pupuk

Oleh : Hariyanto | Rabu, 02 Februari 2022 - 09:23 WIB

Penandatanganan kerjasama Pupuk Indonesia dan MIND ID
Penandatanganan kerjasama Pupuk Indonesia dan MIND ID

INDUSTRY.co.id - Jakarta – BUMN Holding Industri Pertambangan, Mining Industry Indonesia (MIND ID), yang beranggotakan di antaranya PT Aneka Tambang Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Freeport Indonesia, PT Inalum (Persero) dan PT Timah Tbk, bekerjasama dengan PT Pupuk Indonesia (Persero) (PIHC) perihal jual beli (offtake) potash sebagai salah satu bahan baku utama produksi pupuk.

Nota kesepahaman (MoU) di tandatangani oleh Direktur Pengembangan MIND ID, Dilo Seno Widagdo dengan Direktur Produksi PIHC, Bob Indiarto disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN I, Bapak Pahala Nugraha Mansury di Jakarta, 31 Januari 2022.

Wakil Menteri BUMN I, Pahala Nugraha Mansury mengatakan bahwa inisiatif ini merupakan salah satu Proyek Strategis SDU 88 yang menjadi fokus Kementerian BUMN.

"Dengan 95% bahan olahan potash digunakan untuk industri pupuk menunjukkan masih besarnya kebutuhan potash dalam negeri. Inisiatif inorganik go global ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. KBUMN juga mendorong aspek keberlanjutan dari kerjasama ini," kata Pahalq yang dikutip INDUSTRY.co.id, Rabu (2/2/2022).

Direktur Pengembangan MIND ID, Dilo Seno Widagdo mengungkapkan bahwa, MIND ID senantiasa membuka peluang untuk melakukan aliansi strategis yang mendorong hilirisasi.

"Perusahaan berkomitmen menjalin kemitraan strategis dengan entitas yang berpengalaman dalam industri terkait, khususnya potash untuk mendukung industri pupuk dan memperkuat ketahanan pangan nasional," ujar Dilo.

Wakil Direktur Utama PIHC, Nugroho Christijanto meyakini, kerjasama ini akan memberikan jaminan pasokan bahan baku bagi pabrik-pabrik NPK di masa mendatang, baik itu pabrik eksisting maupun pabrik-pabrik baru.

"Adanya jaminan pasokan dan harga yang kompetitif ini, akan berdampak besar terhadap pasokan pupuk domestik dalam rangka ketahanan pangan nasional serta menjaga daya beli petani Indonesia," kata Nugroho.

Pupuk Indonesia, lanjut Nugroho, tengah menjalankan program transformasi bisnis dimana salah satu pilarnya, sebagaimana diamanatkan oleh Kementerian BUMN, adalah Feedstock Security and Optimization, atau adanya jaminan dan optimalisasi bahan baku, baik itu bahan baku gas maupun non gas.

Industri pupuk nasional mendukung Indonesia sebagai negara agraris, menghasilkan dan mengekspor berbagai jenis hasil pertanian. Untuk memproduksi pupuk, Indonesia mengimpor potash sekitar dua hingga tiga juta ton tiap tahun.

Sedangkan PIHC sendiri mengimpor hampir 1 juta ton potash tiap tahun. Impor ini diperlukan karena Indonesia tidak memiliki sumber daya potash. Untuk itu MIND ID mencari potensi dan peluang untuk berinvestasi di tambang potash luar negeri.

Melalui inisiatif kerjasama strategis ini, diharapkan Indonesia dapat memiliki kepastian sumber pasokan potash secara jangka panjang yang akan memperkuat industri pupuk sehingga mendukung ketahanan pangan nasional.

Kerjasama strategis ini juga merupakan perwujudan mandat Pemerintah kepada MIND ID yakni Mengelola sumber daya strategis dan Menjadi perusahaan kelas dunia. Peluang investasi tambang potash luar negeri akan meningkatkan portofolio perusahaan secara global.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…