Menurut WHO, Ini 5 Negara Nol Kasus Covid-19

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 25 Januari 2022 - 12:00 WIB

Pulau Fongafale dimana ibu kota Tuvalu (The Guardian/Sean Gallagher)
Pulau Fongafale dimana ibu kota Tuvalu (The Guardian/Sean Gallagher)

INDUSTRY.co.id - Pernahkah kamu bertanya-tanya apakah ada bagian dunia yang tidak terpapar oleh Covid-19? Jawabannya, ya, ada. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada beberapa negara yang memiliki nol kasus virus Corona sejak pandemi dimulai. Dilansir dari laman Indianexpress, Selasa (25/1/2022), berikut ini lima negara di dunia yang memiliki nol kasus Covid-19. 

Tuvalu

Tuvalu adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di Pasifik Selatan, bagian dari Persemakmuran Inggris. Ini memiliki perkiraan populasi 12 ribu. Di negara Oceanian ini, di awal pandemi semua perjalanan dilarang, dan perbatasan ditutup. Pada Bulan April 2021, pemerintah setempat menerapkan strategi vaksinasi dan telah mendistribusikan sejumlah besar dosis di seluruh negeri.

Tuvalu memiliki Atol (pulau koral) kecil yang jarang penduduknya dan pulau-pulau karang dengan pantai-pantai yang dibatasi pohon palem dan situs Perang Dunia II membentuk sembilan pulau di negara itu. Di sana juga terdapat kawasan Konservasi Funafuti, yang terletak di lepas pantai Funafuti, ibukota Tuvalu, menawarkan laut yang tenang untuk menyelam dan snorkeling di tengah kura-kura laut dan ikan tropis serta beberapa pulau tak berpenghuni yang melindungi burung laut. Menurut PBB, Tuvalu bisa lenyap sepenuhnya karena meningkatnya permukaan laut di abad berikutnya.

Turkmenistan

Turkmenistan adalah republik Asia Tengah yang berbatasan dengan Laut Kaspia, didominasi oleh Gurun Karakum dan terkenal dengan situs arkeologinya. Saat pandemi terjadi, Turkmenistan telah menutup perbatasannya, kecuali untuk penerbangan repatriasi. Warga negara yang kembali ke rumah harus benar-benar divaksinasi dan negatif Covid. Semua warga negara di atas usia 18 tahun diharuskan menerima dua vaksinasi di bawah program vaksinasi negara itu.

Meskipun pemerintah mengklaim tidak memiliki kasus Covid-19 hingga saat ini, para ahli medis, termasuk beberapa dari WHO, mengiyakan pernyataan tersebut.

Tokelau

Tokelau adalah kelompok terpencil atol yang terletak di tengah-tengah antara Hawaii dan Selandia Baru, yang merupakan wilayah dependen. Untuk mencapai daerah tersebut harus menggunakan perahu dari Samoa, yang memakan waktu satu hari. Inilah alasan Tokelau tidak terdapat kasus Covid-19 di teluk bahkan sebelum pembatasan perjalanan diberlakukan karena pandemi, negara ini bukan tujuan wisata yang populer. Sekitar 68,6 persen dari negara ini sepenuhnya divaksinasi.

Tokelau adalah pemimpin dunia dalam energi terbarukan, karena merupakan negara pertama di dunia yang didukung sepenuhnya oleh energi matahari.

Santo Helena

Pulau St Helena, bagian dari Wilayah Luar Negeri Inggris, adalah pos vulkanik kecil di tengah Samudra Atlantik Selatan. Ini adalah salah satu lokasi paling terpencil di dunia. Tidak ada batasan lokal pada pergerakan di St Helena setelah imigran baru menyelesaikan karantina dan telah dites negatif untuk Covid-19. Sekitar 97 persen dari populasi St Helena yang memenuhi syarat sepenuhnya divaksinasi.

Setelah pembatasan perjalanan dicabut, satu-satunya cara untuk sampai ke sini adalah terbang melalui Johannesburg. Negara ini juga terkenal karena menjadi situs pengasingan Napoleon Bonaparte yang dihormati. Di negara tersebut terdapat 699 anak tangga Jacob's Ladder dan Diana's Peak, yang merupakan rumah bagi spesies tanaman dan hewan asli, adalah lokasi pendakian yang populer di sini.

Kepulauan Pitcairn

Kepulauan Pitcairn, kadang-kadang dikenal sebagai Kepulauan Pitcairn - Henderson, Ducie, dan Oeno, adalah kumpulan empat pulau vulkanik di Samudra Pasifik selatan yang berfungsi sebagai satu-satunya Wilayah Luar Negeri Inggris di Samudra Pasifik. Negara ini telah mencapai tingkat vaksinasi 100 persen. Semua 47 penduduk pulau-pulau telah menerima vaksinasi mereka. Dan setelah hampir dua tahun lockdown, pulau-pulau ini akan dibuka kembali untuk wisatawan asing pada 31 Maret 2022.

Paul's Pool adalah salah satu atraksi alam paling indah di Pulau Pitcairn, dengan kolam pasang surut yang diukir di laut dengan perairan jernih dan banyak kehidupan laut yang sempurna untuk berenang dan snorkeling ketika cuaca dan kondisi laut memungkinkan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Nagaswara Luncurkan Nagadigit

Sabtu, 25 Juni 2022 - 12:32 WIB

Nagaswara Luncurkan Nagadigit, Sebagai Upaya Mendukung Musisi Memperkenalkan Karyanya Lewat YouTube

Nagaswara sebagai mayor label terus melakukan terobosan, agar bisnis industri musiknya bisa terus bertahan dan bisa bersaing dengan label rekaman lain. Menyadari kalau tahun 2022 adalah tahun…

Ilustrasi usaha pendinginan ikan. (Dasril Roszandi/NurPhoto via Getty Images)

Sabtu, 25 Juni 2022 - 12:12 WIB

Wow Ekspor produk perikanan Indonesia ke Negeri Tirai Bambu Capai USD 890, Menteri Trenggono Genjot Ekspor

Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan terus menggenjot nilai ekspor produk perikanan ke Tiongkok untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional.

Wasono, bersama Si Bali, hewan kurban yang menjadi pilihan Presiden Jokowi untuk dikirim ke warga Umbulsariz Srimartani, Piyungan, Sabtu (17/7/2021). - Harian Jogja

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:52 WIB

Harap Simak! Pemerintah Sedang Siapkan Pengaturan Hewan Kurban di Tengah Wabah PMK

Jakarta-Jelang Iduladha 1443 Hijriah, Kementerian Agama akan melakukan pengaturan terkait hewan kurban di tengah mewabahnya penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di tanah air.

Mantan Puteri Indonesia 2022 Melanie Putria (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

Sabtu, 25 Juni 2022 - 11:30 WIB

Jangan Tergiur Promo! Ini Tips Pilih Klinik Kecantikan ala Melanie Putria

Perawatan kulit saat ini menjadi tren di kalangan wanita maupun pria. Untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan terawat salah satu solusinya adalah melakukan perawatan ke klinik kecantikan.

Maulana Ardiansyah

Sabtu, 25 Juni 2022 - 10:56 WIB

Maulana Ardiansyah Penyanyi Spesialis Trending Topik di YouTube, Siap Menghibur Pewarta Hiburan

Penyanyi banyak trending topik Maulana Ardiansyah, dan salah satunya single terbarunya, Dermaga Biru kini tengah trending menyatakan kesiapannya untuk hadir pada acara Launching MARS Forwan…