Star Energy Geothermal dan Schlumberger Rampungkan Teknik Pemodelan Rekahan Panas Bumi Pertama di Dunia

Oleh : Hariyanto | Jumat, 14 Januari 2022 - 13:44 WIB

Star Energy Geothermal
Star Energy Geothermal

INDUSTRY.co.id - Jakarta  - Star Energy Geothermal (SEG), perusahaan energi panas bumi terbesar di Indonesia, dan Schlumberger, penyedia teknologi untuk industri energi global, menyelesaikan studi bersama dalam mengembangkan solusi terobosan untuk menentukan daerah "sweet-spot" pengeboran panas bumi di penghujung tahun 2021.

Teknologi ini menggabungkan pengetahuan yang dimiliki SEG tentang manajemen sumber daya panas bumi pada Naturally Fractured Reservoir dan teknologi yang dimiliki Schlumberger dalam mengkarakterisasi rekahan dengan mengunakan aplikasi DELFI Cognitive E&P Environment, melalui proyek yang disebut Fracture Characterization and Optimized Well Placement (FCOWP).

Ini adalah studi pertama yang diaplikasikan pada lapangan panas bumi skala besar dan diharapkan memiliki dampak yang signifikan terhadap optimisasi pengeboran sumur dimasa depan. Salah satu hasil dari studi ini adalah peta permeabilitas yang mengidentifikasi daerah produktif bawah permukaan.

“Proyek ini merupakan salah satu upaya berkelanjutan kami dalam menerapkan inovasi dan teknologi untuk mengurangi LCOE (Levelized Cost of Electricity) energi panas bumi," kata Hendra S Tan, Chief Executive Officer Star Energy Geothermal yang dikutip INDUSTRY.co.id, Jumat (14/1/2022).

"Biaya pengeboran merupakan salah satu komponen biaya utama dari biaya energi panas bumi. Penerapan teknologi ini akan memungkinkan kami untuk mengebor di tempat yang tepat dengan akurasi dan hasil yang lebih baik, yang berujung pada pengurangan biaya pengeboran dan biaya energi panas bumi," imbuhnya.

Studi penerapan teknologi ini dimulai pada Lapangan Panas Bumi Darajat, dimana penggunaannya diharapkan dapat meningkatkan kemungkinan keberhasilan pengeboran sumur dengan memodelkan sistem rekahan alami, dan distribusi permeabilitas yang diketahui di bagian area yang sudah dibor serta memprediksi distribusinya di bagian yang belum dibor.

Di banyak lapangan panas bumi, produksi bergantung pada keberhasilan penentuan target pemboran terhadap rekahan yang terjadi secara alami di bawah permukaan.

Studi ini dibagi menjadi dua tahapan utama. Tahapan pertama bertujuan untuk memodelkan orientasi serta intensitas distribusi rekahan dan yang kedua adalah proses otomatisasi guna memodelkan lebar dan panjang rekahan serta validasi terhadap data-data sumur yang ada.

Metode baru yang diterapkan dalam studi ini dengan menyertakan dampak dari intrusi terhadap orientasi serta intensitas distribusi rekahan sebagai bagian dari empat fracture drive yang digunakan, serta pengunaan multiple realizations untuk mengakomodasi ketidakpastian yang terjadi.

Dua dari fracture driver rekahan tersebut berkaitan dengan patahan dan tegangan (stress) yang terjadi pada batuan dan dua fracture driver lainnya berkaitan dengan intrusi batuan yang terbentuk akibat intrusi magma pada sistim panas bumi, sedangkan sisanya dikelompokan tersendiri dan didistribusikan secara stokastik pada seluruh lapangan.

“Teknologi ini akan diterapkan untuk meningkatkan hasil pemboran di tiga lapangan yang SEG operasikan dimana tahap pertama akan diterapkan pada Lapangan Darajat pada kampanye pemboran 2022 serta pada Lapangan Salak dan Lapangan Wayang Windu pada kampanye selanjutnya,” ujar Ken Riedel, Chief Asset Management Officer Star Energy Geothermal.

"Kami senang memiliki kesempatan untuk memperluas kerjasama kami dengan Star Energy Geothermal dalam mengembangkan solusi inovatif dengan memanfaatkan kumpulan ahli dan teknologi dari kedua perusahaan untuk memaksimalkan potensi panas bumi" kata Sementara itu Devan Raj, Managing Director Schlumberger Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Thohir

Senin, 17 Januari 2022 - 07:00 WIB

Transformasi Industri Gula, Ini Hasil Rumusan National Sugar Summit

Kesenjangan antara kebutuhan dan produksi gula masih cukup lebar, walaupun Pemerintah telah berupaya mendorong pelaku usaha gula untuk meningkatkan produksi. Upaya untuk meningkatkan produksi…

DankormarMayjen (Mar) Suhartono

Senin, 17 Januari 2022 - 06:00 WIB

Dankormar Mayjen (Mar) Suhartono Hadiri Peresmian Monumen TNI AL di Madiun

Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Suhartono beserta Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Ny. Etta Suhartono, menghadiri peresmian tiga Monumen Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista)…

Satgas Yonif 126 KC Laksanakan Fogging ke Rumah-Rumah Warga Perbatasan

Senin, 17 Januari 2022 - 05:00 WIB

Satgas Yonif 126 KC Laksanakan Fogging ke Rumah-Rumah Warga Perbatasan

Satgas Pamtas Yonif 126/KC membantu masyarakat perbatasan di Kampung Kalilapar 1 Distrik Waris, Kabupaten Keerom, Papua, dalam rangka mengurangi angka penyebaran penyakit malaria. Upaya tersebut,…

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS Latihkan Dasar-Dasar Beladiri Pencak Silat

Senin, 17 Januari 2022 - 04:30 WIB

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS Latihkan Dasar-Dasar Beladiri Pencak Silat kepada Generasi Muda

Banyaknya warisan budaya Indonesia yang sudah diakui oleh organisasi UNESCO membuat rakyat Indonesia patut merasa bangga, salah satunya warisan budaya bela diri Pencak Silat.

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS dan Santri Membuat Kebun Sayuran

Senin, 17 Januari 2022 - 04:05 WIB

Satgas Kodim Yalimo Yonif RK 751 VJS dan Santri Membuat Kebun Sayuran

Pesantren Al-Istiqomah merupakan lembaga pendidikan Islam yang berada di Papua tepatnya di Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya. Besarnya lingkungan pesantren membuat banyak lahan kosong yang…