Artis Senior Yati Surachman Terpaksa Gadaikan Sertifikat Rumah Buat Modal Usaha?

Oleh : Herry Barus | Kamis, 30 Desember 2021 - 15:22 WIB

Artis Senior Yati Surachman
Artis Senior Yati Surachman

INDUSTRY.co.id- Jakarta- Pandemi covid-19 tidak hanya berdampak pada ekonomi masyarakat secara luas, melainkan juga berimbas pada pelaku industri perfilman dan pertelevisian.

Sejumlah pekerja film dan sinetron banyak kehilangan pendapatan akibat batal atau mundurnya sejumlah rencana produksi. Ditambah lagi jauh sebelum Pandemi covid-19 system pembayaran upah pekerja film dan sinetron dinilai kurang sehat.

“Dalam batas tertentu pekerja film tidak cukup mengandalkan penghasilannya di industri ini. Harus mulai dipikirkan adanya dipersifikasi usaha,” ujar Yati Surachman, di acara ‘seniman peduli’ yang berlangsung di sekretariat Yayasan Humaniora Rumah Kemanusiaan, Kranggan Permai, Jatisampurna, Kota Bekasi, Selasa (28/12/2021).

Pandemi covid-19, kata aktris film ’Sang Pencerah’  ini, mengganjal proses shooting sejumlah film dan sinetron. Akibatnya proyek tersebut terpaksa ditunda atau bahkan dibatalkan.

“Kalau proyek cancel semua bisa nol rupiah. Lumayan ambyar. Kita enggak ada usaha lain. Jangankan proyek ditunda atau shooting mundur, yang sudah tayang saja rumah produksi bayar honornya ‘tarsok-tarsok’ (entar-besok),” kata Yati.

Yati Surachman, khawatir proyek shooting semakin berkurang lantaran situasi pandemi yang tidak pasti. Untuk mengatasi keadaan ia sedang mempola kemungkinan buka usaha di bidang catering. Namun lagi-lagi bukan perkara mudah. Ia terbentur masalah permodalan.

“Saya punya rumah di Ciomas Bogor dan di Serang Timur Banten. Saya ada rencana mau jual aset ini. Tapi jual rumah kan enggak segampang jual kacang goreng,” ujar bintang sinetron ‘Arwah Nenek Gayung’ ini.

Alternatif lain, Yati Surachman mau pinjam modal usaha ke Bank dengan jaminan sertifikat rumah, yang di Serang Timur Banten. Namun sertifikat rumah tersebut, kata dia, belum diberikan oleh perusahaan pengembangnya.

Rumah tersebut, kata Yati, merupakan pemberian dari perusahaan properti atas dedikasinya di dunia seni peran, tahun 2018 lalu. Serah terima rumah tersebut sudah dilakukan saat acara ulang tahun sebuah tayangan infotainment yang tayang di salah satu televisi swasta.

“Saya berharap sertifikat rumah tersebut segera bisa saya terima, karena sudah tiga tahun. Jika mungkin sertifikat itu akan saya agunkan ke perusahaan jasa keuangan buat modal usaha,” papar pemeran Nenek Kayla dalam sinetron ‘Suara Hati Kayla Season 2’ ini.

Sementara Yati memilih tinggal di rumah orangtuanya di kawasan Kayu Manis Matraman, Jakarta Timur, demi menghemat biaya hidup.

“Karena kalau sekarang saya tinggal di perumahan itu waktu tempuhnya lumayan. Sementara kerjaan banyak di Jakarta. Selain jauh juga biayanya besar. Apalagi keadaannya masih pandemi covid-19, dan kerjaan jarang-jarang,” ujar The Best Actress Festival Film Asia Pasifik (FFAP)  ini

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…