Siam Cement Group, Gurita Thailand dengan Tentakel Bisnis Semen di Indonesia

Oleh : Dhiyan W Wibowo | Sabtu, 27 Mei 2017 - 14:15 WIB

Siam Cement Group (SCG)
Siam Cement Group (SCG)

INDUSTRY.co.id - Siam Cement Group atau lebih dikenal dengan nama singkatnya SCG atau Siam Cement, merupakan perusahaan semen terbesar di Thailand. Berbasis di Bang Sue, Bangkok, SCG di negeri asalnya juga merupakan perusahaan terbesar kedua terbesar di Thailand, dan kini mlai menancapkan kukunya di pasar Indonesia

Berdasarkan Forbes 2000, perusahaan yang didirikan lewat dekrit yang dikeluarkan Raja Vajiravudh atau Rama VI pada tahun 1913 ini merupakan perusahaan terbesar dunia di peringkat 620.

Sejak mapan berdiri sebagai perusahaan semen terbesar, SCG telah berekspansi ke sejumlah bisnis seperti kimia, kertas, building material dan distribusi. Sebesar 30% saham perusahaan dimiliki oleh Samnakngan Sapsin Suan Phra Mahakasat atau The Crown Property Bureau, sebuah lembaga semi pemerintah yang bertanggung jawab mengelola aset dan properti milik Kerajaan Thailand.

SCG disebut-sebut memiliki anak usaha hingga 100 perusahaan yang terbagi dalam lima kelompok usaha. Mempekerjakan sekitar 24.000 karyawan dan menangani lebih dari 64.000 item produk, sebagian hasil produksinya dipasarkan secara domestik dan sebagian diekspor ke seluruh dunia.

Di Indonesia, SCG sendiri sudah memulai bisnisnya sejak tahun 1995. Dan pada 26 Februari 2013, SCG mengumumkan rencananya untuk membangun pabrik semen baru di Indonesia.

Rencana ini segera diimplementasikan lewat anak usahanya, PT Semen Jawa, yang menginvestasikan dana sebesar US$ 356 juta atau sekitar Rp 3,43 triliun untuk membangun sebuah pabrik di Jampang Tengah, Nyalindung, Sukabumi Jawa Barat.

Total kapasitas produksi pabrik ini sebesar 1,8 juta ton per tahun untuk pembangunan tahap petama dengan target pasar untuk keperluan domestik, antara lain untuk wilayah seputar Sukabumi, Bogor dan Jakarta.

Dalam pernyataannya, Presiden & CEO SCG Kan Trakulhoon mengatakan, pabrik ini akan menjadi prototipe ramah lingkungan dengan teknologi yang dirancang untuk melindungi lingkungan, memanfaatkan sumber daya yang efisien, serta standar keamanan yang tinggi. Pabrik ini merupakan pabrik semen pertama SCG di Indonesia, sekaligus pabrik kedua SCG di negara ASEAN di luar Thailand, kata Kan.

Menurutnya konsep pabrik ini dirancang untuk melindungi lingkungan hidup dengan didukung teknologi kantong penyaring (bag filter) yang efektif dalam mengontrol emisi debu hingga 99,9%. Kami juga menggunakan mesin surface mining pada proses penambangan untuk mengurangi debu, getaran dan kebisingan, imbuhnya.

SCG telah mengakuisisi 90% saham PT Indoris Printingdo (Indoris) senilai Rp 102,5 miliar. Indoris merupakan produsen produk offset cartons dan kemasan berkualitas tinggi yang memiliki pabrik di Tangerang, dengan kapasitas produksi 8.000 ton per tahun.

Sebelumnya SCG juga telah mengakuisisi PT Primacor Mandiri. Melalui anak usahanya SCG Paper, Thai Containers Group (TCG) telah menandatangani perjanjian pembelian saham serta penyelesaian akuisisi 90% saham PT Primacorr Mandiri, produsen corrugated box di Indonesia. Corrugated box adalah karton box kemasan dengan memakai bahan kertas gelombang, dan merupakan produk kertas yang sangat baik untuk kemasan.

Akuisisi ini akan menambah kapasitas produksi TCG di Asean. Presiden dan CEO SCG Kan Trakulhoon mengatakan, dengan adanya investasi ini, diharapkan total kapasitas produksi TCG di Asean akan meningkat menjadi 1,031 juta per tahun dari sebelumnya 976 ribu ton per tahun.
Dikabarkan SCG mengelola aset sebesar US$ 983 juta di Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…