UangTeman Dukung Pengembangan UKM di Bandung

Oleh : Hariyanto | Kamis, 23 Maret 2017 - 15:15 WIB

UangTeman Dukung Pengembangan UKM di Bandung
UangTeman Dukung Pengembangan UKM di Bandung

INDUSTRY.co.id - Bandung, Ditahun 2017, UangTeman layanan pinjaman online mikro optimistis dapat menyalurkan pinjaman dana tunai di Kota Bandung sebesar Rp 10 hingga 20 miliar . Hal tersebut menunjukkan komitmen kuat dari UangTeman yang merupakan bagian dari PT Digital Alpha Indonesia untuk terus mendukung pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Bandung.

CEO & Co-founder UangTeman Aidil Zulkifli, mengatakan bahwa Bandung memiliki semangat yang sama dengan UangTeman untuk mengembangkan UKM. Kondisi ini turut ditopang oleh cita-cita pemerintah kota setempat yang mengharapkan Bandung menjadi pusat
ekonomi digital.

Menurut Aidil, sejak UangTeman membuka akses layanannya di Bandung per Agustus 2016, terus memperlihatkan tren meningkat terhadap pengajuan aplikasi pinjaman dana tunai. Dia mengungkapkan, seiring dengan kemudahan akses yang ditawarkan tanpa adanya tatap muka, proses yang cepat, dan tanpa jaminan atau agunan menjadi jawaban bagi para pengusaha UKM untuk mengembangkan usahanya.

“Target pinjaman yang kami salurkan pada tahun ini totalnya mencapai Rp 100 miliar, di Bandung kami harapkan penetrasinya sekitar 10% - 20%. Ini cukup realistis mengingat, sekitar 60% perekonomian Kota Bandung didominasi oleh UKM dan adanya UangTeman diharapkan mampu mendorong para pelaku UKM memanfaatkan teknologi,” kata Aidil di Bandung, Kamis (23/3/2017).

Deputy CEO UangTeman Rio Quiserto, menjelaskan Bandung memiliki program yang nyata untuk pengembangan usaha skala kecil. Namun demikian, masih banyak pelaku UKM yang merasa kesulitan memperoleh akses ke industri keuangan untuk memperoleh pinjaman dana tunai untuk modal usaha.

Melalui UangTeman, Rio menerangkan, semua proses dilakukan secara online dan tanpa jaminan. Setiap calon nasabah, terangnya, tinggal mengajukan aplikasi pinjaman dana tunai melalui website www.uangteman.com atau dengan mengunduh aplikasi mobile bagi pengguna smartphone versi Android di Google Play Store maupun iOS di App Store.

“Pinjaman dana tunai mikro yang kami berikan berkisar Rp 1 - 4 juta, dengan peminjaman pertama maksimal sebesar Rp 3 juta. Jangka waktu minimal 10 hari sampai 30 hari, prosesnya saat ini paling lama dua hari kerja sejak aplikasi diajukan dan uangnya sudah masuk ke rekening nasabah tanpa ada potongan apapun,” ujar dia.

Rio mengungkapkan, hingga saat ini rata-rata aplikasi pinjaman dana tunai UangTeman dari Bandung bisa mencapai puluhan hingga ratusan hanya dalam satu hari. Melihat data tersebut, dia menyampaikan, minat masyarakat Bandung terhadap keberadaan UangTeman terus meningkat dan didukung oleh tingginya penetrasi pengguna internet oleh masyarakat setempat.

“Angka pasti jumlah nasabah yang sudah diraih UangTeman di Bandung, belum dapat kami sampaikan. Akan tetapi, yang pasti untuk rata-rata tiap bulan selalu ada nasabah baru sekitar 30% - 40% dan sisanya merupakan nasabah lama yang sudah melunasi pinjamannya kemudian meminjam lagi atau repeat,” ujarnya.

Selain itu, Darmawan Zaini, Chief Technology and Product Officer (CTPO) UangTeman menegaskan bahwa jantung bisnis dari UangTeman adalah teknologi. Sehingga inovasi yang dikembangkan saat ini, menurutnya, bagaimana proses pinjaman dana tunai secara online di UangTeman tidak akan memakan waktu yang lama dan dapat dengan mudah mengidentifikasi karakteristik setiap calon nasabah yang mengajukan aplikasi pinjaman.

“Teknologi algoritma yang kami miliki sudah menjaga maksimal di depan saat aplikasi masuk sehingga dapat cepat mengetahui apakah bisa disetujui atau tidak. Ini bisa dilihat dari rasio acceptance rate UangTeman, 30% disetujui dan sisanya tidak. Sehingga berdampak positif terhadap kredit macet UangTeman yang sampai saat ini masih di bawah 3%,” terang Darmawan.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…