Barata Indonesia Jalin Kesepakatan Dengan Standart Car Truck, Suplai Komponen Kereta Api

Oleh : Hariyanto | Rabu, 08 Maret 2017 - 15:08 WIB

PT Barata Indonesia (persero) lakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) dengan, Standart Car Truck (SCT) a Wabtec Subsidiary Company
PT Barata Indonesia (persero) lakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) dengan, Standart Car Truck (SCT) a Wabtec Subsidiary Company

INDUSTRY.co.id - Gresik, PT Barata Indonesia (persero) melakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) dengan perusahaan asal Amerika Serikat (AS), Standart Car Truck (SCT) a Wabtec Subsidiary Company.

Direktur Utama PT Barata Indonesia (persero), Silmy Karim mengatakan, LoI tersebut berisi kesepakatan antara kedua perusahaan pada 2017. Dari kesepakatan itu Barata Indonesia akan mengekspor komponen kereta api melalui SCT dengan nilai yang mencapai kurang lebih USD 11,8 juta, atau Rp 153 miliar pada 2017.

"Dalam kesepakatan tersebut, Barata Indonesia sepakat mensuplai komponen kereta api, bogie (pendukung rangka dasar dari badan kereta api)," tutur Silmy, Selasa (7/03/2017).

LoI tersebut ditandatangani oleh Dirut PT Barata Indonesia (persero), Silmy Karim dan General Manager SCT, Philip R.Lindsell dari Standart Car Truck a Wabtec Subsidiary Company.

Silmy menegaskan, penandatanganan ini merupakan salah satu bentuk mewujudkan pertumbuhan industri nasional dalam meningkatkan local content bagi industri perkeretaapian.

"Selain ke SCT, Barata Indonesia juga melakukan hal yang sama dengan General Electric (GE), PT INKA (persero) serta PT KAI (persero)," ujarnya.

Silmy menambahkan, Barata Indonesia terkait dengan bisnis kedepannya tidak hanya terpaku pada produk kereta api saja. Namun, di bidang foundry perusahaannya juga merambah ke sektor lain diantaranya, sektor pertambangan, dan industri semen.

"Untuk bidang foundry kami sudah melakukan pembicaraan dengan PT Antam (persero), dan PT Bukit Asam (persero) Tbk dengan memproduksi komponen alat-alat tambang seperti Crushers dan juga Mills. Ke depan, pihak Barata Indonesia juga tidak hanya akan berhenti bekerjasama dengan perusahaan BUMN dalam negeri saja, namun juga akan mencoba menyentuh pihak swasta seperti PT Freeport Indonesia," tandasnya.

Sementara itu, General Manager SCT, Philip R.Lindsell dari Standart Car Truck a Wabtec Subsidiary Company menuturkan, alasan memilih Barata Indonesia karena perusahaan tersebut produknya secara kualitas sudah memenuhi standar internasional.

"Produk Barata Indonesia sudah standar internasional, maka dari itu kami tidak ragu melakukan kerjasama setiap tahunnya," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:35 WIB

Bekraf Beri Komitmen untuk Naikkan Pasar Game Lokal

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) berkomitmen untuk menaikkan pangsa pasar "game" pengembang lokal hingga menjadi 10 persen. Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Sungkari dalam siaran pers di Jakarta,…

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendorong penambahan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) sebesar 255 Megawatt (MW) di tahun depan. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja).

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:20 WIB

IEA Beri Catatan Positif Reformasi Subsidi Energi

Direktur Eksekutif International Energy Agency (IEA) Fatih Birol menyampaikan hasil positif atas reformasi subsidi energi yang telah dilakukan Indonesia. Fatih di Kementerian Energi dan Sumber…

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:02 WIB

Kementerian ESDM Akan Kembali Gelar Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto 2018

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan kembali menggelar Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto Tahun 2018.

Presiden Jokowi dan PM Malaysia Mahathir Mohammad (Foto Setkab)

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:00 WIB

Mahathir Bersikukuh Akan Terapkan SST

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad bersikukuh akan menerapkan Service and Sales Tax (SST) atau Pajak Pelayanan dan Penjualan untuk menggantikan Goods and Service Tax (GST) atau Pajak…

Semarak Asian Games, Bank Mandiri Gelar Turnamen Bola Voli Antar Kampung

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:00 WIB

Semarak Asian Games, Bank Mandiri Gelar Turnamen Bola Voli Antar Kampung

Bersama dengan masyarakat wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, Bank Mandiri menggelar turnamen Bola Voli antar kampung untuk menyemarakkan Asian Games 2018. Diikuti oleh 44 tim dari berbagai…