Barata Indonesia Jalin Kesepakatan Dengan Standart Car Truck, Suplai Komponen Kereta Api

Oleh : Hariyanto | Rabu, 08 Maret 2017 - 15:08 WIB

PT Barata Indonesia (persero) lakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) dengan, Standart Car Truck (SCT) a Wabtec Subsidiary Company
PT Barata Indonesia (persero) lakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) dengan, Standart Car Truck (SCT) a Wabtec Subsidiary Company

INDUSTRY.co.id - Gresik, PT Barata Indonesia (persero) melakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) dengan perusahaan asal Amerika Serikat (AS), Standart Car Truck (SCT) a Wabtec Subsidiary Company.

Direktur Utama PT Barata Indonesia (persero), Silmy Karim mengatakan, LoI tersebut berisi kesepakatan antara kedua perusahaan pada 2017. Dari kesepakatan itu Barata Indonesia akan mengekspor komponen kereta api melalui SCT dengan nilai yang mencapai kurang lebih USD 11,8 juta, atau Rp 153 miliar pada 2017.

"Dalam kesepakatan tersebut, Barata Indonesia sepakat mensuplai komponen kereta api, bogie (pendukung rangka dasar dari badan kereta api)," tutur Silmy, Selasa (7/03/2017).

LoI tersebut ditandatangani oleh Dirut PT Barata Indonesia (persero), Silmy Karim dan General Manager SCT, Philip R.Lindsell dari Standart Car Truck a Wabtec Subsidiary Company.

Silmy menegaskan, penandatanganan ini merupakan salah satu bentuk mewujudkan pertumbuhan industri nasional dalam meningkatkan local content bagi industri perkeretaapian.

"Selain ke SCT, Barata Indonesia juga melakukan hal yang sama dengan General Electric (GE), PT INKA (persero) serta PT KAI (persero)," ujarnya.

Silmy menambahkan, Barata Indonesia terkait dengan bisnis kedepannya tidak hanya terpaku pada produk kereta api saja. Namun, di bidang foundry perusahaannya juga merambah ke sektor lain diantaranya, sektor pertambangan, dan industri semen.

"Untuk bidang foundry kami sudah melakukan pembicaraan dengan PT Antam (persero), dan PT Bukit Asam (persero) Tbk dengan memproduksi komponen alat-alat tambang seperti Crushers dan juga Mills. Ke depan, pihak Barata Indonesia juga tidak hanya akan berhenti bekerjasama dengan perusahaan BUMN dalam negeri saja, namun juga akan mencoba menyentuh pihak swasta seperti PT Freeport Indonesia," tandasnya.

Sementara itu, General Manager SCT, Philip R.Lindsell dari Standart Car Truck a Wabtec Subsidiary Company menuturkan, alasan memilih Barata Indonesia karena perusahaan tersebut produknya secara kualitas sudah memenuhi standar internasional.

"Produk Barata Indonesia sudah standar internasional, maka dari itu kami tidak ragu melakukan kerjasama setiap tahunnya," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seolhyun dan Jimin, Personel Girlband AOA. (Source: Kpopchart)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:50 WIB

Seolhyun dan Jimin Beri Kode Comeback Girlband AOA

Baru-baru ini Jimin dan Seolhyun AOA memberi sebuah petunjuk akan rencana dan persiapan comeback girlband mereka, AOA. Saat mempromosikan lagu solonya yang berjudul 'Hey', Jimin mengadakan live…

Wamen ESDM Arcandra Tahar

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:30 WIB

Arcandra Tahar Harapkan BLU Ubah Human Resources Jadi Human Capital

Arcandra mengungkapkan paradigma manajemen sumber daya manusia saat ini telah berubah dari human resouces menjadi human capital, manusia itu tidak lagi menjadi pekerja pasif, tetapi secara aktif…

Dirjen IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih bersama Ketua Kadin Provinsi DKI Jakarta, Eddy Kuntadi, serta Direktur IKM Kimia, Sandang, Aneka dan Kerajinan Kemenperin, E. Ratna Utarianingrum (Foto: Biro Humas)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:10 WIB

Kemenperin Targetkan 18 Pondok Pesantren Akan Jadi Percontohan Program Santripreneur pada 2018

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan 18 pondok pesantren yang akan menjadi percontohan dalam pelaksanaan program Santripreneur pada tahun 2018. Pondok pesantren tersebut meliputi…

Kendall Jenner (Foto Ist)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:10 WIB

Intip Koleksi Fashion dari Kendall Jenner, Ada yang Seharga DP Mobil!

Siapa yang tidak mengenal model cantik mancanegara, Kendall Jenner. Postur tubuh yang sempurna dan paras yang cantik, menjadikan Kendall Jenner sebagai kiblat fashion untuk kalangan millenial.

Presiden Jokowi dan Jalan tol (Foto : Biro Pers Setpres)

Minggu, 21 Januari 2018 - 11:04 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Tol Sumatera Ruas Bakauheni-Terbanggi

Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni- Terbanggi Besar segmen Pelabuhan Bakauheni - Simpang Susun Bakauheni dan segmen Lematang-Kotabaru di Bakauheni Lampung…