Barata Indonesia Jalin Kesepakatan Dengan Standart Car Truck, Suplai Komponen Kereta Api

Oleh : Hariyanto | Rabu, 08 Maret 2017 - 15:08 WIB

PT Barata Indonesia (persero) lakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) dengan, Standart Car Truck (SCT) a Wabtec Subsidiary Company
PT Barata Indonesia (persero) lakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) dengan, Standart Car Truck (SCT) a Wabtec Subsidiary Company

INDUSTRY.co.id - Gresik, PT Barata Indonesia (persero) melakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) dengan perusahaan asal Amerika Serikat (AS), Standart Car Truck (SCT) a Wabtec Subsidiary Company.

Direktur Utama PT Barata Indonesia (persero), Silmy Karim mengatakan, LoI tersebut berisi kesepakatan antara kedua perusahaan pada 2017. Dari kesepakatan itu Barata Indonesia akan mengekspor komponen kereta api melalui SCT dengan nilai yang mencapai kurang lebih USD 11,8 juta, atau Rp 153 miliar pada 2017.

"Dalam kesepakatan tersebut, Barata Indonesia sepakat mensuplai komponen kereta api, bogie (pendukung rangka dasar dari badan kereta api)," tutur Silmy, Selasa (7/03/2017).

LoI tersebut ditandatangani oleh Dirut PT Barata Indonesia (persero), Silmy Karim dan General Manager SCT, Philip R.Lindsell dari Standart Car Truck a Wabtec Subsidiary Company.

Silmy menegaskan, penandatanganan ini merupakan salah satu bentuk mewujudkan pertumbuhan industri nasional dalam meningkatkan local content bagi industri perkeretaapian.

"Selain ke SCT, Barata Indonesia juga melakukan hal yang sama dengan General Electric (GE), PT INKA (persero) serta PT KAI (persero)," ujarnya.

Silmy menambahkan, Barata Indonesia terkait dengan bisnis kedepannya tidak hanya terpaku pada produk kereta api saja. Namun, di bidang foundry perusahaannya juga merambah ke sektor lain diantaranya, sektor pertambangan, dan industri semen.

"Untuk bidang foundry kami sudah melakukan pembicaraan dengan PT Antam (persero), dan PT Bukit Asam (persero) Tbk dengan memproduksi komponen alat-alat tambang seperti Crushers dan juga Mills. Ke depan, pihak Barata Indonesia juga tidak hanya akan berhenti bekerjasama dengan perusahaan BUMN dalam negeri saja, namun juga akan mencoba menyentuh pihak swasta seperti PT Freeport Indonesia," tandasnya.

Sementara itu, General Manager SCT, Philip R.Lindsell dari Standart Car Truck a Wabtec Subsidiary Company menuturkan, alasan memilih Barata Indonesia karena perusahaan tersebut produknya secara kualitas sudah memenuhi standar internasional.

"Produk Barata Indonesia sudah standar internasional, maka dari itu kami tidak ragu melakukan kerjasama setiap tahunnya," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank BTN Dukung Penguatan Usaha Kecil Menengah (Foto Rizki Meirino)

Minggu, 19 November 2017 - 16:00 WIB

Masuk Daftar MSCI, Saham BBTN Bakal Banyak Peminat

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menilai masuknya saham perseroan ke dalam Morgan Stanley Capital International (MSCI) Global Standard Index merupakan kepercayaan yang harus dijaga dengan meningkatkan…

PT Pertamina Lubricants (Foto Ist)

Minggu, 19 November 2017 - 15:59 WIB

Pertamina Lubricants Meraih Platinum SNI Award 2017

Perseroan Terbatas Pertamina Lubricants berhasil meraih Platinum SNI Award 2017 untuk kategori Perusahaan Besar Barang Sektor Kimia dan Serba Aneka dari Badan Standardisasi Nasional.

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC)

Minggu, 19 November 2017 - 15:51 WIB

Produksi Migas MEDCO Naik

Produksi minyak dan gas bumi PT Medco E&P Indonesia dan Medco E&P Natuna Ltd naik pada semester pertama 2017 dibanding periode sama tahun sebelumnya yang antara lain disebabkan adanya pengambilalihan…

Listrik Ilustrasi

Minggu, 19 November 2017 - 15:47 WIB

YLKI: Konsumsi Listrik Indonesia Masih Rendah

Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi mengatakan konsumsi listrik Indonesia masih rendah sehingga penghapusan tarif listrik kelas daya terendah tidak tepat…

Teguh Santosa Ketua Umum SMSI (Foto Ist)

Minggu, 19 November 2017 - 15:33 WIB

PWI Fasilitasi UKW untuk Wartawan Perusahaan Media Siber Anggota SMSI

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) memberi kesempatan kepada wartawan yang bekerja di perusahaan media siber anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) untuk mengikuti Uji Kompetensi Wartawan…