Dukungan BSM, PT Inka Optimis Tingkatkan Kinerja

Oleh : Herry Barus | Rabu, 01 Maret 2017 - 04:57 WIB

PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun
PT Industri Kereta Api (INKA) Madiun

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Industri Kereta Api Indonesia Persero (PT Inka) bersama dengan anak usaha optimistis akan terus meraih kinerja positif ke depannya menyusul adanya kesepakatan kerja sama pembiayaan dengan Bank Syariah Mandiri (BSM).

"Kerja sama pembiayaan itu merupakan salah satu faktor yang akan terus mendukung kinerja PT Inka dan anak usaha yang selama tiga tahun terakhir ini mencatatkan hasil positif," ujar GM Keuangan PT Inka, M Pramudya di Jakarta, Selasa (28/2/2017)

Ia mengemukakan bahwa tiga anak perusahaan PT Inka yaitu PT Inka Multi Solusi (IMS), PT Inka Multi Solusi Trading (IMST), dan PT Inka Multi Solusi Servis (IMSS) telah menandatangani perjanjian pembiayaan dengan BSM dengan total plafon Rp352 miliar.

Ia memaparkan bahwa kesepakatan kerja sama itu merupakan pembiayaan "line facility" untuk modal kerja dengan plafon masing-masing yakni PT IMS sebesar Rp150 miliar, PT IMST (Rp160 miliar), dan PT IMSS (Rp42 Miliar).

"Dana itu akan digunakan untuk mengerjakan proyek-proyek yang diperoleh dari PT Inka. Dengan begitu momentum pertumbuhan bagi anak usaha akan positif, yang pada akhirnya juga akan turut menopang kinerja PT Inka ke depannya," katanya.

Pramudya yang juga Komisaris PT Inka Multi Solusi mengatakan bahwa pihaknya akan terus meningkatkan kualitas, kapasitas, dan pengembangan pasar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Pada 2017 ini, sales PT Inka telah meningkat 48 persen menjadi Rp2,6 triliun. Seperti kita tahu, PT Inka juga memiliki orientasi ekspor," ucapnya.

Sementara itu, Direktur Wholesale Banking Bank Syariah Mandiri Kusman Yandi mengatakan bahwa pembiayaan infrastruktur merupakan salah satu sektor industri yang menjadi fokus pertumbuhan bisnis BSM, antara lain infrastruktur di bidang prasarana transportasi seperti infrastruktur kereta api.

"Selain itu, BSM yang tergabung dalam Bank Mandiri Group juga berkomitmen untuk mewujudkan sinergi diantara anak perusahaan BUMN," katanya seperti dilansir Antara.

Ia mengatakan bahwa untuk merealisasikan pertumbuhan bisnis yang berkualitas dan berkelanjutan, pihaknya akan fokus untuk tumbuh di beberapa sektor industri yang memiliki prospek baik, seperti sektor infrastruktur yang dikerjakan atau dikelola oleh BUMN dan anak perusahaannya.

Sampai akhir tahun 2016, dipaparkan, BSM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp55,58 triliun. Adapun portofolio pembiayaan wholesale Banking sebesar Rp24,79 triliun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…