Ilham Habibie: Pengembangan Mobil Listrik di Indonesia Suatu Keharusan

Oleh : Ridwan | Jumat, 08 Maret 2019 - 15:05 WIB

Chairman ICT National Council (Wantiknas), Ilham Akbar Habibie bersama Chairman PT Jababeka Tbk. Setyono Djuandi Darmono (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Chairman ICT National Council (Wantiknas), Ilham Akbar Habibie bersama Chairman PT Jababeka Tbk. Setyono Djuandi Darmono (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Chaiman National ICT Council (Wantiknas) Ilham Akbar Habibie menilai pengembangan mobil listrik di Indonesia merupakan suatu keniscayaan.

"Mobil listrik suatu keniscayaan yang harus dikembangkan di Indonesia," kata Ilham saat ditemui Industry.co.id di Jakarta, Jumat (8/3).

Ilham pun menginginkan adanya proyek nasional mobil listrik. "Ada orang bilang kita (Indonesia) tidak akan bisa karena masih tertinggal, itu salah besar," terangnya.

Menurutnya, Indonesia merupakan pasar yang sangat besar. "Sebaliknya kita "Bodoh" kalau tidak merangkulnya, pengembangan mobil listrik akan menjadi tulang punggung industri nasional kedepan," imbuh Ilham.

Ditambahkan Ilham, peran pemerintah menjadi sangat penting dalam memberikan fasilitasnya arau menjadikan Badan Usaha Mikik Negara (BUMN) sebagai pimpinan dalam pengembangan mobil listrik di dalam negeri.

"Tapi ingat, masih ada perusahaan swasta yang harus digandeng. Jadi saya bersikeras pengembangan mobil listrik di dalam negeri merupakan suatu keharusan," tuturnya.

Seperti diketahui, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan 400.000 unit mobil listrik sampai tahun 2025.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan, pengembangan kendaraan listrik sebagai komitmen pemerintah dalam upaya menurunkan emisi Gas Rumah Kaca (CO2) 29 persen di tahun 2030 sekaligus menjaga ketahanan energi, khususnya di sektor transportasi darat.

"Jadi, tren global untuk kendaraan masa depan adalah yang hemat energi dan ramah lingkungan. Selain itu, dapat mengurangi ketergantungan pada energi fosil," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…