Perum Jamkrindo Siapkan Pemimpin Masa Depan lewat Program Magang Bersertifikat

Oleh : Wiyanto | Selasa, 26 Februari 2019 - 13:54 WIB

Jamkrindo dan Mahasiswa magang
Jamkrindo dan Mahasiswa magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta- Perum Jamkrindo menerima talenta-talenta muda bangsa untuk bergabung melalui Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB). Mengusung tema Build People, Build The Future program magang bersertifikat ini telah memasuki angkatan ke dua dengan total jumlah peserta magang sebanyak 192 orang.

Direktur MSDM, Umum, dan Kepatuhan Perum Jamkrindo Sulis Usdoko mengatakan program magang yang dilakukan oleh Perum Jamkrindo tidak hanya dilakukan semata-mata untuk memberikan kesempatan bagi para talenta muda tersebut terjun langsung ke dunia kerja. Namun jauh daripada itu Perum Jamkrindo ingin menyiapkan para generasi penerus bangsa yang memiliki kompetensi unggul dan responsif atas perubahan zaman, terutama di era VUCA (volatility, uncertainty, complexity and ambiguity) dan Industry 4.0.

Kami tidak hanya membekali hard skill saja, tetapi juga soft skill yang memang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin-pemimpin masa depan, ujar Sulis dalam sambutan penerimaan peserta program magang angkatan kedua di Perum Jamkrindo, pada Senin 25 Februari 2019.

Di angkatan pertama misalnya, selama enam bulan para mahasiwa magang dibekali berbagai pengetahun dan ilmu mengenai industri penjaminan, UMKM dan entrepreneurship, serta leadership dan etos kerja, melalui kelas-kelas interaktif yang menghadirkan mentor-mentor yang ahli di bidangnya.

Selain kelas-kelas formal, terdapat juga kelas-kelas non formal seperti leadership camp yang diadakan selama dua hari di Gunung Bunder, Bogor, dengan materi-materi leadership, sinergi dan kolaborasi. Tak hanya itu, beberapa peserta magang juga diberikan kesempatan langsung untuk berkunjung ke wilayah kerja Perum Jamkrindo yang tersebar di seluruh Indonesia dan mengikuti kelas ahli penjaminan modul dasar, sebagai bentuk engagement program yang diberikan pada peserta terbaik di angkatannya.

Kami sangat fokus membekali mereka dengan kemampuan leadership. Kami tidak ingin magang hanya sekadar menghabiskan jam kerja kemudian mendapat sertifikat. Mereka harus benar-benar siap untuk menjadi pemimpin masa depan yang memiliki agility untuk menjadi game changers, ungkap Sulis.

Jika pada angkatan pertama sebelumnya Perum Jamkrindo hanya membuka kesempatan untuk berkarir di Kantor Pusat, pada angkatan kedua ini Perum Jamkrindo juga membuka kesempatan hingga ke daerah-daerah melalui kantor wilayah Perum Jamkrindo. Sebanyak 65 peserta magang ditugaskan di Kantor Pusat, sedangkan 57 lainnya Di Kantor Cabang, Kantor Cabang Khusus dan Kantor Wilayah. Total ada 122 peserta magang untuk angkata kedua, ujarnya.

Sebagai perusahaan yang menjadi benchmark semua perusahaan penjaminan yang ada di Indonesia, Sulis mengatakan Perum Jamkndo menjadikan isu pengembangan SDM sebagai isu strategis. Segenap insan Perum jamkrindo merupakan orang-orang yang memang memiliki keahlian di bidang penjaminan dan juga keahlian di pengelolaan dan data base UMKM. Keahlian atau core kompetensinya benar-benar dari A sampai Z, ujar dia.

Sampai dengan saat ini Perum Jamkrindo telah bekerja sama dengan berbagai Universitas di Tanah Air untuk menyukseskan program magang bersertifikat yang merupakan inisiatif pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN melalui wadah Forum Human Capital Indonesia (FHCI). Beberapa Universitas yang terlibat antara lain, Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, IPB, dll. Total ada 37 universitas telah berkerja sama dengan Perum Jamkrindo, ujar Sulis.

Sementara itu Kepala Divisi MSDM Perum Jamkrindo Erna Zubaeda menambahkan bahwa dari program magang tersebut akan terpilih beberapa orang yang akan diangkat menjadi New Entry Junior Prohire di Perum Jamkrindo. Mereka yang terpilih, adalah yang berhasil menunjukan kinerja dan etos kerja terbaik.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ, Dr. Achmad Sofyan Hanif, M.P mengapresiasi program magang bersertifikat yang diadakan Perum Jamkrindo. Menurut dia, Perum Jamkrindo, ialah salah satu perusahaan BUMN yang paling banyak mengikutsertakan mahasiswa/i untuk mengikuti program magang bersertifikat. Pada angkatan pertama dan kedua kami memperoleh kesempatan cukup besar yaitu dengan mengirimkan 52 mahasiswa/i. Peserta didik kami sangat antusias dan berbangga hati bisa terlibat dalam program ini, ungkap dia.

Fenly Linar, alumni vokasi Universitas Indonesia, menceritakan pengalamannnya selama mengikuti magang di perum Jamkrindo. Ia mengatakan program ini memiliki dampak signifikan dalam pengembangan karirnya ke depan. Banyak sekali ilmu yang saya dapat di Perum Jamkrindo, adanya sertifikat dari Perum Jamkrindo juga dapat menjadi portofolio yang bisa membantu pengembangan karir saya di masa akan datang, ujar Fenly.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kerbau di persawahan

Rabu, 20 Maret 2019 - 07:38 WIB

Kementan tingkatkan pengawasan terhadap pemasukan daging kerbau asal India

Jakarta, Adanya pemberitaan di beberapa media online terkait kejadian kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di beberapa negara bagian di India, telah meningkatkan sikap kehati-hatian dan kewaspadaan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:30 WIB

Indonesia Posisi Kedua Sebagai Negara Dengan Optimisme Tinggi Terapkan Industri 4.0

Berdasarkan hasil riset McKinsey, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan optimisme tertinggi dalam menerapkan industri 4.0, yakni 78%.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:06 WIB

INDI 4.0 Jadi Acuan Kemenperin Ukur Kesiapan Industri Masuk Era Digitalisasi

Kementerian Perindustrian terus memacu kesiapan sektor manufaktur nasional dalam memasuki era industri 4.0 khususnya lima sektor yang telah menjadi prioritas berdasarkan peta jalan Making Indonesia…

Kemen Kominfo

Selasa, 19 Maret 2019 - 19:33 WIB

Kominfo Blokir 11.803 Konten Radikalisme dan Terorisme

Jakarta-Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemblokiran konten internet yang memuat radikalisme dan terorisme sebanyak 11.803 konten mulai dari tahun 2009 sampai tahun 2019.…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:50 WIB

Lewat Program Santripreneur, Kemenperin Telah Bina Lebih dari 4 Ribu Santri Jadi Wirausaha

Kementerian Perindustrian hingga saat ini telah membina dan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan kepada 4.720 santri.