Raja Arab Saudi Hanya Shalat Penghormatan pada Masjid Istiqlal

Oleh : Herry Barus | Minggu, 26 Februari 2017 - 05:50 WIB

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz. (Bandar Algaloud - Saudi Kingdom Council - Handout/Anadolu Agency/Getty Images)
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz. (Bandar Algaloud - Saudi Kingdom Council - Handout/Anadolu Agency/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kepala Bagian Protokol dan Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah Abd Salam mengatakan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz tidak akan melakukan tur berkeliling di Istiqlal.

"Dalam agenda, tidak ada tur keliling masjid seperti tamu negara lainnya," kata Abu saat dihubungi dari Jakarta, Sabtu (25/2/2017).

Lebih lanjut, Abu mengatakan kehadiran Raja Salman di Istiqlal berbeda jika dibandingkan kehadiran presiden dan lain yang sebelumnya pernah mendatangi masjid terbesar Asia Tenggara itu. Orang nomor satu di Saudi tersebut hanya akan melaksanakan shalat penghormatan terhadap Istiqlal (tahiyatul masjid).

Dia mengatakan raja negara petrodolar rencananya akan menuju ruangan VIP, mengisi buku tamu dan menuliskan kesan pesan untuk Istiqlal. Kemudian sembari Raja Salman berjalan, pihak penerima tamu akan menceritakan sejarah Masjid Istiqlal.

Terkait kedatangan raja dan delegasi Saudi itu, kata dia, kawasan Istiqlal kemungkinan akan ditutup setelah shalat Dhuhur, Kamis (2/3).

"Sterilisasi dari masyarakat umum akan dilakukan setelah shalat Dhuhur sehingga kemungkinan masyarakat tetap dapat beribadah shalat Dhuhur. Setelah beliau selesai kunjungan, area Istiqlal baru dibuka kembali," kata dia.

Terkait banyaknya tamu negara yang datang ke Istiqlal nanti, lanjut Abu, pengelola masjid menyiapkan area parkir kendaraan. Diperkirakan, area parkir akan dipenuhi kendaraan delegasi Saudi berikut kendaraan pejabat Indonesia.

"Rombongan kerajaan rencananya akan menggunakan area parkir khusus, ada 1.500 orang dari mereka menggunakan parkir rombongan. Ini belum termasuk pejabat yang mendampingi, parkir untuk pengantar akan diatur bagi delegasi tamu VIP nanti," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…