Semen Indonesia Segera Sosialisasikan izin Amdal ke Publik

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 25 Februari 2017 - 09:42 WIB

Proyek Semen rembang (kompasiana)
Proyek Semen rembang (kompasiana)

INDUSTRY.co.id - Gresik, PT Semen Indonesia (persero) Tbk akan segera menyosialisasikan izin analisis dampak lingkungan (Amdal) kegiatan penambangan dan pembangunan pabrik Semen Indonesia di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah ke publik pasca terbitnya izin tersebut.

"Kami segera menindaklanjuti izin tersebut, termasuk di antaranya mensosialisasikan ke publik terkait dengan keluarnya izin lingkungan," kata Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia (persero) Tbk, Agung Wiharto, Jumat (24/02/2017).

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah menerbitkan izin lingkungan untuk PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di Kabupaten Rembang. Izin tersebut tercantum melalui Surat Keputusan Gubernur Jateng nomor 660.1/6 Tahun 2017.

Penerbitan izin lingkungan semen di Rembang merupakan tindak lanjut dari rekomendasi Komisi Penilai Amdal (KPA). Komisi tersebut terdiri dari para pakar, pemerintah, akademisi perguruan tinggi maupun masyarakat yang terdampak pabrik, baik yang pro maupun yang kontra.

Agung mengatakan, sebelum izin lingkungan keluar, manajemen Semen Indonesia sudah yakin izin tersebut bisa didapat. Pasalnya, semua prosedur sudah dilalui sesuai aturan. Kendati di tengah jalan ada sedikit masalah.

"Intinya kami sangat bersyukur dan terus berkonsolidasi ke dalam. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo yang telah menerbitkan izin lingkungan," tuturnya.

Mengenai operasional pabrik Semen Rembang, Agung menjelaskan,  hal itu nantinya dikoordinasikan jajaran direksi.

"Pabrik semen di Rembang sebenarnya sudah ready. Tapi, karena ada permasalahan soal izin lingkungan, pabrik tersebut sempat berhenti aktivitasnya," pungkas Agung. (Hry/ bj)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mentan Andi Amran Sulaiman (Dok Industry.co.id)

Rabu, 21 Februari 2018 - 08:02 WIB

Mentan Andi Minta Anggaran Fokus ke Sektor Produksi Pertanian

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman membuka secara resmi Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Pertanian Tahun 2019 yang dihadiri oleh Sekretaris Dinas Lingkup Pertanian Provinsi…

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto (Foto: Ist)

Rabu, 21 Februari 2018 - 07:55 WIB

Prabowo-Jokowi Beda Flatform Tidak Dapat Disandingkan

Hasil lembaga survei yang melakukan survei dengan menyandingkan Prabowo Subianto sebagai pasangan Joko Widodo, Fadli Zon segera membantahnya.

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 21 Februari 2018 - 07:48 WIB

Partai Gerindra Segera Deklarasikan Prabowo Subianto Sebagai Capres 2019

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan Partai Gerindra pada saatnya akan mendeklarasikan ketua umumnya Prabowo Subianto sebagai calon presiden pada pemilu 2019.

Rizieq Shihab Imam Besar Front Pembela Islam (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 21 Februari 2018 - 07:42 WIB

Polda Metro Belum Terima Informasi Kepulangan Rizieq Shihab

Pihak Polda Metro Jaya mengonfirmasi belum menerima informasi resmi rencana kepulangan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Presiden Jokowi bersama masyarakat korban erupsi gunung Sinabung Karo (Foto Biro Pers Setpres)

Rabu, 21 Februari 2018 - 07:37 WIB

Harga Sayur dan Buah Naik Dampak Erupsi Gunung Sinabung

Erupsi Gunung Sinabung di Brastagi, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, diperkirakan akan berdampak pada kenaikan terdahap harga komoditi buah-buahan dan sayuran di sejumlah pasar tradisional…