Semen Indonesia Segera Sosialisasikan izin Amdal ke Publik

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 25 Februari 2017 - 09:42 WIB

Proyek Semen rembang (kompasiana)
Proyek Semen rembang (kompasiana)

INDUSTRY.co.id - Gresik, PT Semen Indonesia (persero) Tbk akan segera menyosialisasikan izin analisis dampak lingkungan (Amdal) kegiatan penambangan dan pembangunan pabrik Semen Indonesia di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah ke publik pasca terbitnya izin tersebut.

"Kami segera menindaklanjuti izin tersebut, termasuk di antaranya mensosialisasikan ke publik terkait dengan keluarnya izin lingkungan," kata Sekretaris Perusahaan PT Semen Indonesia (persero) Tbk, Agung Wiharto, Jumat (24/02/2017).

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo telah menerbitkan izin lingkungan untuk PT Semen Indonesia (Persero) Tbk di Kabupaten Rembang. Izin tersebut tercantum melalui Surat Keputusan Gubernur Jateng nomor 660.1/6 Tahun 2017.

Penerbitan izin lingkungan semen di Rembang merupakan tindak lanjut dari rekomendasi Komisi Penilai Amdal (KPA). Komisi tersebut terdiri dari para pakar, pemerintah, akademisi perguruan tinggi maupun masyarakat yang terdampak pabrik, baik yang pro maupun yang kontra.

Agung mengatakan, sebelum izin lingkungan keluar, manajemen Semen Indonesia sudah yakin izin tersebut bisa didapat. Pasalnya, semua prosedur sudah dilalui sesuai aturan. Kendati di tengah jalan ada sedikit masalah.

"Intinya kami sangat bersyukur dan terus berkonsolidasi ke dalam. Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo yang telah menerbitkan izin lingkungan," tuturnya.

Mengenai operasional pabrik Semen Rembang, Agung menjelaskan,  hal itu nantinya dikoordinasikan jajaran direksi.

"Pabrik semen di Rembang sebenarnya sudah ready. Tapi, karena ada permasalahan soal izin lingkungan, pabrik tersebut sempat berhenti aktivitasnya," pungkas Agung. (Hry/ bj)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:30 WIB

Indonesia Posisi Kedua Sebagai Negara Dengan Optimisme Tinggi Terapkan Industri 4.0

Berdasarkan hasil riset McKinsey, Indonesia menempati posisi kedua sebagai negara dengan optimisme tertinggi dalam menerapkan industri 4.0, yakni 78%.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Maret 2019 - 21:06 WIB

INDI 4.0 Jadi Acuan Kemenperin Ukur Kesiapan Industri Masuk Era Digitalisasi

Kementerian Perindustrian terus memacu kesiapan sektor manufaktur nasional dalam memasuki era industri 4.0 khususnya lima sektor yang telah menjadi prioritas berdasarkan peta jalan Making Indonesia…

Kemen Kominfo

Selasa, 19 Maret 2019 - 19:33 WIB

Kominfo Blokir 11.803 Konten Radikalisme dan Terorisme

Jakarta-Kementerian Komunikasi dan Informatika telah melakukan pemblokiran konten internet yang memuat radikalisme dan terorisme sebanyak 11.803 konten mulai dari tahun 2009 sampai tahun 2019.…

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:50 WIB

Lewat Program Santripreneur, Kemenperin Telah Bina Lebih dari 4 Ribu Santri Jadi Wirausaha

Kementerian Perindustrian hingga saat ini telah membina dan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan kepada 4.720 santri.

Direktur Utama PT Jababeka Morotai Basuri Tjahja

Selasa, 19 Maret 2019 - 16:48 WIB

Dirut PT Jababeka Morotai Cari Investor untuk Kembangkan Bandara Internasional KEK Morotai

Perhelatan Metal & Energy International Summit 2019 kembali digelar selama dua hari yang berlangsung 19 -20 Maret 2019, di Hotel JS Luwansa. Acara ini menghadirkan sekitar 100 delegasi negara…