Gelar Rakornas Pemulihan Pariwisata Pasca Tsunami, Menpar Beberkan Jurus Jitu Bangkitkan Pariwisata Banten dan Lampung

Oleh : Ridwan | Sabtu, 12 Januari 2019 - 11:22 WIB

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat memberikan sambutan pada acara Rakornas Pemulihan Sektor Pariwisata Selat Sunda Bangkit (Foto: Kemenpar)
Menteri Pariwisata Arief Yahya saat memberikan sambutan pada acara Rakornas Pemulihan Sektor Pariwisata Selat Sunda Bangkit (Foto: Kemenpar)

INDUSTRY.co.id - Banten, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) punya kiat tertentu untuk membangkitkan pariwisata Banten dan Lampung pasca tsunami Selat Sunda. Apa itu? 

Kemenpar menggelar 'Rapat Koordinasi Pemulihan Sektor Pariwisata Selat Sunda Bangkit' di Marbella Hotel, Anyer, Banten (11/1/2019) kemarin. 

Turut hadir dalsm Rakornas tersebut, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Gubernur Lampung M Ridho Ficardo, Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, serta stakeholder terkait pariwisata baik dari pihak Dinas Pariwisata sampai perwakilan hotel-hotel.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman mengatakan, dengan diadakannya Rakornas ini menunjukkan kontribusi bersama untuk memukihkan sektor pariwisata Banten dan Lampung pascatsunami Sekat Sunda. 

"Sinergi antar semua pihak sangatlah penting untuk mambangkitkan kembali sektor pariwisata Banten dan Lampung pascatsunami," kata Dadang. 

Wakil Gubernur Banten Andhika Hazrumy mengungkapkan, pihaknya tekah melakukan berbagai upaya untuk menumbuhkan kembali pariwisata Banten khususnya dari Carita hingga Tanjung Lesung. 

"Kami (Pemda Banten) akan membuat hunian sementara, kerja sama dengan BPNB dan Kementerian PUPR untuk membangun hunian tetap, serta serta rekonstruksi aksesibilitas meliputi perbaikan jalan dari Carita hingga Tanjung Lesung," terang Andhika. 

Sementara itu, Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menjelaskan bahwa wilayah yang paling terdampak tsunami di Lampung yaitu kawasan nelayan.

"Untuk mengatasi masalah ini, pemerintah provinsi memberikan bantuan berupa rumah, kapal, dan pendidikan untuk anak-anak korban tsunami," ujarnya.

Disisi lain, Menpar Arief Yahya mengatakan, pihaknya punya beberapa jurus untuk membangkitkan pariwisata Banten dan Lampung. Pertama adalah pemulihan SDM (Sumber Daya Manusia).

"Pemulihan SDM pariwisata untuk trauma healing sangat penting. Sedangkan rumah-rumah penduduk yang hancur, nanti kita bekerjasama dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) supaya ada keringanan cicilan dan bunga," kata Arief.

Pemulihan pemasaran pariwisata dan pemulihan destinasi pun harus diperhatikan. Soal pemulihan destinasi, Kementerian Parwisata akan menggandeng kementerian terkait seperti Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat) dan lainnya.

Pemulihan pemasaran pariwisata pun akan kembali digalakkan, dengan 23 event yang sedang disiapkan. Selain itu, Menpar juga berjanji akan terus datang ke Banten dan Lampung untuk meng-update kondisinya.

"Image dalam hal bencana alam sangatlah penting. Seperti dulu saat Gunung Agung Bali meletus, begitu sudah aman, Pak Presiden Jokowi langsung datang dan membuktikannya memang aman. Itu supaya, masyarakat sudah tahu akan keamanannya dan tidak lagi panik. Maka, nanti saya akan coba juga di sini," papar Arief.

Menpar AY menegaskan, Kementerian Pariwisata akan serius membantu membangkitkan pariwisata di Banten dan Lampung pasca tsunami. Dana Alokasi Khusus (DAK) pun disiapkan.

"Sekarang adalah kesempatan baik untuk melakukan tata ruang dengan benar dalam membangun kembali wilayah-wilayah yang terkena dampak tsunami. Wilayah yang tidak terdampak, jangan diutak-atik," ungkap menteri asal Banyuwangi tersebut. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Haris Munandar saat konferensi pers kinerja akhir tahun (Foto: Kemenperin)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:30 WIB

Empat Program Kerja Prioritas Kemenperin

Kementerian Perindustrian siap mengerjakan empat program kerja prioritas 2019 sebagai langkah strategis untuk membangun industri dan meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian agar lebih…

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:25 WIB

BMKG Prakirakan Hujan Petir di Jaksel dan Jakbar

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi hujan disertai petir di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel) dan Jakarta Barat (Jakbar) pada Rabu (16/1/2019) siang hingga…

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 08:00 WIB

UOB Memperbarui Perjanjian Strategis Bancassurance dengan Prudential

United Overseas Bank Limited (UOB) hari ini mengumumkan telah diperbaruinya perjanjian strategis bancassurance regional dengan Prudential Group untuk 15 tahun. Biaya sebesar SGD1,15 miliar akan…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:46 WIB

IHSG Bergerak Menguat Terbatas

Jakarta - Secara teknikal IHSG break out resistance dan upper bollinger bands sehingga terus bergerak menguat menguji FR261.8% dikisaran 6424. Indikator Stochastic bergerak terkonsolidasi pada…

Menkeu Sri Mulyani (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 16 Januari 2019 - 07:30 WIB

Rawan Penyelundupan, Penertiban Kawasan Batam Segera Dilakukan

Pemerintah meluncurkan Program Nasional Penertiban Kawasan Bebas Batam dan Pesisir Timur Sumatera, demi memastikan penegakan hukum di daerah yang rawan penyelundupan.