Menhub: MRT Capai Pengeboran Terakhir

Oleh : Herry Barus | Jumat, 24 Februari 2017 - 03:56 WIB

Pembangunan MRT
Pembangunan MRT

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan proyek "mass rapid transit" (MRT) Kamis ini mencapai pengeboran terakhir.

"Hari ini merupakan hari terakhir upaya melakukan pekerjaan pengeboran dari dua sisi dan empat bor," kata Budi usai meninjau terowongan proyek MRT mendampingi Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis (23/2/2017)

Keempat bor tersebut adalah Antareja 1, Antareja 2, Mustikabumi 1, dan Mustikabumi 2.

Ia menilai capaian tersebut akhirnya bisa diraih setelah menjadi hambatan selama belasan tahun dan tidak dapat dilakukan.

Budi berharap dengan adanya MRT ini masyarakat dapat menggunakan transportasi publik tersebut dengan baik.

"Masyarakat harus bisa mengapresiasi upaya yang begitu sulit dan mahal ini, harus dipelajari dan dimengerti sopan santun, kebiasaan seperti merokok, budaya antre dan disiplin," ucapnya.

Dengan bertemunya keempat bor menandakan pengerjaan MRT Jakarta struktur bawah tanah dari Sisingamangaraja hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI) telah selesai 80 persen.

Sementara itu, struktur layang sendiri dari Lebak Bulus ke Sisingamangaraja telah selesai hingga 50 persen.

"Secara garis besar, pengerjaan MRT Jakarta sampai saat ini adalah 65 persen," ujarnya.

Terdapat tiga fase pembangunan proyek MRT yaitu fase pertama jalur Lebak Bulus - Bundaran HI sepanjang 16 kilometer, fase kedua Bundaran HI - Ancol Timur sepanjang 13,5 kilometer yang akan dibangun pada 2019, dan fase ketiga Cikarang - Balaraja sepanjang 87 kilometer yang akan dibangun pada 2020.

MRT mulai dibangun pada 2013 dan membentang sepanjang kurang lebih 110 kilometer dari Utara - Selatan dan Barat - Timur.

Dengan kondisi terowongan yang sudah tersambung, untuk itu Presiden Joko Widodo meminta MRT dapat dioperasikan pada Maret 2019.

"Kita sudah bisa menyampaikan bahwa seluruh terowongan yang dibangun untuk MRT sudah sambung, hari ini sudah sambung," katanya.

Terowongan MRT yang tersambung yang dimaksud Presiden adalah terowongan baik dari arah Patung Pemuda ke Setiabudi, dan dari arah Bundaran HI ke Setiabudi.

Meskipun begitu, Presiden menegaskan pada saat Asian Games 2018 kondisi jalan raya di atas terowongan MRT harus sudah rapi dan bersih, sehingga dengan begitu tidak mengganggu penyelenggaraan Asian Games.

"MRT ini akan beroperasi kurang lebih pada Maret 2019, tetapi pada saat Asian Games 2018 di atas semuanya sudah jadi dan sudah bersih," tegas Presiden.

Presiden berharap jadwal proyek pembangunan ini dapat selesai tepat pada waktunya.

Terkait pembiayaan pembangunan infrastruktur di Indonesia saat ini, Presiden Joko Widodo mengatakan dapat berasal dari berbagai sumber.

"Pendanaan ini banyak sekali bisa dari APBN, bisa dari kombinasi APBN dan APBD seperti disini (pembangunan MRT), bisa juga dari PPP (kerja sama swasta pemerintah), dengan badan usaha bisa, bisa juga dari investasi," ujarnya.

Dengan kombinasi pendanaan ini diharapkan akan mempercepat progres pembangunan infrastruktur.

"Menurut saya masalah pembiayaan saya kira sampai saat ini belum ada keluhan,baik dari Kementerian maupun BUMN dan swasta," tuturnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

IFG Life

Jumat, 26 April 2024 - 13:29 WIB

Peduli dengan Gaya Hidup Sehat, IFG Life Hadirkan IFG Life Protection Platinum dan IFG LifeCHANCE

Fokus pada kebutuhan nasabah menjadi kunci bagi PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) dalam menghadirkan produk dan layanan yang komprehensif dan saling melengkapi. Gaya hidup tidak lepas dari aspek…

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…