Bahana Targetkan Penyaluran Dana Program Kemitraan Rp 100 Miliar

Oleh : Herry Barus | Rabu, 12 Desember 2018 - 14:13 WIB

Direktur Utama BAV Muhamad Siddik Heruwibowo (Foto Dok Bahana)
Direktur Utama BAV Muhamad Siddik Heruwibowo (Foto Dok Bahana)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Demi meningkatkan akses pelaku usaha menengah kecil dan mikro kepada pembiayaan, PT Bahana Artha Ventura (BAV) terus berupa memperluas jaringan kepada sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) untuk bisa mendapatkan dana program kemitraan bina lingkungan yang selanjutnya akan disalurkan kepada pelaku usaha.

Dalam 10 tahun terakhir, rata-rata dana program kemitraan yang salurkan BAV kepada sejumlah UKM mengalami kenaikan sekitar 44%, pada akhir tahun ini saja, diperkirakan penyaluran dana program kemitraan akan mencapai Rp 65 miliar, sehingga secara keseluruhan plafond dana PKBL yang telah disalurkan anak usaha Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) ini telah mencapai Rp 424 miliar selama periode 2008 – 2018.

Ini merupakan sebuah bukti capaian dan komitment BAV dalam pemberdayaan UKM. Pemerintah pun memberikan kepercayaan kepada BAV untuk mengelola dana UMi. Untuk Program Kemitraan tahun depan, BAV akan menggenjot penyaluran dana program tersebut sebesar Rp 100 miliar untuk semakin meningkatkan kualitas UKM yang memiliki prospek bisnis yang potensinya cukup besar. Keseriusan BAV mendororong UKM untuk naik kelas, tidak semata dengan memberikan bantuan permodalan saja, namun juga memberikan pendampingan bagi UKM yang dibiayai.

‘’Ada banyak UKM yang berpotensi di daerah, namun mereka tidak bankable. Inilah komitmen kami dalam membantu pemerintah dalam mendorong UKM untuk lebih memiliki daya saing . Dan memang ini yang menjadi target pasar kami,’’ papar Direktur Utama BAV Muhamad Siddik Heruwibowo.

Melalui bantuan permodalan yang diberikan dengan bunga rendah ini, kami ingin meningkatkan daya saing pelaku UKM yang menjadi nasabah kami dan kami pun akan membantu membuka penetrasi pasar bagi produk-produk yang mereka hasilkan,’’ tambah Siddik.

Dalam era indutri 4.0 yang berkembang sangat pesat saat ini dan telah menyentuh seluruh sektor, BAV akan membantu meningkatkan penetrasi pasar bagi produk UKM binaannya dengan sistem digital atau yang disebut Digital Mall, sehingga semua produk-produk yang ada, bisa dipasarkan ke seluruh Indonesia dan bahkan ke luar negeri. BAV juga telah menggandeng Bukalapak dan kedepan akan menjalin kerja sama dengan online shopping lainnya. 

Demi meningkatkan kemampuan mitra binaan dalam memasuki era digitalisasi, anak usaha BUMN ini memberikan workshop bagi sejumlah mitra binaan agar bisa mengakses internet dan memasarkan produknya melalui online shopping atau sosial media lainnya, serta memberikan sentuhan yang lebih menarik dalam mengemas produk saat akan difoto sebelum dipromosikan ke berbagai online shopping atau sosial media.

BAV telah menjalin kerja sama dengan sejumlah BUMN termasuk PT Angkasa Pura II, Perusahaan Pengelola Aset, Airnav Indonesia, Peruri, Indonesia Natour, Perum Perumnas, Waskita Karya, Pelindo 2, Indonesia Rei dan ASDP Indonesia Ferry, Jamsostek, LPEI, dan Sarana MultiGriya Finansial untuk menyalurkan dana program kemitraan melalui sekitar 27 Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) yang tersebar di seluruh Indonesia mulai dari Aceh hingga Papua.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…