2019 Tol Bocimi Beroperasi Hingga Sukabumi

Oleh : Herry Barus | Senin, 10 Desember 2018 - 05:25 WIB

Ilustrasi Jalan Tol (ist)
Ilustrasi Jalan Tol (ist)

INDUSTRY.co.id - Sukabumi- Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memperkirakan pada 2019 Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) sudah bisa beroperasi hingga Sukabumi.

"Belum lama ini Presiden RI Joko Widodo meresmikan Tol Bocimi sesi I yakni dari Ciawi hingga Cigombong, Kabupaten Bogor, dengan pangjang 15,35 km dan saat ini pembangunannya sudah mulai masuk sesi II yakni Cigombong-Cibadak, Kabupaten Sukabumi," kata Kepala Dishub Kabupaten Sukabumi Thendy Hendrayana di Sukabumi, Minggu (9/12/2018)

Untuk panjang jalan bebas hambatan sesi II ini sekitar 11,9 km. Menurutnya, dipercepatnya pembangunan jalan tol oleh pemerintah pusat tentunya akan membantu masyarakat Sukabumi yang ingin bepergian ke Bogor maupun Jakarta.

Bahkan, meskipun baru sesi I yang dioperasionalkan minimalnya sudah bisa mengurangi waktu tempuh menuju Ciawi yang biasanya dengan melalui jalur utama memakan waktu 1-2 jam sekarang hanya 15 menit saja.

Apalagi jika sesi II sudah dioperasionalkan tentunya akan lebih mempercepat lagi waktu tempuh dan bisa mengurai kemacetan yang sudah kronis saat ini.

Pihaknya pun terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat terkait megaproyek pembangunan sarana perhubungan darat itu.

Selain itu, Pemkab Sukabumi pun membantu dalam hal sosialisasi pembebasan lahan, agar warga yang lahan atau rumahnya terkena dampak pembangunan ini bisa dibebaskan dan tentunya dengan harga yang setimpal.

"Jalan tol merupakan mimpi warga Sukabumi sejak puluhan tahun lalu, bahkan pembangunannya pun sempat mangkrak dua kali sehingga setelah kini pemerintah pusat mengambil alih pembangunan akhirnya bisa terwujud," tambahnya.

Thendy mengatakan di Kabupaten Sukabumi saat ini tengah dilakukan pembangunan konektivitas perhubungan oleh pemerintah pusat selain Tol Bocimi ada juga jalur ganda kereta api jurusan Sukabumi-Bogor dan dalam waktu dekat pembangunan Bandara Sukabumi pun akan terwujud. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…