Investasi Cryptocurrency Makin Diminati, Bitocto Optimis Penggunanya Akan Meningkat

Oleh : Hariyanto | Rabu, 05 Desember 2018 - 07:17 WIB

Milken Jonathan, Founder dan CEO Bitocto Indonesia (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Milken Jonathan, Founder dan CEO Bitocto Indonesia (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Beberapa tahun terakhir, investasi cryptocurrency (mata uang kripto) jenis Bitcoin menjadi salah satu investasi yang paling diminati publik di dunia.

Sejak pertama kemunculannya, Bitcoin memiliki daya tarik tersendiri, memanfaatkan sistem server desentralisasi membuat investasi mata uang digital ini jauh lebih aman dibandingkan dengan sistem keamanan yang lazimnya dilakukan secara sentral.

Peredaran Bitcoin di seluruh dunia juga tercatat oleh algoritma blockchain sehingga memungkinkan pengguna untuk mengawasi dan melihat segala aktivitas transaksi secara transparan.

Penggunaan cryptocurrency yang booming dan dukungan teknologi yang mumpuni kini melahirkan tren 'Bitcoin Lifestyle'. Gaya hidup ini tidak hanya berkaitan dalam pengelolaan finansial, tetapi juga digunakan dalam menunjang kegiatan penggalangan dana, musik, memudahkan perjalanan dan lain-lain.

"Melalui cryptocurrency kini kegiatan penggalangan dana bisa dilakukan dengan mudah. Bitcoin merupakan sarana alternatif dari sistem finansial yang ada saat ini” ujar Milken Jonathan, Founder dan CEO Bitocto Indonesia saat ditemui INDUSTRY.co.id di Jakarta, Selasa (4/12/2018).

Milken menambahkan, dengan jumlah pengguna di Bitocto Indonesia saat ini yang tercatat hampir 15.000 ribu orang, Bitocto meyakini ke depan jumlah pengguna akan terus mengalami peningkatan. "Terlebih investasi ini memiliki potensi untuk membuat pengaturan finansial secara personal menjadi lebih mudah," tambah Milken.

Blockchain, menurut Milken, merupakan fondasi utama dibalik semua kegiatan transaksi yang menggunakan Bitcoin. Blockchain dapat menghapus peran perantara dengan menciptakan sebuah sistem yang aman dan rekaman transaksi yang bersifat permanen terhadap transaksi antara dua belah pihak.

"Bitcoin Lifestyle memang banyak digeluti oleh berbagai kalangan, dari publik figur, pengusaha, hingga pekerja lepas. Dengan serangkaian kemudahan yang ditawarkannya bukan tidak mungkin ke depan penggunaan uang kertas akan semakin menurun dan efisiensi uang digital menjadi pertimbangan banyak pihak untuk berpindah menggunakan mata uang jenis ini," katanya.

Investasi cryptocurrency, lanjutnya, juga membuka peluang ekonomi mikro bagi daerah-daerah terpencil. Mereka yang selama ini memiliki akses terbatas ke sektor perbankan dapat memanfaatkan cryptocurrency sebagai medium investasi yang hanya dapat diakses dengan koneksi internet.

"Meski tidak memiliki rekening bank mereka tetap dapat ikut terlibat dalam aktivitas ekonomi digital pada skala lokal dan global, mengingat penetrasi internet dan seluler tumbuh secara eksponensial," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Garuda Indonesia Vintage Flight Experience (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 19:00 WIB

Garuda Indonesia Mulai Operasikan Layanan Vintage Flight Experience

Maskapai nasional Garuda Indonesia resmi melayani penerbangan "Vintage" bertajuk "Garuda Indonesia Vintage Flight Experience" yang ditandai dengan pengoperasian penerbangan pertama vintage flight…

Industri daur ulang sampah plastik (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 18:25 WIB

Dinilai Mampu Sumbang Devisa, Danone Ajak Media Industri Kenali Sisi Positif dari Sampah Plastik

PT Danone Indonesia bekerjasama dengan Forum Wartawan Industri (Forwin) mengadakan Workshop Media dengan tema "Inovasi dan Kontribusi Industri Menerapkan Model Pengelolaan Sampah Plastik yang…

Menteri BUMN Rini Soemarno (Dok Humas BUMN)

Senin, 10 Desember 2018 - 18:00 WIB

Bangun TOD, Wujud Nyata Sinergi BUMN Bagi Penyediaan Hunian Layak Terjangkau

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini M. Soemarno terus memberikan dukungan bagi penyediaan hunian layak dan terjangkau bagi masyarakat kecil dan menengah. Dukungan diberikan dengan…

Peluncuran Realme U1 (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 17:53 WIB

Disiapkan Untuk Jadi Smartphone Selfie, Realme Hadirkan Realme U1 Dengan Kamera SelfiePro 25MP

Smartphone Realme secara resmi telah memperluas rangkaian produk mereka ke Asia Tenggara dengan meluncurkan jajaran smartphone baru yang mengintegrasikan kinerja yang cepat, kamera selfie yang…

Tanaman kopi (foto Industry.co.id)

Senin, 10 Desember 2018 - 17:26 WIB

Kabar Gembira, Indonesia Peringkat ke-4 Produsen Kopi Dunia

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan Indonesia saat ini berada di peringkat ke-4 produsen kopi dunia dengan jumlah produksi sebesar 600.000 ton atau sekitar 6,6 persen…