Menteri Rini Akui Kualitas Tol Indonesia Bisa Setara di Eropa

Oleh : Herry Barus | Selasa, 13 November 2018 - 16:45 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUN))

INDUSTRY.co.id - Salatiga- Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Sumarno mengatakan, kualitas jalan tol di Indonesia seperti jaringan Trans-Jawa dapat setara dengan sarana yang berada di Jerman dan negara lain di Eropa.

Rini mengungkapkan hal itu saat singgah di Jembatan Kali Kenteng, Salatiga, Jawa Tengah, Senin (12/11/2018)  setelah berkendara menggunakan mobil berjenis "Sport Utility Vehicle/SUV" dari Surabaya, Jawa Timur, melewati ruas tol Surabaya-Mojokerto kemudian Kertosono dan dilanjutkan Ngawi-Solo.

Dalam perjalanan yang baru mencapai setengah rute ekspedisi tembus tol Trans Jawa itu, Rini mengaku sempat disopiri oleh Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk Suprajarto.

"Pak Suprajarto bilang, 'sini saya sopirin'. Karena kalau ke Eropa, dia biasa menyetir sendiri. Terus dia bilang 'Bu ini bagus, tidak kalah kita sama otoban di Jerman'. Senang saya, karya BUMN sudah selevel dengan Eropa," ujar dia.

Di ruas tol Jembatan Kali Kenteng, Salatiga, Rini meminta pengerjaan dapat segera rampung dan dioperasikan pada akhir November 2018.

Menurutnya, Jembatan Kenteng yang sempat viral pada Lebaran 2018 akan diuji kekuatannya pada pertengahan November 2018 dan selanjutnya pada 30 November 2018 dapat dioperasikan.

"Pada 17 November 2018 ini akan tes kekuatan jalan ini, kemudian diberikan izin layak operasi. Akhir November 2018 bisa digunakan," ujar dia.

Jembatan Kali Kenteng, Salatiga, sempat menjadi pusat perhatian pada arus mudik Lebaran Juli 2018. Hal itu karenan di ruas Jembatan Kali Kenteng terdapat tanjakan dan turunan yang curam. Kesulitan medan itu membuat para pemudik harus ekstra hati-hati.

Jembatan Kali Kenteng ini akan menjadi bagian dari ruas tol Trans Jawa, yang memilki rute keseluruhan dari Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur.

Setelah meninjau Jembatan Kenteng, Rini akan meninjau Jembatan Kali Kuto Semarang, Jawa Tengah.

Turut serta dalam perjalanan itu, para Deputi Kementerian BUMN dan beberapa Direktur Utama (Dirut) BUMN, di antaranya seperti Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, dan Dirut Bank Rakyat Indonesia Suprajarto.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fasilitas panel surya di area atap gedung utama kantor PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban, sebagai implementasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai target dekarbonisasi.

Rabu, 01 Mei 2024 - 22:33 WIB

Melalui Operational Excellence, SIG Catatkan Laba Sebesar Rp472 Miliar pada Kuartal I Tahun 2024 di Tengah Kontraksi Permintaan Semen Domestik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasian pada kuartal I tahun 2024 dengan ringkasan sebagai berikut:

Titi Kamal hadir di pameran wisata Arab Saudi yang digelar di Mall Kota Kasablanka Jakarta tanggal 1-5 Mei 2024.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:48 WIB

Arab Saudi Gelar Pameran Wisata, Titi Kamal Beberkan Keseruannya

Sepanjang pameran 'Visit Saudi, Beyond Umrah', penawaran eksklusif dan terbatas diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa penerbitan visa ke Arab Saudi dalam waktu 24 jam.

Braveheart Center, Brawijaya Hospital Saharjo.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:10 WIB

Brawijaya Hospital Saharjo Hadirkan BraveHeart Center, Pusat Layanan Jantung, Pembuluh Darah dan Otak

Didukung oleh Tim medis yang berpengalaman serta fasilitas diagnostic yang lengkap, BraveHeart Center, Brawijaya Hospital Saharjo mampu menangani kasus–kasus kompleks pada jantung, pembuluh…

HINT Metaverse EDP, parfum berteknologi AI.

Rabu, 01 Mei 2024 - 20:55 WIB

HINT Metaverse EDP, Parfum Berteknologi AI Hadir di Shopee Dengan Berbagai Promo Eksklusif

Brand parfum HINT berkolaborasi dengan AI Technology, menghadirkan HINT Metaverse EDP dengan aroma fruity-floral yang futuristik dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih hidup.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya

Rabu, 01 Mei 2024 - 18:50 WIB

Kembali Digelar, Komodo Travel Mart Bakal Dongkrak Sektor Parekraf di Labuan Bajo

Komodo Travel Mart sebuah forum yang mempertemukan buyer dan seller di bidang pariwisata untuk destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo akan digelar pada 6 hingga 9 Juni 2024 di Labuan…