Maruf Amin: Kurangi Kesenjangan Ekonomi, Konglomerasi Harus Bermitra dengan UMKM

Oleh : Kormensius Barus | Jumat, 12 Oktober 2018 - 22:19 WIB

KH. Maruf Amin (kiri) bersama Febri Wibawa Parsa (Sekjen Akurindo)
KH. Maruf Amin (kiri) bersama Febri Wibawa Parsa (Sekjen Akurindo)

INDUSTRY.co.id -Nusa Dua – Penggagas Arus baru Ekonomi Indonesia KH. Ma’ruf Amin mengajak para pengusaha besar nasional (Konglomerasi) untuk bermitra dengan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) serta pelaku usaha pemula di Indonesia.

Kemitraan ini perlu terus dilakukan guna memperpendek jarak kesenjangan (distorsi) antara pelaku usaha yang kuat dan pelaku usaha yang lemah seperti UMKM dan pengusaha pemula (starup).

“Arus Ekonomi Baru yang kami gagas ini untuk menggantikan arus ekonomi lama yang hanya menciptakan konglomerasi. Ini bukan bertujuan melemahkan konglomerat tapi mendorong para konglomerasi ini untuk bermitra dengan para UMKM yang masih lemah ini supaya mereka menjadi kuat,”kata Ma’ruf Amin dalam acara Gala Dinner yang diadakan SIMAC dan AKURINDO di Nusa Dua, Bali, Kamis (11/10/20018) malam.

Menurut Ma’ruf Amin, kemitraan yang sedang dibangun yakni kemitraan antara para pengusaha besar dengan para usahawan muda di pesantren-pesantren di seluruh Indonesia atau Santri Milenial Center (SIMAC).

"Kehadiran SIMAC diharapkan mampu menciptakan keseimbangan ekonomi dan bisa mengurangi kesenjangan antara pusat dan daerah, antara pengusaha yang kuat dan yang lemah bahkan antara penduduk nasional dan penduduk global. Para pelaku ekonomi umat ini harus dimitrakan supaya menjadi kuat semuanya,”ujar Ma’ruf Amin yang juga menjadi Calon Wakil Presiden RI ini.

Amin memilih pesantren sebagai pusat penggerak Arus Ekonomi Baru Indonesia karena potensi kalangan santri terutama para santri milenial ini sangat besar untuk menjadi usahawan baru yang moderen.

“ Mereka selama ini belum tersentuh untuk menjadi wirausaha baik dibidang keuangan, budidaya pertanian dan perkebunan, budidaya kelautan, sektor rill dan sektor jasa. Apabila upaya kemitraan inin bisa kita wujudkan maka kita akan mencapai perubahan besar di sektor ekonomi,”ujar Ma’ruf Amin.

Selain mendorong kemitraan, lanjut Amin pihaknya mendukung upaya redistribusi aset nasional terutala tanah. Saat ini jumlah aset nenara atau tanah yang belum dibagikan oleh pemerintah mencapai 12,7 juta hektar.

Aset ini akan dibagikan kepada koperasi-koperasi dan pesantren-pesantren dimana santri milenial juga akan memperoleh kesempatan mengembangkan aset ini seperti melakukan penanaman komoditi dan dibeli oleh konglomerat yang menjadi mitra untuk diproduksi dalam negeri menjadi produk bernilai jual tinggi.

“Misalnya coklat di Sulawesi Selatan harganya Rp 1000. Diiekspor ke Singapura, diolah dan dijual kembali dengan harga Rp 20.000. Kalau diolah dalam negeri, mestinya nilai tambah sebesar Rp 19.000 itu bisa dinikmati oleh petani dan UMKM kita. Nah, yang seperti ini butuh kemitraan yang baik,”ungkap Amin.

Hal senanada juga disampaikan Nur Rahman, Ketua Umum SIMAC. Menurut Rahman, gerakan Arus Baru Ekonomi Indonesia dan keberadaan SIMAC akan menciptakan usahawan dengan skil tinggi di berbagai sektor ekonomi.

“Santri ini menjadi satu potensi nasional , sehinga perlu ditopang SDM-nya dan perlu ada pendidikan vokasi di pesantren. Mereka juga harus diberikan motivasi untuk mampu bersaing dengan global,”ujarnya.

Untuk itu, SIMAC dan Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia (AKURINDO) akan menjalin kemitraan dengan para pengusaha besar nasional serta instansi terkait lainnya untuk merealisasikan konsep Arus Baru Ekonomi Indonesia ini.

Menurut Nur Rahman, gagasan Arus Baru Ekonomi Indonesia tidak hanya wacana tapi merupakan kerja nyata yang akan langsung bisa dirasakan manfaatnya bagi anak-anak bangsa. Gus Iwan adalah singkatan dari Santri Bagus, Rupawan, Seneng Ngaji dan Wirausahawan.

“Gus Iwan ini merupakan sosok pemuda zaman now, pemuda millenial yang punya jiwa patriotisme dan kemandirian dalam usaha. Indonesia akan menuju era keemasan dan akan dimotori oleh anakanak muda yang terpanggil jiwa raganya demi bangsa Indonesia,”ujar Nur Rahman.

Selain melakukan pendidikan dan latihan di dalam negeri, SIMAC juga akan mengirim para santri usahawan untuk belajar dan mengikuti pelatihan di Australia. “Kami berharap setelah mereka kembali, akan menjadi usahawan yang mendiri dan sukses sehingga bisa berkontribusi terhadap ekonomi bangsa,” kata Nur Rahman.

Langkah nyata Implementasi Arus Baru Ekonomi Bagi Pelaku Usaha Rakyat Indonesia khususnya Petani, Nelayan dan UMKM dilakukan Parade Ekonomi Kerakyatan. SIMAC dan AKURINDO akan menyelenggarakan parade ini di 10 titik kegiatan di seluruh Indonesia.

Salah satunya Parade Ekonomi Kerakyatan ini adalah Pameran Pelaku Ekonomi Kerakyatan MSP Expo Amazing Bali 2018 pada tanggal 10 - 14 Oktober 2018 di Lapangan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Renon Denpasar, Bali.

Sekitar 300 lebih pelaku UMKM terbaik nasional terlibat pada pameran dengan tema “ AMAZING BALI” ini. Mereka akan memamerkan aneka produk dengan potensi ekspor dari Bali dan seluruh Indonesia, mulai dari kuliner, fashion serta kerajinan (craft).

Febri Wibawa Parsa, Sekretaris Jenderal (Sekjen) AKURINDO mengatakan pada acara parade ini selain diisi dengan kegiatan pameran juga sosialisasi terkait konsep Arus baru Ekonomi dan keberadaan Gus Iwan. Nantinya, Gus Iwan akan mengeluarkan kertu dengan tiga manfaat atau fungsi yakni sebagai kartu anggota (member), sistem pembayaran elektronik ( e-money) dan fungsi asuransi.

“Kami akan mempermudah para pemegang kartu Gus Iwan untuk asses modal, pemasaran dan promosi digital serta perlindungan usaha. Jadi nanti para santri usawan ini tak perlu risau akan gagal usaha karena usaha mereka akan dilindungi asuransi dari kemungkinan gagal usaha dan gagal bayar,”ujar Febri.

Terkait perlindungan usaha inin SIMAC dan AKURINDO akan bekerjasama dengan Asuransi Umum ASPAN. “Kita ingin agar gagasan Arus Baru Ekonomi Nasional yang digagas Pak Ma’ruf Amin ini menghasilkan para usahawan sejati dan kuat sehingga Indonesia menjadi lebih baik kedepannya,”tutur Febri.

SiMac atau Santri Millenial Centre adalah sebuah wadah perjuangan Santri didalam membangun Ekonomi Kerakyatan berbasis keuamatan. Wadah ini menargetkan Target jutaan Santri Usahawan di seluruh Indonesia. Sebagai komitmen Kyai Ma’ruf Amin dalam mencetak generasi tangguh yang Islami dengan menciptakan produk halal dan tidak ada riba.

Sementara Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia (AKURINDO) adalah asosiasi yang dibentuk dengan tujuan untuk menumbuhkembangkan UMKM dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan dengan berazaskan Pancasila.

Kegiatan AKURINDO adalah pemberdayaan anggota melalui pelatihan, pendampingan, akses modal, dan akses pasar. Setiap tahun, anggota Akurindo diikutsertakan dalam pameran yang diselenggarakan di Jakarta dan di daerah lain di Indonesia dengan tajuk MSP Expo.Selain itu, anggota AKURINDO juga diajak pameran di luar negeri. Tahun 2017, negara yang menjadi sasaran pameran adalah Rusia, Jepang, India, China dan Belgia. Kormen

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…