Perpanjangan Landasan Pacu Kertajati Selesai Akhir Tahun

Oleh : Herry Barus | Selasa, 02 Oktober 2018 - 15:00 WIB

Bandara Kertajati
Bandara Kertajati

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perpanjangan landasan pacu Bandara Kertajati di Jawa Barat, dari 2.500 meter menjadi 3.000 meter ditargetkan rampung akhir tahun ini.

"Kami tunggu secepatnya surat itu dan kontraktor sudah siap mengerjakan untuk tambah yang 500 meter. Ditargetkan selesai sebelum 31 Desember 2018 dalam tahun ini, supaya tidak terbawa ke 2019," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (1/10/218)

Awaluddin menjelaskan bahwa pembangunan sisi udara, terutama landasan pacu terhenti karena masih menunggu keputusan Gubernur Jawa Barat.

"Saya sudah menyurati gubernur pada saat itu Pak Aher (Ahmad Heryawan), waktu itu Mei 2018. Kemudian surati kembali pada waktu pelaksana jabatan Gubernur Jabar Pak Iriawan, itu Agustus 2018. Nah dua surat itu belum dijawab," katanya.

Saat ini, lanjut dia, dalam dua minggu akan keluar surat hak pakai lahan persetujuan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai dasar AP II mengerjakan lahan tersebut.

"Insya Allah bisa sesuai target karena ruang kerja masih longgar, pergerakan pesawat masih kecil, bisa kerja siang atau malam. Waktu tiga bulan sampai Desember mudah-mudahan tuntas dan tidak ada kendala kecuali ada masalah cuaca," katanya.

Dalam kesempatan sama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan perpanjangan landasan pacu bisa segera rampung agar segera bisa digunakan untuk penerbangan haji dan umroh.

"Karena jamaah umroh Jabar ini besar sekali tiap tahun menunjukkan ekonomi baik, salah satu indikator ekonomi baik ya kelas menengah banyak umroh. Nah ini pertama akan terbang di sana. Kemudian perpanjangan landasan menjadi.3.000 meter supaya bandaranya keren, pesawat-pesawat berbadan lebar Airbus bisa datang," katanya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga meminta agar perpanjangan landasan pacu Bandara Kertajati bisa segera dilakukan.

"Tapi yang pasti secara fisik bahwa kewajiban AP II untuk melakukan perpanjangan landasan pacu jadi 3.000 meter bisa dilaksanakan dalam waktu dekat dengan suatu cara penggunaan tanah tertentu. Saya pikir itu solusi yg baik dan bisa membuat Kertajati bisa digunakan dengan pesawat apapun termasuk Boeing 777 dan ini sebentar lagi akan ada umrah di sana," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…