Mensos Targetkan Februari 2019 Tuntaskan Transformasi Rastra

Oleh : Herry Barus | Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Mensos Agus Gumiwang (Foto Dok Industry.co.id)
Mensos Agus Gumiwang (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan pada awal Februari 2019 menuntaskan transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Target pemerintah pada awal Februari tahun depan bahwa transformasi dari rastra ke BPNT bisa rampung 100 persen," ujarnya usai membuka Rapat Kerja Teknis Transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera ke Bantuan Pangan Non Tunai Tahap III Bulan Oktober dan Tahap IV Bulan November di Wilayah III Tahun 2018 di Surabaya, Selasa (25/9/2018)

Pihaknya menegaskan saat ini mendorong semua unit, termasuk wilayah satu sampai tiga agar target yang diharapkan pada akhir tahun ini mencapai 60-70 persen.

Program BPNT merupakan pengganti bantuan pangan Rastra, yakni setiap keluarga mendapatkan bantuan Rp110.000 per bulan, kemudian uang yang disalurkan melalui rekening perbankan diperuntukkan untuk membeli bahan pangan seperti beras dan telur.

Menurut dia, program tersebut salah satu bentuk upaya Presiden Joko Widodo agar Rastra bisa berjalan lebih efektif sehingga tepat sasaran, tepat waktu, dan berkualitas.

"Karena itu Kemensos akan terus mendorong percepatan-percepatan transformasi dari rastra ke BPNT," kata mantan anggota DPR RI tersebut.

Di sisi lain, pihaknya saat ini sedang menggalakkan program pemberdayaan sosial dan ekonomi dalam rangka mempercepat pengentasan kemiskinan dengan mendorong terciptanya pengusaha di tingkat akar rumput untuk mengembangkan suatu jenis usaha.

Kemensos, kata dia, akan membantu permodalan dan teknis sehingga pendamping PKH atau relawan bantuan sosial akan dilengkapi pengetahuan menangani kewirausahaan dengan harapan bisa membantu penerima keluarga manfaat (PKM) bermandiri.

"Kami tak hanya memberi makanan atau umpan, tapi 'kail' juga harus dipikirkan sehingga PKM bisa didorong mandiri dan mendesain program dalam lingkup pemberian sosial dan pemberdayaan ekonomi," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Kemenperin)

Rabu, 20 Februari 2019 - 20:10 WIB

Insentif Super Deductible Tax Segera Dapat Dinikmati

Pemerintah segera merealisasikan skema pemberian insentif fiskal berupa keringanan pajak untuk industri yang berinvestasi untuk kegiatan vokasi serta kegiatan penelitian dan pengembangan (R&D).

Ilustrasi Ekspor (Ist)

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:45 WIB

Ekspor dan Investasi Manufaktur Terus Dikebut

Pemerintah sedang memprioritaskan peningkatan investasi dan ekspor guna memperbaiki struktur perekonomian nasional. Dua faktor tersebut, juga menjadi kunci untuk memacu daya saing Indonesia…

Sekjen Kemenperin Haris Munandar saat pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru di lingkungan Kementerian Perindustrian

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:15 WIB

Songsong Industri Keempat, Kemenperin Lantik Sejumlah ASN Milenial

Kementerian Perindustrian fokus membangun Sumber Daya Manusia (SDM) untuk menyongsong era revolusi industri 4.0, termasuk menyiapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) generasi milenial yang kompeten…

PT Elnusa Tbk (Elnusa), (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:00 WIB

Tahun Buku 2018, Elnusa Pecahkan Rekor Pendapatan Usaha

PT Elnusa Tbk (Elnusa), perusahaan terkemuka penyedia jasa energi, menutup tahun buku 2018 dengan kinerja yang menggembirakan. Elnusa berhasil mendongkrak kinerja dengan membukukan pendapatan…

Pelabuhan Tanjungbalai Asahan Sumut (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 20 Februari 2019 - 18:00 WIB

Pelindo 1 Rampungkan Modernisasi Pelabuhan Tanjung Balai Asahan

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 terus berupaya meningkatkan kinerja dan pelayanan jasa kepelabuhanan dengan melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan, salah satunya dengan…