Mensos Targetkan Februari 2019 Tuntaskan Transformasi Rastra

Oleh : Herry Barus | Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Mensos Agus Gumiwang (Foto Dok Industry.co.id)
Mensos Agus Gumiwang (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan pada awal Februari 2019 menuntaskan transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Target pemerintah pada awal Februari tahun depan bahwa transformasi dari rastra ke BPNT bisa rampung 100 persen," ujarnya usai membuka Rapat Kerja Teknis Transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera ke Bantuan Pangan Non Tunai Tahap III Bulan Oktober dan Tahap IV Bulan November di Wilayah III Tahun 2018 di Surabaya, Selasa (25/9/2018)

Pihaknya menegaskan saat ini mendorong semua unit, termasuk wilayah satu sampai tiga agar target yang diharapkan pada akhir tahun ini mencapai 60-70 persen.

Program BPNT merupakan pengganti bantuan pangan Rastra, yakni setiap keluarga mendapatkan bantuan Rp110.000 per bulan, kemudian uang yang disalurkan melalui rekening perbankan diperuntukkan untuk membeli bahan pangan seperti beras dan telur.

Menurut dia, program tersebut salah satu bentuk upaya Presiden Joko Widodo agar Rastra bisa berjalan lebih efektif sehingga tepat sasaran, tepat waktu, dan berkualitas.

"Karena itu Kemensos akan terus mendorong percepatan-percepatan transformasi dari rastra ke BPNT," kata mantan anggota DPR RI tersebut.

Di sisi lain, pihaknya saat ini sedang menggalakkan program pemberdayaan sosial dan ekonomi dalam rangka mempercepat pengentasan kemiskinan dengan mendorong terciptanya pengusaha di tingkat akar rumput untuk mengembangkan suatu jenis usaha.

Kemensos, kata dia, akan membantu permodalan dan teknis sehingga pendamping PKH atau relawan bantuan sosial akan dilengkapi pengetahuan menangani kewirausahaan dengan harapan bisa membantu penerima keluarga manfaat (PKM) bermandiri.

"Kami tak hanya memberi makanan atau umpan, tapi 'kail' juga harus dipikirkan sehingga PKM bisa didorong mandiri dan mendesain program dalam lingkup pemberian sosial dan pemberdayaan ekonomi," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Judi Achmadi

Senin, 22 Oktober 2018 - 18:46 WIB

Telkom Dukung Implementasi Uang Elektronik BKE Pay Melalui T-Money

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Sebagai wujud nyata dukungan terhadap implementasi uang elektronik di Indonesia, PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) menandatangani Perjanjian…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat interior All New Ertiga sebelummelepas ekspor perdanake ke 22 negara tujuan ekspor di Pabrik Suzuki Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (Foto: Kemeneprin)

Senin, 22 Oktober 2018 - 17:45 WIB

Lepas Ekspor All New Ertiga dan Nex II, Menperin Acungi Jempol Capaian Gemilang Suzuki

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasinya kepada PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang ikut berkontribusi dalam pengembangan industri otomotif di Indonesia.

Bekraf Ajak Talenta Kreatif Indonesia Siapkan Diri Ikuti SXSW 2019

Senin, 22 Oktober 2018 - 14:38 WIB

Bekraf Sebut Hanya 10 Persen Startup yang Mampu Bertahan

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menyebutkan meski di Indonesia banyak bermunculan perusahaan rintisan (startup), namun diprediksi tak akan banyak yang mampu bertahan.

Kawasan Industri Pulogadung

Senin, 22 Oktober 2018 - 14:26 WIB

2019, PT JIEP Ajukan Masterplan RDTR Kembangkan Zona Halal

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) selaku pengelola kawasan industri Pulogadung memastikan akan bertransformasi menjadi sebuah kawasan industri halal Pulogadung

Carrefour Lebak Bulus mengubah konsep ritelnya untuk jaring generasi milenial dengan menawarkan konsep gerai Carrefour Hybrid

Senin, 22 Oktober 2018 - 14:11 WIB

Carrefour Ubah Konsep Ritelnya Jaring Generasi Milenial

PT Trans Ritel Indonesia selaku pengelola ritel Carrefour Lebak Bulus menyadari betul gelombang disrupsi dan e-commerce. Sebab itu, pihaknya memulai berbenah diri dengan menawarkan konsep Hybrid…