Mensos Targetkan Februari 2019 Tuntaskan Transformasi Rastra

Oleh : Herry Barus | Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Mensos Agus Gumiwang (Foto Dok Industry.co.id)
Mensos Agus Gumiwang (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan pada awal Februari 2019 menuntaskan transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Target pemerintah pada awal Februari tahun depan bahwa transformasi dari rastra ke BPNT bisa rampung 100 persen," ujarnya usai membuka Rapat Kerja Teknis Transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera ke Bantuan Pangan Non Tunai Tahap III Bulan Oktober dan Tahap IV Bulan November di Wilayah III Tahun 2018 di Surabaya, Selasa (25/9/2018)

Pihaknya menegaskan saat ini mendorong semua unit, termasuk wilayah satu sampai tiga agar target yang diharapkan pada akhir tahun ini mencapai 60-70 persen.

Program BPNT merupakan pengganti bantuan pangan Rastra, yakni setiap keluarga mendapatkan bantuan Rp110.000 per bulan, kemudian uang yang disalurkan melalui rekening perbankan diperuntukkan untuk membeli bahan pangan seperti beras dan telur.

Menurut dia, program tersebut salah satu bentuk upaya Presiden Joko Widodo agar Rastra bisa berjalan lebih efektif sehingga tepat sasaran, tepat waktu, dan berkualitas.

"Karena itu Kemensos akan terus mendorong percepatan-percepatan transformasi dari rastra ke BPNT," kata mantan anggota DPR RI tersebut.

Di sisi lain, pihaknya saat ini sedang menggalakkan program pemberdayaan sosial dan ekonomi dalam rangka mempercepat pengentasan kemiskinan dengan mendorong terciptanya pengusaha di tingkat akar rumput untuk mengembangkan suatu jenis usaha.

Kemensos, kata dia, akan membantu permodalan dan teknis sehingga pendamping PKH atau relawan bantuan sosial akan dilengkapi pengetahuan menangani kewirausahaan dengan harapan bisa membantu penerima keluarga manfaat (PKM) bermandiri.

"Kami tak hanya memberi makanan atau umpan, tapi 'kail' juga harus dipikirkan sehingga PKM bisa didorong mandiri dan mendesain program dalam lingkup pemberian sosial dan pemberdayaan ekonomi," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Talk Show bertajuk Mempererat Ikatan Ibu dan Anak dengan MetodeRead-Aloud yang diselenggarakan Lotte Choco Pie (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 19:30 WIB

Sambut Hari Ibu, Lotte Choco Pie Ajak Para Ibu Tingkatkan Kualitas Mendidik Sang Buah Hati

Menyambut Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2018, Lotte Choco Pie mengajak para ibu Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas dalam hal mendidik sang buah hati.

PT. Indodev Niaga Internet meresmikan GreatDay HR sebagai brand baru untuk solusi HR mobile SunFish Go.

Rabu, 12 Desember 2018 - 19:05 WIB

GreatDay, Aplikasi Digital Manajemen Sumber Daya Manusia

PT. Indodev Niaga Internet meresmikan GreatDay HR sebagai brand baru untuk solusi HR mobile SunFish Go. Dengan perubahan brand ini, telah didirikan PT. People Intelligence Indonesia ("P11"),…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menyampaikan sambutan pada acara Penganugerahan Industri Hijau (Foto: Kemenperin)

Rabu, 12 Desember 2018 - 18:10 WIB

143 Perusahaan Raih Penghargaan Industri Hijau dari Kemenperin

Menperin Airlangga Hartarto menyerahkan Penghargaan Industri Hijau Tahun 2018 kepada 143 perusahaan yang terdiri dari 87 perusahaan mendapat level 5 dan 56 perusahaan dengan level 4.

Menteri Airlangga resmikan Real CoId-Pressed Facility PT Sewu Segar Primatama (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 12 Desember 2018 - 17:13 WIB

Menperin: Target Roadmap 4.0 di Sektor Mamin Adalah Indonesia Jadi Pemain Utama Industri Mamin Dunia

Kementerian Perindustrian berkomitmen untuk membangun industri manufaktur yang berdaya saing global melalui percepatan implementasi Industri 4.0.

Kementerian PUPR Terima Medali Emas Simpul Jaringan Geospasial dari Badan Informasi Geospasial

Rabu, 12 Desember 2018 - 16:37 WIB

Kementerian PUPR Terima Medali Emas Simpul Jaringan Geospasial dari Badan Informasi Geospasial

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima penghargaan Bhumandala Kanaka Tahun 2018 atau Medali Emas untuk Kategori Simpul Jaringan Geospasial Terbaik Tingkat Kementerian/Lembaga…