Wisman Tiongkok Dominasi Kedatangan Bandara Ngurah Rai Bali

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Agustus 2018 - 22:00 WIB

Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)
Wisman Tiongkok (Foto Banten.co)

INDUSTRY.co.id - Denpasar- PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat wisman asal Tiongkok mendominasi kedatangan penumpang mancanegara di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, yakni mencapai 23,6 persen dari total keseluruhan sebanyak 3,52 juta selama periode Januari-Juli 2018.

"Setelah Tiongkok, disusul Australia dan India masing-masing sebesar 18,8 persen dan 6,3 persen," kata General Manager Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Yanus Suprayogi di Denpasar, Senin (20/8/2018) .

Tingginya wisatawan dari negeri dengan ikon panda itu di Bali seiring dengan makin banyaknya rute penerbangan langsung yang dilayani dari sejumlah kota di Tiongkok ke Bali.

Yanus menjelaskan total perolehan wisatawan mancanegara selama tujuh bulan tahun ini melonjak dibandingkan periode sama tahun sebelumnya mencapai 7,32 persen. Sedangkan untuk Juli tahun ini, lanjut dia, total kedatangan wisatawan mancanegara yang dilayani mencapai 635.578 wisman, naik sebesar 13,4 persen dibandingkan Juli tahun 2017.

Wisatawan dari China juga mendominasi kedatangan selama Juli 2018 mencapai 150 ribu orang.

Dalam Catatan Antara wisatawan dari Prancis, menjadi negara dengan penumpang paling tinggi pertumbuhannya tahun ini mencapai 28.432, atau melonjak 65,8 persen dibanding dengan periode pencatatan yang sama tahun lalu.

Jumlah wisman yang meningkat tersebut diperoleh saat bersamaan dengan proyek pengembangan bandara menjelang pelaksanaan pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia, Oktober 2018.

Artinya meski ada proyek pengembangan bandara, namun tidak mengganggu arus kedatangan wisatawan mancanegara ke Pulau Dewata. Saat ini kontraktor dari BUMN tengah mengebut pengerjaan proyek bandara di antaranya untuk pengerjaan apron timur, barat hingga terminal VVIP.

Pengerjaan proyek itu untuk mengakomodasi tingginya jumlah delegasu pertemuan IMF dan Bank Dunia yang diperkirakan mencapai sekitar 15 ribu orang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pemilik Blue Fish Hotel, Sam Halim

Rabu, 26 September 2018 - 15:49 WIB

Jajal Track, Pemilik Blue Fish Hotel Kepincut dengan Rute Rhino MTB XCM di Tanjung Lesung

Rhino MTB XCM merupakan sport tourism event yang dilaksanakan bersamaan dengan Rhino X-Tri yang merupakan agenda utama dalam perhelatan akbar Festival Pesona Tanjung Lesung yang akan dilaksanakan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih seusai acara Pameran KriyaNusa (Foto: Dok. Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 15:45 WIB

Punya Pasar Potensial di Luar Negeri, Menperin Pacu Ekspor Industri Kerajinan

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mendorong ekspor produk kerajinan dan memfasilitasi industri kecil dan menengah yang bergeram di sektor itu untuk melakukan promosi…

Mensos Agus Gumiwang (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Mensos Targetkan Februari 2019 Tuntaskan Transformasi Rastra

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan pada awal Februari 2019 menuntaskan transformasi Bantuan Sosial Beras Sejahtera (Rastra) ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring saat memberikan sambutan pada acara Rakornas Pariwisata III 2018 Kementerian Pariwisata, di Jakarta, Rabu (26/9)

Rabu, 26 September 2018 - 15:30 WIB

Pembentukan KEK Pariwisata Dorong Peningkatan UMKM Lokal

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring menegaskan bahwa pihaknya sangat mendukung program Kementerian Pariwisata dalam membangun Kawasan Ekononi Khusus (KEK) Pariwisata di…

Direktur Utama PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), M. Kuncoro Wibowo (kanan), memberikan plakat kepada Kepala Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Toto Pranoto

Rabu, 26 September 2018 - 15:15 WIB

BGR Tandatangani Kerjasama dengan Lembaga Management FEB Universitas Indonesia

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero), Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik dan Lembaga Management Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LMFEB UI) menandatangani nota…