Jelang Idul Adha, Permintaan Hewan Kurban Mulai Meningkat

Oleh : Herry Barus | Senin, 20 Agustus 2018 - 11:25 WIB

Ilustrasi Sapi
Ilustrasi Sapi

INDUSTRY.co.id - Kupang-Permintaan hewan kurban di Kota Kupang, baik sapi maupun kambing mengalami peningkatan menjelang perayaan Idul Adha 1439 hijriah di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur.
 

Rahim Jamil, salah seorang penjual hewan kurban di Kelurahan Lai-Lai Besi Kopan (LLBK) Kota Lama Kupang ketika ditemui Antara Senin (20/8/2018)  mengatakan sudah lebih dari 50 ekor kambing kurban telah terjual menjelang hari raya Idul Adha yang jatuh pada 22 Agustus 2018.

"Sudah lebih dari 50 ekor kambing yang terjual. Pada hari Minggu (19/8) saja, sudah tercatat sekitar 40 ekor kambing yang telah terjual," kata Rahim.

Menurut dia, satu ekor kambing dijual dengan harga Rp1 juta hingga Rp1,2 juta/ekor, sedang sapi dijual dengan harga pada kisaran antara Rp8,5 juta hingga Rp13 juta/ekor.

Rahim mengatakan, pesanan hewan kurban pada umumnya datang dari berbagai masjid serta lembaga pemerintahan dan jamaah yang ada di Kota Kupang.

Menurut dia, permintaan hewan kurban mulai meningkat di ibu kota provinsi berbasis kepulauan ini menjelang hari raya Idul Adha 1439 H yang akan berlangsung pada 22 Agustus 2018.

Ia mengatakan, permintaan hewan kurban seperti kambing sangat tinggi jika dibandingkan dengan sapi.

"Permintaan hewan kurban yang paling banyak adalah kambing mungkin karena harganya bisa terjangkau, sedang sapi masih tergolong sedikit," ujar Ramli.

Ia mengatakan, semua hewan kurban yang dijualnya didatangkan dari berbagai pelosok Kabupaten Kupang serta beberapa daerah di Pulau Timor.

Rahim mengaku, sebelum dijual kepada konsumen di pasaran, setiap hewah wajib menjalani pemerinksaan kesehatan di dokter hewan untuk mengetahui ada tidaknya penyakit pada hewan tersebut.

"Saya optimistis bahwa semua hewan yang dijual disini pada umumnya sehat-sehat, karena sudah lebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan," kata Rahim.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan