Pentingnya Pemberdayaan Ekonomi untuk Tekan Kemiskinan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 Juli 2018 - 10:08 WIB

Bambang Brodjonegoro. (Foto: IST)
Bambang Brodjonegoro. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menekankan pentingnya pemberdayaan ekonomi guna menekan tingkat kemiskinan di kawasan timur Indonesia.

"Indonesia timur harus dilakukan pemberdayaan ekonomi yang serius. Bantuan sosial hanya awalnya, yang membuat kemiskinan menurun adalah adanya pemberdayaan ekonomi," kata Bambang dalam temu media di Jakarta, Kamis (19/7/2018)

Mantan Menteri Keuangan itu menjelaskan penguatan ekonomi daerah tersebut ditujukan untuk menyediakan lapangan kerja sekaligus kesempatan berusaha.

Bambang mengatakan pula bahwa penguatan data merupakan kunci untuk membuat bantuan sosial menjadi lebih tepat sasaran di kawasan timur Indonesia.

Selain pendataan, infrastruktur yang menyangkut konektivitas juga perlu menjadi perhatian mengingat kondisi geografis di kawasan timur menyebabkan bantuan pemerintah sulit menjangkau masyarakat di pedalaman.

Bambang juga menyoroti tugas pemerintah daerah yang seharusnya mempunyai andil besar mengurangi kemiskinan melalui pengatruan penggunaan anggaran yang selama ini masih belum tepat sasaran.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat persentase jumlah penduduk miskin di kawasan timur Indonesia pada Maret 2018 masih lebih dominan dibandingkan di kawasan barat.

Berdasarkan persentase, jumlah penduduk miskin terbesar berada di Maluku dan Papua mencapai 21,20 persen, Bali, disusul Nusa Tenggara 14,02 persen, dan Sulawesi 10,64 persen.

Meski demikian, dari sisi jumlah, sebagian besar penduduk miskin masih berada di Jawa yaitu 13,34 juta orang, kemudian Sumatera 5,97 juta orang, dan Sulawesi 2,06 juta orang.

Kepala BPS Suhariyanto mengharapkan berbagai pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan pemerintah di kawasan timur Indonesia bisa makin menekan jumlah penduduk miskin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…