Pelabuhan Kuala Tanjung Sumut Segera Dioperasikan

Oleh : Herry Barus | Senin, 16 Juli 2018 - 09:39 WIB

Proyek pembangunan dermaga Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara ( Dok INDUSTRY.co.id)
Proyek pembangunan dermaga Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara ( Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Medan- PT Pelabuhan Indonesia 1 segera mengoperasikan Pelabuhan Kuala Tanjung yang hampir selesai dibangun di Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatera Utara.

"Rencananya, akhir Juli atau awal Agustus ini," kata Sekretaris Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia 1 M Eriansyah di Medan, Minggu (15/7/2018)

Menurut Eriansyah, pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung tahap pertama itu terdiri dari sisi laut atau dermaga dan sisi darat yang menjadi lokasi peti kemas dan perkantoran.

Untuk sisi lalut, pembangunannya telah tuntas 100 persen. Sedangkan untuk sisi darat, pembangunannya juga hampir tuntas dan tinggal penyelesaiannya.

Untuk bagian dermaga, Pelabuhan Kuala Tanjung memiliki tempat kapal kontainer (container vessel berth) dengan panjang 500 meter dan lebar 60 meter.

Untuk memudahkan bongkar muat dari kapal yang berukuran besar, di Pelabuhan Kuala Tanjung akan dioperasikan crane yang memiliki jangkauan (out reach) hingga 48 meter.

Kemudian, untuk mendukung kelancaran energi dalam operasional bongkar muat, di Pelabuhan Kuala Tanjung disiapkan gardu induk (power house jetty).

Sedangkan untuk memperlancar pendistribusian peti kemas dari kapal ke penimbunan atau sebaliknya, disiapkan empat jalur truk (trestle lane truck).

Dengan berbagai infrastruktur yang ada, Pelabuhan Kuala Tanjung dapat melayani bongkar muat peti kemas hingga 600 ribu Teus per tahun.

Sementara itu, Commersial Manager Project Pelabuhan Kuala Tanjung Kurnia P Nasution menjelaskan, setelah menyelesaikan pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung, akan dilanjutkan dengan pengembangan untuk menyiapkan sejumlah sarana dan prasaran Ia mencontohkan pembangunan kawasan industri di sekitar Pelabuhan Kuala Tanjung yang konsepnya tidak akan mematikan pelabuhan lain yang ada di sekitarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

B Ramanathan (Ram)

Kamis, 13 Desember 2018 - 22:15 WIB

B Ramanathan Resmi Jadi Chief Executive Ogilvy di Indonesia

Ogilvy mengumumkan penunjukan B Ramanathan (Ram) sebagai Chief Executive di Indonesia, Ram memiliki posisi ganda yang sebelumnya sebagai CEO dari Bates CHI & Partners Indonesia.

Botany Restaurant Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Kamis, 13 Desember 2018 - 21:20 WIB

Menanti Moment Pertama di 2019 Bertema Viva Las Vegas di Holiday Inn Jakarta Kemayoran

Holiday Inn Jakarta Kemayoran menghadirkan keseruan suasana bersantap dihangatnya malam Natal dengan jajaran menu makan malam tradisional.

Artis sekaligus calon anggota legislatif DPR RI dari Fraksi PAN, Mandala Abadi mengajukan eksepsi atau nota pembelaan atas dakwaan dugaan pelanggaran kampanye ke PN Jakpus, Rabu (12/12/2018)

Kamis, 13 Desember 2018 - 20:41 WIB

Didakwa Langgar UU Kampanye, Ini Penjelasan Mandala di Persidangan

Calon anggota legislatif DPR RI, Mandala Abadi Shoji menjalani pemeriksaan hari kedua di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dalam perkara dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan bersama rekan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Dok. Kemenperin)

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:30 WIB

Punya Potensi Ekonomi Capai USD 150 Miliar, Menperin Minta Pelaku IKM Manfaatkan Industri Digital

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan industri digital memiliki potensi ekonomi sebesar USD 150 miliar, jika potensi ini bisa dimanfaatkan sscara maksimal oleh pelaku ekonomi.

Serah Terima lebih dari 200 Unit Truk Mercedes-Benz Axor 4928 T Kepada PT Siba Surya

Kamis, 13 Desember 2018 - 19:10 WIB

DCVI Serahkan Lebih dari 200 Truk Mercedes-Benz Axor 4928 T kepada PT Siba Surya

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) selaku agen tunggal penjualan resmi kendaraan niaga Mercedes-Benz di Indonesia, bersama PT Kedaung Satya Motor sebagai dealer resmi Mercedes-Benz,…