Lewat PUPS, Mahkota Group Raih Modal Tambahan Rp158,33 Miliar

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 12 Juli 2018 - 09:50 WIB

PT Mahkota Group Tbk (Foto Abe)
PT Mahkota Group Tbk (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Mahkota Group Tbk (MGRO), emiten yang berbisnis di sektor industri kelapa sawit dan berkedudukan di Medan, Sumatera Utara, mencatatkan dan memperdagangkan saham untuk pertama kalinya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (12/07/2018).

Sebelumnya, perseroan menawarkan 703,688 juta unit saham baru kepada publik seharga Rp225 per unit melalui mekanisme Penawaran Umum Perdana Saham (PUPS) pada 3-9 Juli 2018.

Total saham yang ditawarkan kepada investor publik tersebut mencapai 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah PUPS. Dalam PUPS itu, pemesanan saham perseroan mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak dua kali dari total saham yang ditawarkan.

“Melalui PUPS itu, perseroan meraih dana Rp158,33 miliar. Sekitar 60% dari total dana hasil PUPS itu akan digunakan untuk membiayai pengembangan industri hilir perseroan dan sisanya sebesar 40% untuk modal kerja anak usaha, yaitu PT Mutiara Unggul Lestari (MUL), PT Berlian Inti Mekar (BIM) dan PT Intan Sejati Andalan (ISA),” papar Usli Sarsi, Direktur Utama MGRO, di Gedung BEI Jakarta, Kamis (12/07/2018).

Usli menjelaskan, pengembangan industri hilir perseroan dilakukan melalui investasi ke kedua anak usaha perseroan, yakni MUL dan ISA. Oleh kedua anak usaha tersebut, dana investasi itu akan digunakan untuk membangun pabrik refinery dan kernel crushing plant di Dumai, tepatnya di Desa Bathin Sobanga, Kabupaten Bengkalis, provinsi Riau.

Pada pelaksanaan PUPS ini, manajemen perseroan menunjuk PT Panin Sekuritas dan PT Jasa Utama Capital Sekuritas selaku penjamin emisi efek (underwriter).

Adapun susunan Dewan Komisaris dan Direksi perseroan adalah sebagai berikut:

DEWAN KOMISARIS
Komisari Utama                  : Mily
Komisaris                               : Lily
Komisaris Independen            : Harry Kurniawan

DIREKSI
Direktur Utama                  : Usli Sarsi
Direktur                                : Fuad Halimoenr
Direktur                                : Usman Sarsi
Direktur Independen                     : Nagian Tono

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

Dian Sastro dan Mikha Tambayong dalam jumpa pers Torch Relay Asian Games 2018. (Foto: Detik.com)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:30 WIB

Ini Deretan Seleb yang Jadi Pembawa Obor Torch Relay Asian Games 2018

Pagelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga se-Asia ini diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Ini menjadi momentum berharga…