Lewat PUPS, Mahkota Group Raih Modal Tambahan Rp158,33 Miliar

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 12 Juli 2018 - 09:50 WIB

PT Mahkota Group Tbk (Foto Abe)
PT Mahkota Group Tbk (Foto Abe)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Mahkota Group Tbk (MGRO), emiten yang berbisnis di sektor industri kelapa sawit dan berkedudukan di Medan, Sumatera Utara, mencatatkan dan memperdagangkan saham untuk pertama kalinya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (12/07/2018).

Sebelumnya, perseroan menawarkan 703,688 juta unit saham baru kepada publik seharga Rp225 per unit melalui mekanisme Penawaran Umum Perdana Saham (PUPS) pada 3-9 Juli 2018.

Total saham yang ditawarkan kepada investor publik tersebut mencapai 20% dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah PUPS. Dalam PUPS itu, pemesanan saham perseroan mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) sebanyak dua kali dari total saham yang ditawarkan.

“Melalui PUPS itu, perseroan meraih dana Rp158,33 miliar. Sekitar 60% dari total dana hasil PUPS itu akan digunakan untuk membiayai pengembangan industri hilir perseroan dan sisanya sebesar 40% untuk modal kerja anak usaha, yaitu PT Mutiara Unggul Lestari (MUL), PT Berlian Inti Mekar (BIM) dan PT Intan Sejati Andalan (ISA),” papar Usli Sarsi, Direktur Utama MGRO, di Gedung BEI Jakarta, Kamis (12/07/2018).

Usli menjelaskan, pengembangan industri hilir perseroan dilakukan melalui investasi ke kedua anak usaha perseroan, yakni MUL dan ISA. Oleh kedua anak usaha tersebut, dana investasi itu akan digunakan untuk membangun pabrik refinery dan kernel crushing plant di Dumai, tepatnya di Desa Bathin Sobanga, Kabupaten Bengkalis, provinsi Riau.

Pada pelaksanaan PUPS ini, manajemen perseroan menunjuk PT Panin Sekuritas dan PT Jasa Utama Capital Sekuritas selaku penjamin emisi efek (underwriter).

Adapun susunan Dewan Komisaris dan Direksi perseroan adalah sebagai berikut:

DEWAN KOMISARIS
Komisari Utama                  : Mily
Komisaris                               : Lily
Komisaris Independen            : Harry Kurniawan

DIREKSI
Direktur Utama                  : Usli Sarsi
Direktur                                : Fuad Halimoenr
Direktur                                : Usman Sarsi
Direktur Independen                     : Nagian Tono

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:35 WIB

Lewat INDI 4.0, Kemenperin Pantau Kesiapan Perusahaan Manufaktur Menuju Industri Keempat

Kementerian Perindustrian gencar melakukan sosialiasi kepada para pelaku industri manufaktur di Indonesia mengenai indikator penilaian penerapan teknologi industri 4.0atau Indonesia Industry…

Vivo V15

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:38 WIB

Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Vivo V15

Vivo mulai memperkenalkan V15 sebagai V-Series terbaru dengantaglineGo Up yang segera hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu lakukan aksi demo terkait harga avtur

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:27 WIB

Serikat Pekerja Pertamina: Ada Enam Hal Dibalik Gejolak Harga Avtur

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang membawahi 19 Serikat Pekerja di lingkungan PT Pertamina (Persero) hari ini menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:24 WIB

Usung Konsep Eco Living, PGV Sediakan Kawasan Untuk Lahan Terbuka dan Nursery

Gaya hidup ramah lingkungan (eco living) bukan hanya menjadi tren baru di dunia. Akan tetapi, gaya hidup ini sudah menjadi kebutuhan, lantaran diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup. Bagi…

MenPAN RB Syarifuddin .memberikan keterangan Pers Usai memberikan SAKIP di Makasar Hari ini

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:11 WIB

Menpan RB, SAKIP Wilayah III Berhasil Hemat Rp 6,9 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs. Syafruddin M.S.i mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah…