Jamaah Tarawih Hari Pertama Masjid Istiqlal Penuh Sesak

Oleh : Herry Barus | Kamis, 17 Mei 2018 - 09:41 WIB

Masjid Istiqlal Jakarta (Foto Ist)
Masjid Istiqlal Jakarta (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Jamaah shalat Tarawih hari pertama bulan Ramadhan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (16/5/2018) membludak sehingga lantai dasar masjid penuh sesak, karena semangat umat menyambut bulan suci masih tinggi.

Berdasarkan pengamatan Antara, jamaah saat masuk ke Istiqlal dari Pintu Al Fattah mengalami penumpukan karena harus melewati alat pendeteksi metal.

Antrean di alat pendeteksi metal itu merupakan dampak dari bagian sistem pengamanan menilik Presiden Joko Widodo juga Shalat Tarawih di masjid terbesar ketiga di dunia tersebut.

Antrian jamaah cukup panjang termasuk di area wudhu. Kendati demikian, saat di lantai dasar yang menjadi area utama melangsungkan Tarawih tidak terjadi penumpukan jamaah.

Sebagian besar jamaah terkonsentrasi di lantai dasar tersebut sementara di lantai di atasnya cenderung lenggang dan diisi rekan media yang meliput kegiatan shalat tersebut, terutama dari jurnalis televisi dan foto.

Adapun penceramah pada Shalat Tarawih itu rencananya akan diisi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dengan tema "Marhaban ya Ramadhan, bulan penuh berkah".

Selanjutnya, bertindak sebagai qori adalah Mastia Lestaluhu selaku Juara 2 MTQ Internasional Malaysia 2016.

Bertugas sebagai imam Shalat Tarawih adalah Muhasyim Abd Majid dan Tuan Guru A Husni Ismail.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono cek pengerjaan Tol Bocimi

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:15 WIB

Pembangunan Infrastruktur Menumbuhkan Sentra Ekonomi Baru

Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan pemerintah di berbagai daerah dapat menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, kata Rektor Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Profesor…

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (Foto Ist)

Jumat, 17 Agustus 2018 - 17:00 WIB

Menteri Basuki Pastikan Tak Ada Proyek Baru Kecuali Bendungan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tidak ada proyek infrastruktur baru yang dikerjakan Pemerintah pada 2019 kecuali pembangunan bendungan.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:45 WIB

Menteri PUPR Basuki akan Prioritaskan Belanja Modal

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tambahan alokasi anggaran akan diprioritaskan untuk belanja modal yang dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat.…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:30 WIB

Rp6,5 Trliun Disiapkan PUPR untuk Prasarana Pendidikan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalokasikan anggaran tambahan sebesar Rp6,5 triliun untuk memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan serta pasar induk dalam Anggaran…

Ilustrasi KRL Commuter Line

Jumat, 17 Agustus 2018 - 16:15 WIB

KCI Luncurkan Kartu Commuter Edisi Asian Games 2018

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) meluncurkan kartu multi trip (KMT) edisi khusus Asian Games dengan mengambil inspirasi dari maskot Asian Games 2018.