Jamaah Tarawih Hari Pertama Masjid Istiqlal Penuh Sesak

Oleh : Herry Barus | Kamis, 17 Mei 2018 - 09:41 WIB

Masjid Istiqlal Jakarta (Foto Ist)
Masjid Istiqlal Jakarta (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Jamaah shalat Tarawih hari pertama bulan Ramadhan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (16/5/2018) membludak sehingga lantai dasar masjid penuh sesak, karena semangat umat menyambut bulan suci masih tinggi.

Berdasarkan pengamatan Antara, jamaah saat masuk ke Istiqlal dari Pintu Al Fattah mengalami penumpukan karena harus melewati alat pendeteksi metal.

Antrean di alat pendeteksi metal itu merupakan dampak dari bagian sistem pengamanan menilik Presiden Joko Widodo juga Shalat Tarawih di masjid terbesar ketiga di dunia tersebut.

Antrian jamaah cukup panjang termasuk di area wudhu. Kendati demikian, saat di lantai dasar yang menjadi area utama melangsungkan Tarawih tidak terjadi penumpukan jamaah.

Sebagian besar jamaah terkonsentrasi di lantai dasar tersebut sementara di lantai di atasnya cenderung lenggang dan diisi rekan media yang meliput kegiatan shalat tersebut, terutama dari jurnalis televisi dan foto.

Adapun penceramah pada Shalat Tarawih itu rencananya akan diisi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dengan tema "Marhaban ya Ramadhan, bulan penuh berkah".

Selanjutnya, bertindak sebagai qori adalah Mastia Lestaluhu selaku Juara 2 MTQ Internasional Malaysia 2016.

Bertugas sebagai imam Shalat Tarawih adalah Muhasyim Abd Majid dan Tuan Guru A Husni Ismail.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:53 WIB

Rupiah Senin Sore Menguat di Posisi Rp14.586

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Senin sore (19/11/2018) ini menguat sebesar sembilan poin menjadi Rp14.586 dibandingkan posisi sebelumnya Rp14.595…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 19 November 2018 - 17:48 WIB

Presiden Jokowi: Perlu Inovasi Pembiayaan Infrastruktur

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan saat ini pemerintahannya bicara mengenai infrastruktur, maka tidak mungkin menutupnya dari anggaran pemerintah saja, sehingga perlu inovasi pembiayaan.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:45 WIB

BRI Cabang Purwokerto Salurkan KUR Rp442,218 Miliar

Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sampai dengan Oktober 2018 telah menyalurkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Rp442,218 miliar.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Foto: Kemenperin)

Senin, 19 November 2018 - 17:40 WIB

Menperin Airlangga: Relaksasi DNI Pacu Investasi Sektor Industri

Pemerintah terus berupaya meningkatkan nilai investasi, baik dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA). Investasi, khususnya di sektor industri, menjadi salah…

Pelabuhan Peti Kemas (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 19 November 2018 - 17:38 WIB

Bank Mandiri Kucurkan Rp440 Miliar Kembangkan Layanan Pelabuhan

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menyepakati pinjaman korporasi sebesar Rp440 miliar untuk belanja modal PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) guna mengembangkan fasilitas dan layanan non-tunai di…