Berikan Arahan, Menperin Minta Calon CPNS di Lingkungan Kemenperin Harus Bisa Kuasai Teknologi

Oleh : Ridwan | Senin, 14 Mei 2018 - 15:15 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan arahan kepada Calon CPNS di Lingkungan Kementerian Perindustrian (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan arahan kepada Calon CPNS di Lingkungan Kementerian Perindustrian (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto pagi tadi memberikan arahannya kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Perindustrian. 

Dalam arahannya, Airlangga meminta agar para CPNS di Kementerian Perindustrian yang mana mayoritas adalah berusia muda untuk bisa menguasai teknologi sebaik mungkin.

Mengingat, saat ini pemerintah tengah melakukan reformasi industri menuju arah digital atau yang biasa disebut industri 4.0. Adapun untuk menuju industri 4.0 perlu penguasaan teknologi yang baik.

"Para ASN juga perlu dilatih untuk mengembangkan teknologi. Karena banyak sekali yang belum tergarap untuk menuju industri 4.0," ujarnya saat memberikan arahan di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (15/5/2018).

Bahkan lanjut Airlangga, para CPNS ini juga diharapkan bisa dilibatkan dalam membuat suatu regulasi digital. Karena selama ini regulasi dalam bidang digital di berbagai sektor masih sangat jarang sekali.

Padahal, regulasi mengenai teknologi digital sangat penting dan perlu untuk segera di revisi atau dibuat baru. Karena semakin hari, perkembangan teknologi digital semakin berkembang pesat, sehingga apabila dibiarkan Indonesia akan semakin tertinggal untuk mengembangkan industri berbasis teknologi.

Sebagai salah contohnya adalah bagaimana para ASN bisa menciptakan regulasi yang mengatur crypto currency. Karena hal ini penting untuk bisa mencegah hal hal yang tidak diinginkan dana yang terinvestasi pada crypto currency.

"Sebagai contohnya adalah block chance atau crypto currency. Bahkan OJK dan BI pun belum bisa membuat aturan mengenai crypto currency. Nah ini lah yang menjadi tantangan pemerintah bagaimana bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan misalnya dana itu terinvestasi di crypto currency," jelasnya.

Contoh lainnya adalah bagiamana mengatur industri e-commerce yang semakin hari semakin berkembang pesat, sehingga diharapkan industri e-commerce bisa berkembang lebih jauh lagi karena pelayanannya yang semakin baik karena adanya aturan tersebut.

"Kalau e commerece ini saya fikir harus pengirimannya. Oleh karenanya produk yang dikirim harus dipastikan sampai dan sesuai," ucapnya.

Airlangga juga menyebut perlu sebuah pelatihan organisasi untuk memperkuat kualitas dan integritas dari para ASN di Kemenperin, sehingga, para ASN nanti bisa lebih dekat dengan pelaku Industri tetapi tetap berada di dalam koridor. 

"(Perlu juga) memperkuat pelatihan. Dalam organisasi dekat dengan industri," ucapnya.

Dalam mengembangkan industri 4.0 sendiri, pemerintah menargetkan untuk bisa meningkatkan pendapatan kapitanya hingga menjadi yang terbesar nomor 4 dunia, sehingga Indonesia bisa keluar dari bayang-bayang pendapatan per kapita yang kecil yang membuat Indonesia kesulitan untuk maju.

"Apa yang akan dicapai? Kita targetkan Indonesia bisa keluar dari keterjebakan selama ini dan menjadi negara dengan perekonomian nomor 4 dunia. Sanggup enggak? Mampu enggak ?" tegasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Panasonic memperagakan cara penggunaan Lampu Solar Panel yang menggunakan tenaga cahaya Matahari di Cianjur

Jumat, 26 April 2024 - 12:39 WIB

Panasonic Serahkan Lampu Surya Panel ke Terdampak Gempa Cianjur

PT Panasonic Gobel Indonesia memberikan bantuan Lampu Surya Panel atau lampu berbahan bakar sinar matahari ke masyarakat terdampak gempa di Desa Sarampad, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Kemenperin: Indonesia Raih 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…