BEI Raih Sertifikat Sistem Manajemen Kelangsungan Bisnis

Oleh : Herry Barus | Jumat, 20 April 2018 - 12:09 WIB

Dirut BEI Tito Sulistio (Foto Dok Industry.co.id)
Dirut BEI Tito Sulistio (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Perseroan Terbatas Bursa Efek Indonesia meraih sertifikat Sistem Manajemen Kelangsungan Bisnis (Business Continuity Management System/BCMS) ISO 22301:2012 dari British Standards Institution (BSI).

"BEI menjadi bursa efek pertama di Asia Pasifik dan kedua di dunia yang berhasil mendapatkan sertifikat itu, ini merupakan sebuah pengakuan bahwa BEI memiliki sistem yang efektif," ujar Direktur Utama BEI Tito Sulistio di Jakarta, Kamis (19/4/2018)

Ia mengemukakan sertifikat itu diperoleh setelah BEI dinyatakan memenuhi persyaratan ISO 22301:2012 pada proses audit yang dilakukan oleh BSI pada Maret 2018.

Divisi di BEI yang mencakup dalam sertifikasi itu yakni Divisi Pengaturan dan Pemantauan Anggota Bursa, Operasional Perdagangan, Pendukung Perdagangan, Pengawasan Transaksi, Operasional Teknologi Informasi, Sekretaris Perusahaan, Komunikasi Perusahaan, Divisi Umum dan Manajemen Risiko.

"Dengan penerapan dan audit sertifikasi ISO itu diharapkan dapat meningkatkan ketahanan dan kemampuan BEI dalam rangka memastikan berjalannya operasional sistem perdagangan dan dapat melanjutkan kembali bisnisnya dengan cepat apabila terjadi gangguan pada sistem bisnisnya," katanya.

Selain itu, lanjut dia, BEI juga mengumumkan kembali mendapatkan Sertifikat Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) ISO 27001:2013 untuk periode 2018 hingga 2021 dengan lingkup seluruh divisi di perusahaan setelah dinyatakan memenuhi persyaratan pada proses audit yang juga dilakukan oleh BSI pada Maret 2018.

"Manfaat dari penerapan SMKI ISO bagi BEI yaitu memberikan keyakinan kepada para pelaku industri dan pemangku kepentingan dan memastikan bahwa BEI telah mengelola kemanan data dan informasi perusahaan dengan baik sesuai standar internasional," kata Tito Sulistio.

Executive Vice President Head of Information Technology Operation BEI, Abdul Munim menambahkan penerapan dan sertifikasi standar-standar internasional yang telah dilakukan oleh BEI diharapkan dapat menjadi contoh bagi para pelaku industri pasar modal dalam menjalankan proses bisnisnya, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat.

"Kedua sertifikasi ISO itu menunjukan tingkat keamanan BEI yang baik dalam menjalankan program dan bisnis pasar modal sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Senin, 25 Maret 2019 - 20:24 WIB

The Next IndiHome Luncurkan Digital Movement

Jakarta - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia. The Next IndiHome membawa…

Dok Foto (Samsung)

Senin, 25 Maret 2019 - 20:15 WIB

Samsung Menghadirkan Produk Terbaru yang Meningkatkan Pengalaman Hidup Terkoneksi

Samsung Electronics Co., Ltd hari ini memperlihatkan inovasi terbarunya serta menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas di Samsung Forum…

Rapat Komite Kebijakan Menetapkan Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihadiri oleh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 19:01 WIB

Bunga Dipangkas, Kucuran KUR capai 17% hingga akhir Februari

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga Februari 2019, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai 17% dari target tahun ini.

Dok Vivo mobile Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 18:00 WIB

Vivo Umumkan Kolaborasi dengan Tencent Games dan PUBG Corporation untuk PUBG MOBILE Club Open 2019

Vivo mengumumkan kemitraan dengan mobile game – Player Unknown's Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corporation, sebagai sponsor utama dari PUBG…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau proses pengemasan nanas dalam kaleng di pabrik PT Great Giant Pinapple,Lampung (Foto: Kemenperin)

Senin, 25 Maret 2019 - 17:15 WIB

Menperin Siapkan Tiga Strategi Jitu Dongkrak Industri Mamin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meyiapkan tiga strategi jitu guna memacu pertumbuhan industri makanan dan minuman berbasis industri 4.0.