Triwulan-I 2018, Intiland Development Raih Marketing Sales Rp966 Miliar

Oleh : Abraham Sihombing | Senin, 16 April 2018 - 09:17 WIB

PT Intiland Development Tbk (DILD)
PT Intiland Development Tbk (DILD)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – PT Intiland Development Tbk (DILD), perusahaan pengembang properti di Jakarta dan Surabaya, membukukan pra-penjualan (marketing sales) sebesar Rp966 miliar pada triwulan pertama 2018, melonjak tiga kali lipat dibandingkan periode yang sama pada 2017 sebesar Rp236 miliar.

“Total nilai marketing sales itu mencapai 29,3% dari target tahun ini sebesar Rp3,3 triliun. Lonjakan itu terjadi berkat dibukukannya penjualan unit-unit kondominium Fifty Seven Promenade pada triwulan pertama tahun ini,” ujar Archied Noto Pradono, Direktur Pengelolaan Modal dan Investasi DILD, di Jakarta, Senin (16/04/2018).

Archied mengemukakan, proyek pengembangan kawasan terpadu ini berkontribusi sebesar Rp753 miliar bagi marketing sales perseroan pada triwulan pertama 2018. Itu sekitar 78% dari total perolehan marketing sales pada triwulan pertama 2018.

“Minat konsumen untuk membeli unit-unit kondominium Fifty Seven Promenade tetap tinggi. Total penjualan yang kami bukukan dari proyek ini mencapai Rp2,3 triliun,” tutur Archied.

Jika ditinjau dari segmen pengembangannya, maka produk-produk properti mixed-use and high rise mencatat marketing sales sebesar Rp823 miliar atau 85% dari total nilai marketing sales DILD pada triwulan pertama 2018 ini. Itu menunjukkan lonjakan 597% dibanding triwulan pertama 2017 sebesar Rp118 miliar.

Di samping penjualan unit kondominium Fifty Seven Promenade, proyek yang juga memberikan kontribusi cukup besar berasal dari penjualan unit-unit apartemen 1Park Avenue di Jakarta Selatan.

Archied mengungkapkan, penjualan segmen perumahan membukukan marketing sales Rp98 miliar atau setara 10% dari keseluruhan. Nilai tersebut naik 44% jika dibandingkan pada triwulan pertama 2017 sebesar Rp68 miliar.

Segmen pengembangan kawasan industri memberikan kontribusi cukup stabil bagi kinerja marketing sales perseroan. Pada triwulan pertama 2018, penjualan lahan di Ngoro Industrial Park, Mojokerto, Jawa Timur mencatat marketing sales Rp45 miliar, lebih rendah 10% dibanding periode yang sama pada 2017 sebesar Rp50 miliar. Penjualan tersebut memberikan kontribusi 5%.

“Daya beli dan minat beli konsumen masih ada. Namun secara umum, pasar masih cenderung wait and see, menunggu momentum untuk kembali membaik. Kami perlu menyiapkan langkah-langkah strategi untuk mengantisipasi perubahan kondisi pasar dan minat konsumen,” papar Archied lebih lanjut.

Ditinjau dari lokasi pengembangannya, proyek-proyek yang berada di wilayah Jakarta dan sekitarnya memberikan kontribusi marketing sales Rp842 miliar, atau 87%. Adapun pengembangan proyek-proyek di Surabaya dan sekitarnya memberikan kontribusi marketing sales 13%, atau senilai Rp124 miliar. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Sabtu, 27 April 2024 - 03:00 WIB

Terima Pengurus Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia, Ketua MPR RI Dorong Peningkatan Industri Penjualan Langsung

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo menerima aspirasi dari Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), terkait keberadaan UU No.7 Tahun 2014 tentang Perdagangan,…

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…