Pembangunan Kawasan Industri Harus Terintegrasi Pelabuhan

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 22 Januari 2017 - 13:00 WIB

Pelabuhan Merak. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Pelabuhan Merak. (Dimas Ardian/Bloomberg)

INDUSTRY.co.id - Aggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo Soekartono mengatakan program pembangunan tol laut yang menjadi salah satu program nawa cita Presiden Joko Widodo harus terintegrasi antara kawasan industri dengan ke pelabuhan.

“Konsep tol laut sudah disampaikan oleh Pendulum Nusantara yang mana juga harus dibangun terintegrasi antara kawasan industri di enam koridor ekonomi dengan ke pelabuhan,” katanya di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (21/1).

Berbicara dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PT Dharma Lautan Utama 2017, Bambang menyatakan dengan pola terintegrasi maka perekonomian di kawasan industri, terutama yang berada di wilayah timur Indonesia, akan mengalami pertumbuhan.

Dengan begitu, efeknya juga pada angkutan balik dari pada logistik menuju Pulau Jawa melalui laut akan seimbang dan tidak lagi minim seperti sekarang ini.

“Pemerintah juga tidak bisa mensubsidi transportasi laut terus tanpa menumbuhkan ekonomi di wilayah timur Indonesia,” ucap Bambang.

Ia juga menilai kontribusi dari program tol laut yang sudah berjalan beberapa tahun menggunakan dana APBN masih minim. Hal itu terlihat dari harga-harga komoditas yang dipasok oleh kapal-kapal ke daerah-daerah yang masuk program tol laut, masih relatif lebih mahal dibanding daerah yang tidak masuk tol laut.

“Sebagai contoh Manokwari dengan Jayapura. Harga barang di Manokwari yang tidak dilalui tol laut jauh lebih murah dibanding Jayapura yang menjadi jalur tol laut,” katanya.

Tol laut, kata dia, sebenarnya sudah dilakukan 14 ribu kapal yang ada di nusantara di bawah Organisasi Pengusaha Perusahaan Pelayaran (INSA). Selain itu, ada juga kapal penyeberangan di Indonesia yang berjumlah sebanyak 300 unit serta kapal pelayaran rakyat sekitar 9.000 unit yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Sebenarnya distribusi logistik untuk menurukan disparitas harga sudah lama dilakukan oleh masyarakat pelayaran. Dan terlihat hasil disparitas harga komoditas di wilayah pesisir sampai pelosok Indonesia tidak terlalu besar,” demikian Bambang.

(Ant)

  

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…

[Kiri ke kanan] Royke Tobing - Direktur Cyber Intelligence PT Spentera, Haliwela - Direktur R & D PT Spentera, Marie Muhammad - Direktur Operasional Eksternal PT Spentera, Thomas Gregory - Direktur Operasi Internal PT Spentera

Jumat, 26 April 2024 - 09:50 WIB

Spentera Bantu Penguatan Keamanan Siber Pada Infrastruktur Informasi Vital Indonesia dalam Menghadapi Ancaman Siber

Kejahatan siber merupakan masalah serius yang dapat menyerang baik individu maupun institusi. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menyebutkan bahwa terjadi peningkatan…